Pages

Minggu, 18 Februari 2007

Resume Pengantar Manajemen Richard L. Daft Chapter 14 : Mengelola Karyawan Yang Beragam


Mengelola Keragaman Pekerja dalam Organisasi
Meaning of diversity à keragaman muncul saat ada perbedaan diantara karyawan. Hal ini dikarenakan diantaranya suku bangsa, gender, status, usia.
The Impact of diversity à dapat dilihat dari 2 sisi, yang menjadi ancaman organisasi atau memperkuat organisasi :
  1. Keragaman sebagai sumber konflik
Apabila organisasi tidak memiliki sistem yang baik terhadap keragaman, maka sering muncul permasalahan dikarenakan faktor  etnik, adanya kelompok informal, faktor lain yang terkait dengan lingkungan kerja yang berbeda.
  1. Keragaman sebagai keunggulan kompetitif
Syarat : perusahaan memiliki sistem dan aturan yang jelas, transparan  dan adil (fair).

Mengelola Beragam Kepentingan dalam Organisasi
n  Faktor Individu
Disadari bahwa tiap individu terlahir dalam kondisi yang berbeda, lingkungan berbeda, pengalaman berbeda, pendidikan, usia, selera, sikap, keyakinan, gender, maupun kepentingan juga berbeda. Diperlukan pengertian dan toleransi sehingga ada saling keterbukaan komunikasi
n  Peran Organisasi
Perlu peraturan dan sarana yang mampu menyatukan perbedaan, misal : peraturan yang tidak memihak, terbuka, dan tegas. Adanya fasilitas ibadah, libur hari raya, penyaluran hobi, cuti hamil/haid.
Sosialisasi kebersamaan dalam organisasi untuk kesejahteraan bersama (oleh organisasi) terus-menerus perlu dilakukan karena permasalahan tersebut senantiasa muncul sampai kapanpun

Sikap Terhadap Keragaman
ý  Etnosentrisme
Kepercayaan bahwa kelompok atau subbudaya sendiri lebih unggul dari kelompok atau budaya lain.
ý  Monobudaya
Sebuah budaya yang hanya menerima satu cara untuk melakukan berbagaiu hal dan seperangkat nilai-nilai dan kepercayaan.
ý  Etnorelativisme
Kepercayaan bahwa kelompok-kelompok dan subbudaya pada dasarnya setara.
ý  Pluralisme
Organisasi yang mengakomodasi beberapa subbudaya, termasuk karyawan-karyawan yang sebaliknya akan merasa terisolasi dan diabaikan.

Glass Ceiling adalah rintangan yang tidak terlihat yang memisahkan para wanita dan minoritas dari posisi-posisi manajemen puncak.

Mengubah Struktur Kebijakan
Ë Rekrutmen
Para manajer melakukan perekrutan untuk mewujudkan sebuah komposisi angkatan kerja yang mencerminkan kelompok buruh dan berbasis pelanggan.
Ë Kemajuan Karir
Dengan memberika bimbingan hubungan.

Ë Mengakomodasi Kebutuhan-Kebutuhan Khusus

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blog Archive

Blogroll

Ini adalah aneka tugas kuliah yang saya kerjakan dan saya dapatkan saat kuliah Manajemen tahun 2006 hingga lulus. Hampir sepuluh tahun yang lalu. Koreksilah dahulu, cocokkan dulu dengan bahasannya dan jangan asal kopi-paste, karena bisa saja edisi bukunya berbeda sehingga soal-soalnya berbeda dan akhirnya jawabannya juga berbeda. Adanya gini, jangan minta lebih. Kalau mau perfect ya kerjakan sendiri. Tugas-tugas saya ini hanya sebagai penunjang yang fungsinya supporting, bukan sebagai tulang punggungnya. Gunakan dengan bijak, semoga bermanfaat.

About