Pages

Rabu, 21 Februari 2007

Tugas Pengantar Manajemen : TUGAS – TUGAS MANAJERIAL DALAM ORGANISASI


  1. PERENCANAAN
Ø  Manajer merencanakan tambahan produk apa saja yang akan diproduksi untuk menambah jenis barang yang ada di pasaran.
Ø  Manajer mentarget berapa jumlah omzet penjualan yang harus dihasilkan oleh setiap tim dalam hal penjualan produk.
Ø  Manajer merencanakan perluasan pasar dengan beberapa pertimbangan. Beberapa pertimbangan tersebut adalah :
1.      Apakah selera konsumen pada pasar yang baru sesuai dengan produk yang dijual?
2.      Apakah pesaing-pesaing yang lain sangat mempengaruhi keberadaan produknya?
3.      Apakah pasar yang baru memberikan kemudahan pemasaran untuk memudahkan produsen menjual produknya?
Ø  Manajer merencanakan tambahan-tambahan karyawan yang dibutuhkan terutama dalam hal pemasaran.

  1. PENGORGANISASIAN
Ø  Manajer mengelola pemasaran produknya dengan cara “Direct Selling”. Yaitu menjual produknya langsung kepada konsumen tanpa melalui perantara agen atau penjual.
Ø  Dalam hal pemasaran manajer membagi karyawannya ke dalam beberapa tim dan setiap tim harus mampu memenuhi target yang diberikan oleh pihak manajemen.
Ø  Manajer memberikan reward and punishment terhadap karyawannya. Jika karyawan melebihi target yang diberikan oleh manajer, maka ia akan mendapat reward berupa komisi, bonus dan lain sebagainya. Namun jika karyawan tidak memenuhi target yang diberikan maka ia akan mendapat punishment. Dalam perusahaan kosmetik ini jika karyawan bagian pemasaran tidak memenuhi target maka mereka harus membayar sendiri biaya-biaya yang digunakan untuk memasarkan barang. Besarnya denda tergantung dari jumlah yang berhasil mereka setorkan kepada manajer per hari. Misalkan dalam sehari tiap tim hanya berhasil menyetorkan omzet sebesar 50% dari target maka mereka harus membayar biaya-biaya yang dikeluarkan sebesar 50%. Tetapi jika mereka hanya berhasil menjual kurang dari 50% dari target maka mereka harus membayar penuh biaya-biaya tersebut.
Ø  Manajer mengorganisasi perekrutan karyawan melalui system periklanan. Namun kemudian, system ini tidak memberikan kontribusi yang berarti. Sehingga perekrutan karyawan dilakukan dengan system “Getok Tular”. Yaitu merekrut karyawan dengan cara pembicaraan dari satu orang ke orang lain.
Ø  Manajer mengorganisasi pemasaran produk di kota lain melalui satu koordinator. Sehingga setiap kota memiliki satu koordinator yang bertanggung jawab atas pemasaran produk serta pemesanan produk kepada kantor pusat perusahaan.

  1. KEPEMIMPINAN
Ø  Manajer memberikan waktu khusus untuk berdiskusi dengan karyawannya. Hal ini dilakukan untuk mengetahui keluhan-keluhan karyawan seperti kendala-kendala dalam memasarkan produk.
Ø  Manajer juga memberikan motivasi-motivasi agar kinerja karyawan meningkat dengan memberikan reward berupa komisi atau bonus jika mereka berhasil melebihi target penjualan.

  1. PENGENDALIAN
Ø  Manajer mengawasi kinerja karyawannya dengan cara karyawan harus memberikan laporan tertulis tentang omzet penjualan, biaya-biaya yang dikeluarkan dan hal-hal lainnya yang berhubungan dengan penjualan produk setiap seminggu sekali.
Ø  Manajer memberikan kebijakan untuk memberikan ganti rugi kepada konsumen apabila terdapat komplain dari konsumen tentang kerusakan produknya.
Ø  Manajer menjaga kualitas produknya dengan sistem “FIFO” (First In First Out ). Jadi barang tidak boleh terlalu lama disimpan agar tidak merusak kualitas produk. Karena bahan produk ini harus berada pada suhu ruangan.
Ø  Manajer memberikan kebijakan untuk melakukan tutup buku setiap akhir bulan untuk mengetahui apakah penjualan produk memenuhi target selama satu bulan, apakah perusahaan mengalami surplus atau defisit serta untuk mengetahui kualitas kinerja karyawannya.

SEKILAS TENTANG PROFIL PERUSAHAAN

Perusahaan yang kami kunjungi merupakan perusahaan kosmetik yang bernama “JAVA CENDANA”. Perusahaan ini didirikan oleh beberapa mantan karyawan dari perusahaan kosmetik “RATU AYU”. Setelah mereka keluar dari perusahaan tersebut, mereka bekerja sama mendirikan perusahaan kosmetik “JAVA CENDANA”. Perusahaan ini berdiri sejak tahun 1998. Perusahaan ini tidak hanya memasarkan produknya di Surabaya saja. Namun sudah mencapai ke beberapa kota seperti Malang, Lumajang, Banjarmasin dan Makassar.

Produk yang dijual adalah kosmetik kecantikan untuk wanita. Antara lain, Bedak Kocok, Sabun Wajah, Sabun Cair, Peeling Cream dan Lipstik. Namun produk yang paling banyak diminati oleh konsumen adalah produk Bedak Kocok.

Sistem perekrutan karyawan dilakukan melalui sistem “GETOK TULAR”. Khusus untuk karyawan bagian pemasaran, tidak ada syarat khusus seperti jenjang pendidikan atau keahlian tertentu. Yang terpenting mereka harus mampu menjual produk untuk memenuhi atau melebihi target. Pada setiap kota terdapat satu koordinator yang bertanggung jawab terhadap penjualan produk.


Pangsa pasar dari perusahaan ini adalah kaum wanita, baik itu ibu-ibu maupun remaja putri. Perusahaan ini menggunakan sistem penjualan “DIRECT SELLING” dengan cara menjual kepada ibu-ibu PKK, ibu-ibu Dasawisma dan remaja putri. Karyawan pemasaran mendatangi ibu RT agar ibu RT tersebut mengumpulkan warganya kemudian mereka menawarkan produk. Selain itu, terkadang mereka menjual produknya di puskesmas, sekolah-sekolah dan kantor-kantor.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blog Archive

Blogroll

Ini adalah aneka tugas kuliah yang saya kerjakan dan saya dapatkan saat kuliah Manajemen tahun 2006 hingga lulus. Hampir sepuluh tahun yang lalu. Koreksilah dahulu, cocokkan dulu dengan bahasannya dan jangan asal kopi-paste, karena bisa saja edisi bukunya berbeda sehingga soal-soalnya berbeda dan akhirnya jawabannya juga berbeda. Adanya gini, jangan minta lebih. Kalau mau perfect ya kerjakan sendiri. Tugas-tugas saya ini hanya sebagai penunjang yang fungsinya supporting, bukan sebagai tulang punggungnya. Gunakan dengan bijak, semoga bermanfaat.

About