Pages

Jumat, 03 November 2006

Resume Pengantar Bisnis Jeff Madura Chapter 1 : Merencanakan Bisnis

BAB 1 Merencanakan Bisnis

Pemegang kepentingan utama dalam bisnis adalah ( Stake Holders ) :
¨                  Pemilik ( Wirausahawan / Enterpreneur )
Pemilik sebagai wiraswasta adalah orang yang mengorganisasi, mengelola dan mengasumsikan resiko yang dihadapi untuk memulai bisnis. Secara ringkas, pemilik adalah pepengorganisasi, pengasumsi, dan penanggung resiko semua kegiatan perusahaan. Perusahaan besar menjual saham kepada investor yang ingin menjadi pemegang saham.  Saham adalah sertifikat kepemilikan suatu perusahaan.
Pemegang saham adalah investor yang ingin menjadi pemilik dari sebagian perusahaan dengan menanamkan modalnya yang berupa saham. Nilai kinerja perusahaan membaik, maka nilai sahamnya juga naik seperti tercermin pada harga saham yang tinggi. Apabila perusahaan tersebut gagal maka pemegang saham dari berbagai perusahaan akan kehilangan seluruh modal yang ditanamkan.       
¨      Karyawan
Manajer adalah karyawan yang memiliki tanggung jawab mengelola pekerjaan yang ditugaskan kepada karyawan lain dan membuat keputusan penting perusahaan.
Kinerja perusahaan sangat tergantung pada keputusan yang dibuat oleh manajer. Keputusan yang bagus dapat menuntun perusahaan pada kemajuan, sedangkan keputusan yang buruk dapat membawa perusahaan tersebut menuju kehancuran.
Tujuan manajer dalam bisnis kecil adalah memaksimalkan nilai perusahaan. Sedangkan tujuan manajer dalam suatu perusahaan besar adalah memaksimalkan nilai perusahaan.

¨      Supplier ( Pemasok )
Perusahaan biasanya menggunakan bahan baku untuk menghasilkan produksi, karena itu kinerja perusahaan sebagian tergantung pada kemampuan dari pemasoknya dalam mengantarkan bahan baku tepat pada waktunya.
¨      Kreditur
Kreditur adalah institusi atau individu perorangan yang memberikan pinjaman. Kreditur meminjamkan dana kepada perusahaan bila mereka percaya, bahwa perusahaan tersebut mempunyai kinerja yang baik, sehingga dapat mengembalikan pinjaman pokok beserta bunganya di kemudian hari.
¨      Pelanggan
Komponen bisnis yang berperan mengkonsumsi dan membeli barang dan jasa. Perusahaan tidak dapat survive tabpa pelanggan. Untuk menarik pelanggan, perusahaan harus menawarkan barang atau jasa dengan harga yang pantas dan cukup berkualitas.
Pengertian Perusahaan
Perusahaan adalah suatu unit kegiatan produksi yang mengolah sumber-sumber ekonomi untuk menyediakan barang dan jasa bagi masyarakat dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan agar dapat memuaskan kebutuhan masyarakat.
Perusahaan dagang adalah perusahaan yang membeli barang jadi dan menjualnya kembali kepada konsumen. Manufaktur adalah perusahaan yang berperan sebagai pihak pemroduksi barang.

Apa yang harus dilakukan oleh seorang wirausahawan ?
¨      Mengidentifikasikan peluang dengan pandai melihat kesempatan
¨      Mengumpulakn sumber daya alam, sumber daya manusia, dan sumber daya lainnya
¨      Menarik investasi / dana dari perorangan atau lembaga keuangan
¨      Melaksanakan proses produksi atau perdagangan
¨      Berani menanggung resiko
Ciri atau kepribadian seorang wirausahawan :
¨      Mempunyai emosi akan keberhasilan
¨      Berani menanggung resiko
¨      Gigih dalam bekerja keras
¨      Semangat, gesit dalam berusaha
¨      Memiliki daya kerja yang cukup tinggi
¨      Berpandangan obyektif
¨      Terbuka terhadap saran dan kritik
¨      Percaya diri
¨      Berusaha mengingkatkan pengetahuan
¨      Mempunyai kecakapan untuk memimpin
¨      Sebagai media pembaharu atau inovator
¨      Haus akan keberhasilan
Dana
Manajer memutuskan bagaimana dana didapat dari pemilik, kreditur atau hasil penjualan kepada pelanggan dapat dimanfaatkan.
Dana tersebut dipakai untuk membayar :
  1. Sumber – Sumber
Termasuk karyawan, pemasok, mesin-mesin, yang dibutuhkan untuk menghasilkan dan mempromosikan produk.
  1. Pinjaman kepada investor
Sisa dana disebut laba. Sebagian ditahan dan ditanam kembali dalam perusahaan. Sisa dari laba dibagikan sebagai deviden kepada pemiliknya.
Deviden adalah semacam penghasilan berupa laba yang diberikan perusahaan kepada pemiliknya lalu dibagi kepada karyawannya.

