Pages

Selasa, 07 November 2006

Resume Pengantar Bisnis Jeff Madura Chapter 4 : Pemilihan Letak Perusahaan

Chapter 4 : Pemilihan Letak Perusahaan

Pentingnya Letak / Lokasi Perusahaan :
Lokasi Perusahaan sangatlah penting dalam operasional perusahaan karena akan menyangkut sistem transportasi perusahaan.
  Letak Perusahaan atau Tempat Kediaman Perusahaan (TKP)
Tempat dimana perusahaan melakukan kegiatan sehari-hari.
  Tempat Kedudukan Perusahaan
Tempat kantor pusat perusahaan

Salah memilih lokasi perusahaan akan mengakibatkan :
  Kerugian perusahaan di berbagai bidang
  Relokasi
  Kesulitan mengadakan ekspansi yang berujung kekalahan dalam persaingan

Ada Empat Jenis Letak Perusahaan :
  Letak perusahaan terikat pada alam
Letak Perusahaan yang sangat ditentukan oleh alam.
Contoh : Pertanian, pertambangan, dll.
  Letak perusahaan berdasarkan sejarah
Contoh : - Batik di Jogja, Solo
               - Sasirangan di Kalimantan Selatan
  Letak Perusahaan yang ditentukan oleh pemerintah
Pemerintah menentukan lokasi perusahaan agar masyarakat sekitar tidak terganggu aktivitas perusahaan
  Letak perusahaan yang dipengaruhi oleh faktor-faktor ekonomi, beberapa faktor yang dipertimbangkan yaitu :
1.      Dekat dengan bahan baku
Contoh : Pabrik Gula, semen
2.      Dekat dengan pasar
Contoh : Perusahaan roti, rumah makan, bank, dan asuransi
3.      Dekat dengan pemasok tenaga kerja
Contoh : Pabrik Rokok, Kembang Gula
4.      Dekat dengan penyedia sumber tenaga atau energi
Contoh : Pabrik peleburan biji besi, baja
5.      Iklim
Contoh : Pabrik teh, jamur
6.      Ongkos transportasi
Contoh : Pabrik Mobil
7.      Besarnya Suplai Modal
Contoh : Perusahaan yang membutuhkan modal besar cenderung mendekati penanaman modal yang besar

Ada dua macam cara untuk menentukan lokasi perusahaan :
  Cara Kualitatif
Penilaian secara kualitatif terhadap faktor-faktor yang relevan pada setiap pilihan lokasi. Ukuran dalam penilaian :
            Baik sekali       (bs)                  Sedang                        (s)        Kurang sekali (ks)
            Baik                 (b)                    Kurang                        (k)
Contoh :
Faktor Faktor
Lokasi
Solo
Jogja
Semarang
Purwokerto
Bahan Baku
b
bs
b
bs
Tenaga Kerja
bs
b
s
bs
Listrik
b
b
b
s
Transportasi
bs
s
b
k
Pasar
bs
k
b
k
 Dari hasil penilaian secara kualitatif, yang paling ideal adalah Solo. Karena Solo memiliki nilai kualitatif terbaik dari daerah lainnya.

  Cara Kuantitatif
Dengan cara mengkuantitatifkan hasil analisis kualitatif atau memberikan skor pada masing-masing kriteria.
Misalnya :        bs         (5)        s           (3)        ks         (1)                   
                        b          (4)        k          (2)

           
Faktor - Faktor
Lokasi
Solo
Jogja
Semarang
Purwokerto
kdd
nilai
kdd
nilai
kdd
nilai
kdd
nilai
Bahan Baku
B
4
Bs
5
B
4
Bs
5
Tenaga Kerja
Bs
5
B
4
S
3
Bs
5
Listrik
B
4
B
5
B
4
S
3
Transportasi
Bs
5
S
3
B
4
K
2
Pasar
Bs
5
K
2
B
4
K
2
Jumlah nilai
-
23
-
18
-
19
-
17
Solo menghasilkan nilai tertinggi, maka Solo menjadi yang terbaik.

Penetapan Lokasi Perusahaan menurut teori Weber
Weber mengemukakan ada dua faktor yang mempengaruhi penetapan lokasi :
  Biaya Tenaga Kerja
  Biaya Pengangkutan
Apabila suatu industri menganggao biaya pengangkutan menjadi faktor utama dalam penetapan lokasi perusahaan, maka perusahaan akan didirikan pada suatu titiik pada garis lurus yang menghubungkan Tempat Bahan Mentah (TBM) dan Daerah Konnsumen (DK).
Untuk dapat menetapkan Tempat Kediaman Perusahaan (TKP) antara TBM dan DK, maka menurut Weber harus dilihat sifat bahan mentah yang digunakan perusahaan dan corak proses produksinya.


Sifat Bahan Mentah dan Corak Proses Produksinya dapat dibedakan :
  Ubikuitas Mutlak
Yaitu bahan baku yang tersedia dalam jumlah tidak terbatas dimana saja.
  Ubikuitas Relatif
Yaitu bahan baku yang tersedia dalam jumlah tidak terbatas, tetapi hanya ada di beberapa tempat tertentu saja.
Dibutuhkan berbagai bahan yang tempatnya terpisah-pisah.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blog Archive

Blogroll

Ini adalah aneka tugas kuliah yang saya kerjakan dan saya dapatkan saat kuliah Manajemen tahun 2006 hingga lulus. Hampir sepuluh tahun yang lalu. Koreksilah dahulu, cocokkan dulu dengan bahasannya dan jangan asal kopi-paste, karena bisa saja edisi bukunya berbeda sehingga soal-soalnya berbeda dan akhirnya jawabannya juga berbeda. Adanya gini, jangan minta lebih. Kalau mau perfect ya kerjakan sendiri. Tugas-tugas saya ini hanya sebagai penunjang yang fungsinya supporting, bukan sebagai tulang punggungnya. Gunakan dengan bijak, semoga bermanfaat.

About