Pages

Kamis, 01 Februari 2007

Resume Pengantar Manajemen Richard L. Daft : ETIKA BISNIS dan TANGGUNGJAWAB SOSIAL


Etika bisnis adalah rangkaian dasar yang harus diikuti apabila menjalankan bisnis. Dimana pelaku bisnis harus ber-tanggung jawab sosial, yang merupakan suatu pengakuan bahwa keputusan bisnis dapat mempengaruhi masyarakat.

AKIBAT KEPUTUSAN-KEPUTUSAN YANG TIDAK ETIS
Karyawan terus-menerus membuat keputusan bisnis yang mungkin dipengaruhi oleh etika bisnis. Di bawah ini contoh keputusan bisnis yang tidak etis :
  1. Seorang karyawan dari dealer mobil ingin menjual sebuah mobil dengan harga stiker (sesuai daftar harga) kepada semua pelanggan yang tidak sadar bahwa biasanya harga penjualan adalah paling tidak $2.000 di bawah harga stiker. Karyawan dibayar atas dasar komisi clan akan menerima penghasilan lebih jika pelanggan membayar harga lebih tinggi. Kesimpulan: Keuntungan untuk karyawan penjualan, sebaliknya yang menderita pelanggan.
  2. Seorang karyawan perusahaan komputer yang dibayar berdasarkan komisi cenderung menjual komputer jauh lebih mahal kepada pelanggan daripada yang diperlukan. Akibatnya: Keuntungan untuk karyawan, akibat sebaliknya untuk pelanggan.
  3. Seorang manajer mempekerjakan seorang ternan, walaupun ternan tersebut bukan pelamar yang baik. Akibatnya: Keuntungan bagi manajer, akibat sebaliknya untuk pelamar lain yang sebenarnya lebih pantas mendapatkan pekerjaan tersebut.

TANGGUNG JAWAB KEPADA PELANGGAN
Perusahaan mempunyai tanggung jawab ketika memproduksi dan menjual produknya, yang akan didiskusikan kemudian.
Tanggung Jawab Produksi
Produk harus diproduksi dengan keyakinan menjaga keselamatan pelanggan. Label peringatan yang seharusnya ditempelkan pada produk untuk melindungi terhadap adanya kecelakaan yang dapat timbul karena salah dalam penggunaan.
Tanggung Jawab Penjualan
Perusahaan perlu petunjuk yang membuat karyawan tidak berani menggunakan strategi penjualan yang terlalu agresif atau advertensi yang menyesatkan. Mereka juga memakai survei kepuasan pelanggan untuk meyakinkan bahwa pelanggan diperlakukan dengan semestinya oleh karyawan bagian penjualan.
Cara Perusahaan Menjamin Tanggung Jawab Sosial kepada Pelanggan
Perusahaan dapat menjamin tanggung jawab sosial kepada pelanggannya dengan beberapa tahapan berikut ini :
  1. Ciptakan kode etik
  2. Pantaulah semua keluhan
  3. Umpan balik pelanggan
Cara Pemerintah Menjamin Tanggung Jawab terhadap Pelanggan
Peraturan Pemerintah tentang Keamanan Produk. Pemerintah melindungi konsumen dengan memberikan peraturan atas beberapa produk perusahaan. Misalnya, The Food & Drug Adm. (FDA) bertanggung jawab untuk mengetes produk makanan untuk menentukan apakah mereka memenuhi syarat tertentu. FDA juga menguji obat-obatan baru yang dikembangkan perusahaan. Karena potensi efek samping tidak bisa segera diketahui, FDA menguji beberapa obat secara kontinu dalam beberapa tahun.
Peraturan Pemerintah Mengenai Periklanan. Pemerintah federal juga telah menciptakan hukum yang melarang iklan yang menyesatkan. Namun masih juga belum bisa melindungi semua praktik bisnis yang tidak etis.
Peraturan Pemerintah Mengenai Kompetisi Industri. Merupakan cara lain di mana pemerintah menjamin bahwa konsumen diperlakukan sebagaima mestinya yaitu dengan mempromosikan persaingan dalam hampir seluruh industri. Persaingan antar-perusahaan menguntungkan pelanggan, karena perusahaan memberikan harga terlalu berlebihan atau memproduksi barang yang kualitasnya tidak dapat diterima tidak akan bertahan dalam lingkungan persaingan. Sedangkan perusahaan yang merupakan penyedia tunggal dari barang atau jasa disebut monopoli.

TANGGUNG JAWAB KEPADA KARYAWAN
Perusahaan juga mempunyai tanggung jawab kepada karyawannya untuk meyakinkan rasa aman, perlakuan yang wajar dari karyawan lain dan kesempatan yang sarna.
Rasa Aman Para Karyawan
Perusahaan harus dapat meyakinkan bahwa tempat kerja adalah aman untuk para karyawan dengan cara selalu memonitor secara saksama proses produksi. Beberapa cara penghindaran akan bahaya adalah dengan mengecek mesin dan peralatan supaya selalu dalam kondisi kerja yang layak, perlu kaca pengaman atau peralatan lain yang dapat melindungi dari kecelakaan. Dan menekankan pada setiap peringatan keselamatan dalam seminar pelatihan.
Perlakuan layak oleh Karyawan lain
Perusahaan bertanggung jawab untuk meyakinkan bahwa para karyawan diperlakukan layak oleh karyawan lain. Dua kunci isu mengenai perlakuan terhadap karyawan adalah beraneka ragam etnis / budaya / kulit (diversitas) dan perlindungan terhadap pelecehan seksual.

TANGGUNG JAWAB KEPADA PEMEGANG SAHAM
Perusahaan bertanggung jawab untuk memuaskan pemilik mereka (pemegang saham). Karyawan mungkin tergoda untuk membuat keputusan yang memuaskan kepentingannya  saja daripada kepentingan pemiliknya.
Cara Perusahaan Meyakinkan Tanggung Jawab
Manajer perusahaan memonitor keputusan perusahaan untuk meyakinkan bahwa mereka, membuatnya untuk kepentingan pemiliknya. Pemilik perusahaan menyadari bahwa perusahaan akan butuh biaya untuk memen tanggung jawab seperti keamanan karyawan clan perlindungan terhadap polusi/Usc perusahaan memberikan sebuah lingkungan yang aman clan bebas polusi mewakili bii yang diperlukan perusahaan melakukan bisnisnya.


0 komentar:

Posting Komentar

 

Blog Archive

Blogroll

Ini adalah aneka tugas kuliah yang saya kerjakan dan saya dapatkan saat kuliah Manajemen tahun 2006 hingga lulus. Hampir sepuluh tahun yang lalu. Koreksilah dahulu, cocokkan dulu dengan bahasannya dan jangan asal kopi-paste, karena bisa saja edisi bukunya berbeda sehingga soal-soalnya berbeda dan akhirnya jawabannya juga berbeda. Adanya gini, jangan minta lebih. Kalau mau perfect ya kerjakan sendiri. Tugas-tugas saya ini hanya sebagai penunjang yang fungsinya supporting, bukan sebagai tulang punggungnya. Gunakan dengan bijak, semoga bermanfaat.

About