Menciptakan Ide Bisnis
Orang akan berniat menciptakan ide bisnis hanya bila mjengharapkan imbalan untuk usahanya. Imbalannya dalam berbagai bentuk, yaitu :
  1. Mendapatkan penghasilan besar
  2. Menjadi atasan atau sekedar naik jabatan
  3. Prestise yang tinggi
Supaya dapat berhasil, perusahaan harus dapat mempunyai keunggulan kompetitif, yaitu kenunggulan sifat yang unik yang membuat suatu produk bisnis dapat lebih dinikmati oleh konsumen daripada produk saingannya. Misalnya :
  1. Menciptakan keunggulan kompetitif secara sehat dengan memberikan produk yang mirip dengan milik pesaingnya tetapi dengan harga yang lebih murah
  2. Menyiapkan produk yang kualitasnya lebih tinggi daripada produk pesiangnya
  3. Menawarkan jasa yang lebih menyenangkan, misalnya dengan servis memuaskan, penyambutan, atau ramah tamah.

Fungsi Utama Bisnis
Lima fungsi yang harus dijalankan secara benar jika bisnis ingin sukses ;
1.      Manajemen
Manajemen adalah cara bagaimana karyawan dan sumber lain seperti mesin-mesin dapat digunakan oleh perusahaan.
2.      Pemasaran
Pemasaran adalah cara bagaimana produk atau jasa dikembangkan, diberi harga, didistribusikan, dan dipromosikan kepada pelanggan.
3.      Keuangan
Keuangan adalh cara bagaimana perusahaan mendapatkan dana dan menggukannya untuk keperluan operasi bisnisnya.
4.      Akuntansi
Akuntansi adalah ringkasan dean analisis dari kondisi keuangan perusahaan.
5.      Sistem Informasi
Sistem Informasi adalah sistem yang meliputi teknologi informasi, masyarakat dan prosedur yang bekerjasama untuk memberikan berbagai macam informasi yang cocock dan dibutuhkan karyawan perusahaannya, sehingga mereka dapat memperbaiki keputusan bisnis dan membuat keputusan bisnis yang dapat memajukan perusahaan.


Interaksi antar Fungsi Bisnis
Banyak interaksi atar manajemen, pemasaran dan keuangan dalam membuat keputusan. Mislanya manajemen produksi pada Compaq Computer menerima proyeksi penjualan dari manajer pemasaran untuk menentukan berpa banyak produk yang harus dihasilkan. Manajer keuangan harus menerima jumlah rencana produksi dari manajer produksi untuk menentukan berap dana yang diperlukan.

Bagaimana Keputusan Bisnis Dapat Mempengaruhi Pendapatan Perusahaan
Keputusan manajemen menentukan bagaimana sumber daya perusahaan dialokasikan. Keputusan pemasaran yang menentukan produk yang dijual, bersama dengan penentuan harga, distribusi dan informasi produk tersebut. Keputusan bisnis yang tepat mengandalkan akuntansi dan sistem informasi.

Keputusan Akuntansi
Keputusan akuntansi adalah sesuatu yang diapai untuk memonitor kinerja dan mendeteksi penggunaan sumber daya yang tidak efisien.

Keputusan Manajemen
1.      Perlengkapan dan mesin apa yang diperlukan untuk memproduksi suatu produk ?
2.      Berapa karyawan yang harus dipekerjakan untuk memproduksi suatu produk ?
3.      Bagaimana dapa memotivasi karyawan supaya pekerjaan dapat berhasil dengan baik ?

Keputusan Pemasaran
  1. Berapa harga yang harus dikalkulasikan suatu produk ?
  2. Apakah produk harus diubah untuk menarik pelanggan ?
  3. Haruskah perusahaan iklan atau strategi lain untuk mempromosikan produknya ?

Keputusan Keuangan
  1. Haruskah pencarian dana dari pinjaman atau menjual saham ?
  2. Haruskah peminjam dana jangka pendek atau jangka penjang ?
  3. Apakah perusahaan harus investasi ke dalam proyek bisnis baru yang baru saja diusulkan atau dana ini untuk pinjaman ?

