Pages

Jumat, 17 November 2006

Resume Pengantar Bisnis Jeff Madura Chapter 13 : Strategi Produk dan Penentuan Harga

Bab 13
Strategi Produk dan Penentuan Harga

Latar Belakang Produk
è Definisi Produk
Barang fisik atau jasa yang dapat memenuhi kenutuhan konsumen

Klasifikasi Produk :
Ø  Produk Konsumen
Adalah produk yang tersedia secara luas bagi konsumen, sering dibeli konsumen dan mudah didapat.
Contoh : Susu, surat kabar, gula, soda, dll.
Ø  Produk Belanja
Bebeda dengan produk konsumen, karena produk belanja tidak sering dibeli.
Contoh : Mebel, peralatan rumah tangga, dll.
Ø  Produk Spesial
Adalah produk yang dimaksudkan untuk konsumen tertentu yang spesial dan oleh karenanya memerlukan upaya khusus untuk membelinya.
Contoh : Jam Tangan Rolex, Mobil BMW
è Lini Produk
Adalah serangkaian produk dan jasa yang berhubungan yang ditawarkan oleh sebuah perusahaan.
Contoh : Coke, Diet Coke, Sprite, Fanta.
è Bauran Produk
Berbagai campuran produk yang ditawarkan oleh perusahaan.
Contoh Bauran :
o   Produk IBM, perangkat lunak, perangkat keras, dan jasa global.
o   Perusahaan jasa konsultasi KPMG, akuntansi, Sistem informasi teknologi, dan lainnya.

Mengidentifikasi Target Pasar
Target Pasar adalah Kelompok individual atau organisasi yang memiliki karakteristtik yang sama yang mungkin akan membeli produk tertentu.

Klasifikasi Target Pasar Secara Luas :
*  Pasar Konsumen
Pasar untuk berbagai produk dan jasa konsumen.
Misalnya : Artikel-artikel kamera, pakaian, dan perlengkapan rumah tangga.
*  Pasar Industri
Pasar untuk berbagai produk industri yang dibeli oleh perusahaan.
Misalnya : Plastik dan baja.

Karakteristik Umum yang Digunakan untuk Menguraikan Target Pasar :
  1. Jenis Kelamin
  2. Usia
  3. Tingkat Pendapatan

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Ukuran Target Pasar
*      Demografis
Karakteristik Populasi Manusia atau segmen tertentu dari populasi tersebut
Contoh :
1.     Peningkatan jumlah wanita yang bekerja berdampak pada :
§  Toko Pakaian Wanita
§  Perusahaan makanan siap saji
§  Perusahaan jasa pelayanan
2.     Peningkatan jumlah anak-anak berdampak pada :
§  Pakaian anak-anak
*      Geografi
×       Perusahaan ban salju untuk negara yang bersalju
×       Papan selancar unutk negara yang mempunyai pantai
*      Faktor-Faktor Ekonomi
D        Pada masa resesi permintaan produk menurun, terutama produk spesial dan belanja
D        Ketika suku bungan rendah konsumen bersedia membeli dengan uang pinjaman.
*      Nilai-Nilai Sosial
9   Permintaan rokok dan minuman keras turun ketika konsumen menyadari akan bahaya kesehatan.

Menciptakan Produk Baru
            Kebutuhan untuk menciptakan produk baru meningkat apabila produk yang lama telah usang.
K   Mode Kadaluarsa
Produk-produk yang sudah ketinggalan mode.
K   Teknologi Usang
Mutu sebuah produk lebih rendah dari produk baru.

Penggunaan Riset Pemasaran untuk Menciptakan Produk Baru
Riset Pemasaran adalah Akumulasi dan analisis data untuk membuat keputusan pemasaran tertentu.
Langkah-Langkah Penting untuk Menciptakan Produk Baru
  1. Mengembangkan Ide Produk
Menentukan apa yang konsumen butuhkan.
  1. Menilai Kelayakan Ide
Menentukan antara Keuntungan dengan biaya yang dikeluarkan.
  1. Merancang dan Menguji Produk
Menentukan antara konsumen yang akan membeli dengan produk yang dibeli.
  1. Mendistribusikan dan Mempromosikan Produk
Membuat konsumen dalam target pasar dan mengetahui keberadaan produk.
  1. Pengawasan Pasca Produksi
Menentukan kebutuhan produk yang akan diperbaiki.

