Pages

Senin, 05 Maret 2007

Tugas Pengantar Manajemen : Wawancara Dengan Manajer Hotel

Hasil wawancara dengan Manajer Hotel

P :  Apa saja tugas anda sebagai manajer di dalam perusahaan ?

J :   a.Memanage serta mengevaluasi kinerja para karyawan
       b.Membuat suatu keputusan / penyelesaian dari sebuah masalah yang muncul
       c.Mengendalikan informasi dari luar organisasi dan menjadikan informasi tersebut menjadi peluang
       d.Mencari ide-ide kreatif untuk memajukan perusahaan

P :  Bagaimana sikap anda sebagai seorang pemimpin, sehingga para karyawan mampu menghormati anda ?

J :   a.Berwibawa / Berkharisma
       b.Pintar dan lebih pintar dari karyawan
       c.Berpandangan luas
       d.Mengetahui kondisi organisasi yang saya pimpin
       e.Mengetahui keluhan-keluhan para karyawan serta mau membantu

P :  Selama anda menjadi manajer, Apakah anda pernah mengalami kesulitan dalam menjalankan tugas anda ?

J :   Iya saya pernah mengalaminya yaitu :
       a.Pada saat saya ingin mencari penyelesaian dari sebuah masalah yang sedang kami hadapi, kadang-kadang mereka tidak setuju dengan pendapat saya, sehingga saya harus melakukan voting atau mencari alternatif lain yang dapat dipakai untuk mengatasi permasalahan tersebut
       b.Pada saat saya mengevaluasi kinerja para karyawan, sebagian dari mereka ada yang bisa menerima saran serta kritik dari saya, dan sebagian lagi ada yang bertentangan dengan saran saya
P :  Bagaimana cara anda untuk menyelesaikan masalah / konflik yang muncul dalam perusahaan anda ?

J :   Menurut saya konflik selalu terjadi dalam sebuah organisasi untuk itu saya selalu mengadakan meeting dengan para karyawan untuk mencari solusi yang terbaik dari semua permasalahan yang terjadi

P :  Mengapa konflik tersebut dapat muncul / terjadi ?

J :   Konflik-konflik tersebut dapat terjadi karena beberapa sebab, antara lain :
       a.Perbedaan pendapat
       b.Ada pihak yang terlalu sensitif
       c.Ada pihak yang berpraduga / iri

P :  Apakah di sekitar lingkungan anda, banyak faktor yang mempengaruhi kinerja perusahaan anda ?

J :   Sebenarnya hampir tidak ada faktor yang begitu berpengaruh, kebanyakan faktor-faktor itu berasal dari dalam perusahaan saya sendiri, seperti keluhan pelanggan, kinerja karyawan yang kurang baik, sedangkan faktor-faktor dari luar adalah pada saat hari-hari lebaran dan puasa, selain hari-hari itu pelanggan yang kami layani masih sesuai standard / normal-normal saja

P :  Seberapa seringkah anda mengevaluasi kinerja para karyawan?

J :   Sekitar 2-3 hari sekali

P :  Dalam sehari, kurang lebih berapa jam anda bekerja ?

J :   Sehari kurang lebih 7 jam

P :  Selama anda menjadi manajer, Apakah anda memiliki banyak waktu luang bersama keluarga atau untuk diri anda pribadi ?

J :   Sebetulnya bukan banyak melainkan sedikit, tapi saya harus pintar-pintar mengatur waktu saya, agar sesibuk apapun saya bekerja, saya masih memiliki waktu untuk keluarga saya

P :  Rencana apa saja yang menurut anda belum terealisasikan sampai saat ini ?

J :   a.Menambah sarana / fasilitas yang mampu menarik minat para pelanggan / konsumen
       b.Memperbaiki kinerja / pelayanan karyawan terhadap konsumen

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blog Archive

Blogroll

Ini adalah aneka tugas kuliah yang saya kerjakan dan saya dapatkan saat kuliah Manajemen tahun 2006 hingga lulus. Hampir sepuluh tahun yang lalu. Koreksilah dahulu, cocokkan dulu dengan bahasannya dan jangan asal kopi-paste, karena bisa saja edisi bukunya berbeda sehingga soal-soalnya berbeda dan akhirnya jawabannya juga berbeda. Adanya gini, jangan minta lebih. Kalau mau perfect ya kerjakan sendiri. Tugas-tugas saya ini hanya sebagai penunjang yang fungsinya supporting, bukan sebagai tulang punggungnya. Gunakan dengan bijak, semoga bermanfaat.

About