Pages

Jumat, 30 Maret 2007

Tugas Pengantar Manajemen Richard L. Daft Bab 8 : Kasus Analisis Kritis “ Starbucks Coffee ”

Bab 8 - Halaman 391-393

Keunggulan Starbucks antara lain :
Ø  Layanan harus mencakup kecepatan
Ø  Ambisi yang kuat untuk ekspansi besar-besaran di kampung halamannya sendiri dan di luar negri.
Ø  Fleksibilitas dan kekuatan manajemen untuk terus tumbuh
Ø  Manajer yang berpengalaman dari perusahaan-perusahaan besar
Ø  Menekankan pentingnya mendengarkan konsumen dan memberikan apa yang mereka inginkan
Ø  Menyesuaikan diri untuk memenuhi kebutuhan pasar lokal.
Ø  Merekrut spesialis teknologi informasi ternama untuk mendesain sistem poin pnjualan agar manajer dapat mencatat penjualan.
Ø  Eksekutif selalu memperhatikan tren pembelian

1.      Maka dari itu dapat dilihat, stategi yang diterapkan oleh starbucks untuk para konsumen antara lain :
ð  Pembeli selalu dikondisikan untuk mendapatkan apa yang mereka mau dengan menekankan pentingnya mendengarkan konsumen.
ð  Pembeli selalu dimanja dengan layanan kecepatan dalam penyajian, mengingat tidak semua pembeli memiliki waktu santai.
ð  Selalu menyesuaiakan diri dengan pasar lokal supaya dapat cukup bersaing dengan para pesaing yang sebelumnya telh menguasai pasar tersebut.
ð  Menggunakan teknologi sistem informasi supaya dapat melihat dan memprediksi tren pembelian.

2.      Yang dilakukan oleh Schultz antara lain :
ð  Kepemimpinan dan struktur :
Starbucks menggunakan manajer yang sudah memiliki pengalaman bertahun-tahun di berbagai perusahaan besar.
Para eksekutifnya diberi kebebasan untuk merekrut orang baru dengan kriteria yang lebih pintar darinya dan apabila rekrutan tersebut memiliki ide yang lebih cemerlang, starbucks tidak akan mengahalangi langkahnya.
ð  Sistem Informasi dan kontrol :
Dengan merekrut spesailis teknologi informasi ternama, starbuck dapat mendesain sistem poin secara penjualan, sehingga dapat mencatat penjualan. Lalu informasi itu dikirimkan ke kantor pusat.
ð  SDM :
Merekrut karyawan dari berbagai macam lapisan masyarakat sehingga ada variasi dalam karyawan
Para karyawan diberi pelatihan selama 24 jam untuk membuat kopi dan pengetahuan kunci dari citra perusahaan dan layanan kualitas modern.


3.      Selama ini, Starbucks selalu tampil dengan ciri khas dan penuh gaya. Namun, tidak selamanya sistem itu harus digunakan. Ada saat-saat dimana memang kita harus melepaskan image maupun mengurangi ciri khas kita dan menyesuaikan strategi dengan kondisi yang ada di area yang akan kita ekspansi. Dengan menyesuaikan selera dan kebutuhan lokal tanpa menghilangkan ciri khas kita sama sekali, maka produk kita akan lebih diminati dan mendatangkan profit yang lebih besar.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blog Archive

Blogroll

Ini adalah aneka tugas kuliah yang saya kerjakan dan saya dapatkan saat kuliah Manajemen tahun 2006 hingga lulus. Hampir sepuluh tahun yang lalu. Koreksilah dahulu, cocokkan dulu dengan bahasannya dan jangan asal kopi-paste, karena bisa saja edisi bukunya berbeda sehingga soal-soalnya berbeda dan akhirnya jawabannya juga berbeda. Adanya gini, jangan minta lebih. Kalau mau perfect ya kerjakan sendiri. Tugas-tugas saya ini hanya sebagai penunjang yang fungsinya supporting, bukan sebagai tulang punggungnya. Gunakan dengan bijak, semoga bermanfaat.

About