Pages

Jumat, 23 Februari 2007

Tugas Pengantar Manajemen : Wawancara Dengan Manajer PT Petrokimia Gresik

Nama           :         Ir. Agus Cholik, M.M.
Jabatan       :         Kepala Biro Organisasi dan Prosedur
                             PT. Petrokimia Gresik

1.     Tanya   :         Sudah berapa lama Bapak menjabat sebagai manajer ?
                 Jawab  :         Lebih kurang 3 tahun
2.    Tanya   :         Bagaimana kesan-kesan Bapak terhadap pekerjaan manajer ?
                 Jawab  :         Menjadi manajer merupakan suatu tanggung jawab yang besar
3.    Tanya   :         Menurut pendapat Bapak, apakah yang dimaksud dengan manajer ?
                 Jawab  :         Manajer adalah seseorang yang diberi tugas untuk memenej sumberdaya yang dimilikinya, baik berupa SDM maupun sumberdaya lain, untuk mencapai suatu tujuan.
4.    Tanya   :         Keahlian apa saja yang harus dimiliki seorang manajer ?
                 Jawab  :         Kemampuan untuk mengatur/memenej karyawan,  kemampuan untuk menyelesaikan tugas-tugas yang menjadi tanggung jawabnya, kemampuan dalam mengambil suatu keputusan, serta kemampuan untuk berkomunikasi.
5.    Tanya   :         Kewajiban dan tugas apa saja yang Bapak miliki sebagai seorang manajer ?
                 Jawab  :         Menyelesaikan semua tugas yang diberikan oleh direksi, dalam hal ini adalah tugas-tugas biro organisasi dan prosedur, yang salah satu tugasnya adalah membuat suatu prosedur dan organisasi bagi seluruh bagian di PT. Petrokimia Gresik. Disamping itu juga harus dapat mengatur para karyawan, serta mengawasi pekerjaan yang dilakukan oleh mereka.
6.    Tanya   :         Bagaimana cara Bapak untuk memotivasi kerja para karyawan ?
       Jawab  :         Mendorong dengan memberikan pelatihan-pelatihan, memberi penghargaan/reward, serta memberikan punishment.
7.    Tanya   :         Ada berapa tipe atau jenis manajer di PT. Petrokimia Gresik ?
       Jawab  :         Ada tiga tingkatan manajer, yang paling atas adalah direksi, yang terdiri dari beberapa dewan direksi yang dikepalai oleh direksi utama. Dibawahnya adalah kepala biro, kepala departemen, dan ada juga kepala kompartemen. Dan yang paling bawah adalah kepala bagian dan kepala seksi.

A.   DEFINISI
                   Manajer merupakan suatu jabatan yang sangat penting dalam suatu perusahaan, baik dalam perusahaan besar, menengah, dan juga kecil. Karena tanpa manajer, maka perusahaan itu tidak akan berjalan dengan sistematis sesuai dengan prosedur, bahkan juga dapat menjadi tidak efisien serta tidak efektif yang pastinya dapat merugikan perusahaan.
                   Kali ini kami mewawancarai salah satu manajer PT. Petrokimia Gresik, Bapak Ir. Agus Cholik, M.M. Beliau menjabat sebagi manajer biro organisasi dan prosedur (BPO). Menurut beliau yang dimaksud dengan manajer adalah, seseorang yang diberi tugas untuk memenej sumberdaya yang dimilikinya, baik berupa SDM maupun sumberdaya lain, untuk mencapai suatu tujuan.
                   Manajemen adalah pendayagunaan SDM dengan cara yang paling baik agar dapat mencapai rencana, sasaran dan tujuan perusahaan

B.   KETRAMPILAN-KETRAMPILAN MANAJER
                   Begitu pentingnya peran manajer dalam suatu perusahaan. Maka dari itu untuk dapat menjalankan tugas dan kewajiban dengan baik, seorang manajer harus mempunyai ketrampilan-ketrampilan khusus. Dalam wawancara, Bapak Ir. Agus Cholik, M.M. menyatakan bahwa seorang manajer harus memiliki kemampuan untuk mengatur/memenej karyawan,  kemampuan untuk menyelesaikan tugas-tugas yang menjadi tanggung jawabnya, kemampuan dalam mengambil suatu keputusan, serta kemampuan untuk berkomunikasi.
                   Yang pertama, kemampuan untuk mengatur/memenej karyawan. Hal ini wajib dimiliki oleh seorang manajer karena sangat erat kaitanya dengan fungsi dan tugas manajer itu sendiri. Kemempuan ini tergolong sebagai ketrampilan interpersonal. Apabila seorang manajer tidak dapat mengatur para karyawanya, maka pekerjaan para karyawan akan menjadi berantakan.
                   Yang kedua, kemampuan untuk menyelesaikan tugas-tugas yang menjadi tanggung jawabnya. Kemampuan ini dapat disebut juga dengan ketrampilan teknis. Keahlian ini perlu dimiliki untuk dapat memahami tipe-tipe tugas yang dikelola.
                   Yang ketiga, kemampuan dalam mengambil keputusan. Keahlian ini dibutuhkan agar dapat menentukan cara mengalokasikan sumberdaya yang dimiliki perusahaan berdasar pada informasi yang ada. Kemampuan ini dapat dikatagorikan sebagai ketrampilan konseptual.
                   Yang keempat, kemampuan untuk berkomunikasi. Kemampuan berkomunikasi ini adalah contoh dari pada ketrampilan interpersonal. Seorang manajer harus dapat mengkomunikasikan tugas-tugas dengan jelas kepada para karyawan serta berkomunikasi pada karyawan yang telah melakukan kesalahan dalam pekerjaanya. Disamping itu juga, kemampuan berkomunikasi juga berguna untuk mendengarkan keluhan-keluhan para karyawan dan mencoba mengatasi permasalahan yang mereka hadapi.
                