Diferensiasi Produk
            Upaya sebuah perusahaan untuk membedakan produknya dari produk pesaing dalam suatu sifat yang membuat produknya lebih diinginkan

Beberapa metode umum yang digunakan untuk membedakan suatu produk :
O     Rancangan unik
Dimana produk yang dihasilkan lebih aman, mudah digunakan atau memiliki beberapa keunggulan lain.
O     Kemasan unik
Dimana dapat mendorong atau berisi iklan.
O     Merek unik
Dimana dapat mendoronganggapan konsumen terhadap kualitas produk.

Merek
Merek adalah metode untuk mengidentifikasi dan membedakan berbagai produk dari produk pesaing.

Merek Dagang
Bentuk merek yang mengidentifikasi bahwa produk tersebut dilindingi secara hukum untuk digunakan perusahaan lain.

Merek Keluarga vs Merek Individu
Merek Keluarga
Merek Individu
Merek dari semua produk yang diproduksi oleh sebuah perusahaan.
Contoh : Coca-Cola Company menjual Coca-Cola, Diet Coke, Cherry Coke, dan minuman ringan lainnya.
Memberikan merek yang unik untuk membedakan produk atau kelpompok produk.
Contoh : Procter dan Gamble memproduksi Tide, Bold, dan Era.

Merek Produsen, Merek Toko, dan Merek Generik
C       Merek Produsen
Merek Yang mendcerminkan produsen yang menciptakan produk.
Contoh : Merek Frito Lay, Fisher Price, dll.
C       Merek Toko
Merek yang mencerminkan toko pengecer yang menjual produk tersebut.
Contoh : Seara dan J.C. Penney
C       Merek Generik
Produk yang tiodak diberikan merek oleh produsen maupunoleh toko.
Contoh : Obat Generik, dll.

Siklus Kehidupan Produk
1.      Fase Pengenalan
Periode awal dimana konsumen diinformasikan mengenai produk yang baru.
2.      Fase Pertumbuhan
Periode dimana penjualan produk naik dengan sangat cepat.
3.      Fase Kedewasaan
Periode dimana produk pesaing tambahan telah memasuki pasar, dan tingkat penjualan produk terhenti karena lebih banyak persaingan.
4.      Fase Penurunan
Periode dimana penjualan produk tersebut turun, baik karena berkurangnya permintaan konsumen terhadap jenis produk karena bertambahnya pesaing di pasaran.

Strategi Penentuan Harga
q        Penentuan harga berdasarkan biaya produksi
Estimasi biaya per-unit untuk memproduksi produk dan menambahkan suatu kenaikan.
q        Penentuan harga berdasarkan suplai persediaan
Harga dapat diturunkan unutk mengurangi kebutuhan persediaan.
q        Penentuan harga berdasarkan harga pesaing
Harga akan ditentukan dibawah harga pesaing untuk memperoleh suatu keuntungan (penentuan harga penetrasi akan diatas pesaing untuk menetapkan kesan yang tinggi / penentuan harga prestise)

Menentukan Harga Penetrasi yaitu
Strategi menentukan harga yang lebih rendah dibanding produk-produk pesaing agar dapat menembus pasar.
Harga Elastis adalah permintaan akan produk akan sangat responsif terhadapperubahan harga.
Harga Inelastis adalah permintaan akan produk tidak responsif terhadap perubahan harga.

Menentukan Harga
Ø  Penentuan Harga Defensif
Tindakan menurunkan harga produk unutk menahan, mempertahankan pangsa pasarnya.
Ø  Penentuan Harga Predatori
Strategi menurunkan harga untuk menyerang pesaing baru yang masuk ke dalam pasar.
Ø  Penentuan Harga Pestise
Strategi menggunakan harga yang lebih tinggi untuk meraih kesan lini yang terbaik

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blog Archive

Blogroll

Ini adalah aneka tugas kuliah yang saya kerjakan dan saya dapatkan saat kuliah Manajemen tahun 2006 hingga lulus. Hampir sepuluh tahun yang lalu. Koreksilah dahulu, cocokkan dulu dengan bahasannya dan jangan asal kopi-paste, karena bisa saja edisi bukunya berbeda sehingga soal-soalnya berbeda dan akhirnya jawabannya juga berbeda. Adanya gini, jangan minta lebih. Kalau mau perfect ya kerjakan sendiri. Tugas-tugas saya ini hanya sebagai penunjang yang fungsinya supporting, bukan sebagai tulang punggungnya. Gunakan dengan bijak, semoga bermanfaat.

About