Mengembangkan Rencana Bisnis
1. Deskripsi Usulan Bisnis
Menjelaskan mengenai produk atau jasa yang diberikan oleh bisnis yang diusulkan.
2. Perkiraan Atas Lingkungan Bisnis
1.      Lingkungan Ekonomi
Menjelaskan kondisi ekonomi yang berlangsung dan terbentangnya resiko maupun manfaat yang dihadapi penuh terhadap kondisi tersebut.
2.      Lingkungan Industri
Menjelaskan pertanyaan dalam industri dan permintaan secara umum atas produk tersebut dalam industri
3.      Lingkungan Global
Menjelaskan kondisi global yang berlangsung dan terkait dengan bisnis tersebut, seperti pasar asing luar negri, dimana mungkin produk bisnis tersebut dapat dijual kemudian harus atau mungkin mendapat pasokan.
 Rencana Manajemen
Termasuk rencana operasional yang menitik beratkan pada usulan struktur organisasi produksi dan sumber daya menusia dalam perusahaan.
1.      Struktur Organisasi
Menjelaskan mengenai Struktur organisasi9 yang menggambarkan hubungan antara posisi para karyawan. Struktur ini juga harus memberikan identifikasi tanggungjawab setiap posisi dalam mengatur posisi yang lain dan menjelaskan tugas spesifik dan gaji para manajer dan karyawan lain.
2.      Proses Produksi
Penjelasan mengenai proses produksi, termasuk lokasi desain dan tata letak dari fasilitas yang diperlukan untuk mencipatakan produk atau rancangan juga menjelaskan mengenai rencana jumlah produk perbulan atau pertahun.
3.      Mengelola Karyawan
Menjelaskan mengenai lingkungan kerja yang digunakan untuk memotivasi karyawan dan rencana pelatihan, evaluasi, dan pemberian kompensasi atau balas jasa kepada karyawan.
Rencana Pemasaran
Difokuskan pada target pasar, disamping kerakteristik produk, penentuan harga, distribusi dan promosi.
1.      Target Pasar
Menjelaskan mengenai profil / karakteristik. Misalnya tingkat umur atau pengasilan. Pelanggak yang akan membeli produk, karena mereka membentuk target pasar.
2.      Karakteristik Produk
Menjelaskan ciri khas produk ( Mengapa pelanggan ingin membeli produk kita )
3.      Penentuan Harga
Penawaran harga yang diusulkan dari produk harus diumumkan. Harga produk serupa yang dijual peasing harus disebutkan pula, karena harga akan memperngaruhi permintaan untuk produk.
4.      Distribusi
Cara produk yang akan didistribusikan pelanggan harus diterangkan. Beberapa produk dijual langsung ke pelanggan.
5.      Promosi
Strategi promosi harus konsisten dengan profil pelanggan. Misalnya produk untuk menarik para pelajar harus diiklankan melalui koran kampus.
Rencana Keuangan
Rencana ini harus menjelaskan mengapa bisnis ini layak dan harus juga menunjukkan bagaimana bisnis ini akan didanai, yaitu berapa dana dari pemilik dan berapa dari krditor

Memperkirakan Suatu Rencana Bisnis
Banyak ide bisnis yang pada mulanya kelihatan cukup dapat dipertanggung jawabkan tidak dapat dilaksanakan karena para wiraswastanya mempunyai berbagai macam hal yang harus dipikirkan sesudah mengembangkan rencana bisnis. Beberapa hal yang harus dipikirkan mungkin berkaitan dengan potensi keuntungan yang dihasilkan oleh bisnis tersebut.

1 komentar:

 

Blog Archive

Blogroll

Ini adalah aneka tugas kuliah yang saya kerjakan dan saya dapatkan saat kuliah Manajemen tahun 2006 hingga lulus. Hampir sepuluh tahun yang lalu. Koreksilah dahulu, cocokkan dulu dengan bahasannya dan jangan asal kopi-paste, karena bisa saja edisi bukunya berbeda sehingga soal-soalnya berbeda dan akhirnya jawabannya juga berbeda. Adanya gini, jangan minta lebih. Kalau mau perfect ya kerjakan sendiri. Tugas-tugas saya ini hanya sebagai penunjang yang fungsinya supporting, bukan sebagai tulang punggungnya. Gunakan dengan bijak, semoga bermanfaat.

About