C.   TIPE-TIPE MANAJER
                   Dalam PT. Petrokimia Gresik, ada tiga tingkatan manajer, Yang paling atas adalah direksi, yang terdiri dari beberapa dewan direksi yang dikepalai oleh direksi utama. Dibawahnya adalah kepala biro, kepala departemen, dan ada juga kepala kompartemen. Dan yang paling bawah adalah kepala bagian dan kepala seksi.
                   Dewan direksi adalah manajer puncak karena berada di puncak hirarki organisasi dan bertanggung jawab atas organisasi secara menyeluruh.
                   Dibawah dewan direksi terdapat kepala biro, kepala departemen, serta kepala kompartemen yang tergolong  sebagai manajer madya, yaitu manajer yang bekerja pada level menengah  dari organisasi dan bertanggung jawab atas departemen-departemen penting.
                   Yang paling bawah adalah manajer lini depan seperti kepala bagian dan kepala seksi. Manajer lini depan mempunyai posisi pada level manajemen pertama atau kedua dan bertanggung jawab secara langsung atas produksi barang dan jasa.

D.   FUNGSI MANAJEMEN
                             Dlam wawancara, bapak Ir. Agus Cholik, M.M. menyatakan bahwa manajer mempunyai tugas untuk membuat suatu prosedur dan organisasi bagi seluruh bagian di PT. Petrokimia Gresik. Disamping itu juga harus dapat mengatur para karyawan, serta mengawasi pekerjaan yang dilakukan oleh mereka.
                             Jadi dapat ditarik kesimpulan, bahwa ada empat fungsi manajer. Yang pertama adalah Perencanaan. Perencanaan adalah menentukan tujuan dan cara untuk mencapai tujuan tersebut.
                             Yang kedua adalah pengorganisasian. Yang dimaksud dengan pengorganisasian adalah memberikan tanggung jawab untuk penyelesaian.
                             Yang ketiga adalah kepemimpinan. Definisi dari kepemimpinan adalah menggunakan pengaruh untuk memotivasi karyawan. Hal ini dapat dilakukan dengan cara memberikan pelatihan-pelatihan, memberikan penghargaan/reward, serta memberikan punishment.
                             Yang terakhir adalah pengendalian. Fungsi pengendalaian ini berkaitan dengan pengawasan, monitoring terhadap aktivitas yang dilakukan oleh para karyawan, kemudian selanjutnya melakukan koreksi.

E.   MEMOTIVASI KARYAWAN
                   Memotivasi karyawan adalah hal yang essential yang harus dilakukan oleh seorang manajer karena hal ini dapat meningkatkan kinerja para karyawan sehingga perusahaan akan semakin maju dan berkembang.
                   Ada beragam cara yang dapat dilakukan untuk memotivasi para karyawan. Beberapa cara yang digunakan oleh Ir. Agus Cholik, M.M. adalah dengan mendorong para karyawan dengan memberikan pelatihan-pelatihan. Disamping itu juga memberikan penghargaan/reward kepada karyawan yang berprestasi. Dan juga sebaliknya, beliau tak segan-segan memberikan suatu punishment/hukuman kepada karyawan yang melakukan kesalahan.

F.   BAGAIMANA RASANYA MENJADI SEORANG MANAJER ?
                   Beliau mengatakan bahwa menjadi seorang manajer merupakan suatu tanggung jawab yang besar. Oleh karena itu, menjadi seorang manager yang sukses membutuhkan campuran antara pembelajaran formal dan latihan, seni dan juga ilmu.

G.   PARADIGMA MANAJEMEN YANG BERUBAH
Pengertian Paradigma
                   Sebuah pemahaman umum yang menyangkut    cara-cara berfikir, cara memandang dan memahami dunia.

Hal-hal yang mempengaruhi berkembangnya suatu organisasi
           - Globalisasi                     
           - Teknologi
           - Keragaman (diversity)  
           - Hubungan kerja


0 komentar:

Posting Komentar

 

Blog Archive

Blogroll

Ini adalah aneka tugas kuliah yang saya kerjakan dan saya dapatkan saat kuliah Manajemen tahun 2006 hingga lulus. Hampir sepuluh tahun yang lalu. Koreksilah dahulu, cocokkan dulu dengan bahasannya dan jangan asal kopi-paste, karena bisa saja edisi bukunya berbeda sehingga soal-soalnya berbeda dan akhirnya jawabannya juga berbeda. Adanya gini, jangan minta lebih. Kalau mau perfect ya kerjakan sendiri. Tugas-tugas saya ini hanya sebagai penunjang yang fungsinya supporting, bukan sebagai tulang punggungnya. Gunakan dengan bijak, semoga bermanfaat.

About