Pages

Minggu, 19 November 2006

Resume Pengantar Bisnis Jeff Madura : Chapter 15 Strategi Promosi

Bab 15
Strategi Promosi

Latar Belakang Promosi
Promosi adalah tindakan menginformasikan atau mengingatkan konsumen tentang spesifikasi produk atau merek.

Bauran Promosi
Empat metode promosi :
v  Periklanan
Penyajian penjualan non-personal yang dikomunikasikan melalui bentuk media atau non-media untuk mempengaruhi sejumlah besar konsumen.
            Alasan-alasan untuk Periklanan :
9  Untuk meningkatkan image dari Produk tertentu
9  Untuk meningkatkan image dari Institusi tertentu
9  Untuk meningkatkan image dari Industri tertentu

Bentuk-Bentuk Periklanan
Æ Surat Kabar
Æ Surat
Æ Majalah
Æ Telemarketing
Æ Radio
Æ Periklanan luar
Æ Televisi
Æ  Periklanan Transportasi
Æ Internet
Æ  Periklanan khusus

v  Penjualan Personal
Penjualan Personal adalah presentasi penjualan secara personal yang digunakan untuk mempengaruhi satu konsumen atau lebih.
Tenaga penjualan yang dilakukan memerlukan langkah-langkah berikut :
Ê  Menentukan tager pasar
Ê  Menghubungi calon pelanggan
Ê  Melakukan presentasi penjualan
Ê  Menjawab pertanyaan0pertanyaan
Ê  Menutup Penjualan
Ê  Melakukan tindak lanjut
v  Promosi Penjualan
Promosi Penjualan adalah serangkaian aktivitas yang dimaksudkan untuk menginspirasi konsumen.
Strategi Promosi penjualan yang paling umum :
   Rabat
Potensi untuk mendapatkan pembayaran kembali dari produsen kepada konsumen
   Kupon
Alat promosi yang digunakan dalam surat kabar, majalah, dan iklan untuk mendorong pembelian sebuah produk.
   Sampling
Tindakan memberikan sample gratis yang mnedorong konsumen untuk mencoba merrek atau produk baru.
   Pameran = Display
Menarik konsumen dengan meletakkan produk di lokasi tertentu.
   Premimum
Pemberian hadiah secara cuma-cuma kepada konsumen yang membeli produk terntentu.
v  Hubungan Masyarakat
Berkenaan dengan tindakan yang diambil dengan tujuan menciptakan atau memelihara kesan yang menyenangkan bagi masyarakat.
Jenis strategi hubungan masyarakat yang paling umum :
î  Acara Khusus
Sponsor khusus sebuah acara sehingga produk dan perusahaan dengan sangat mudah diakses oleh media.
î  Rilis Berita
Tulisan singkat yang berisikan pengumuman mengenai perusahaan yang dibuat perusahaan untuk media.
î  Konferensi Pers
Pengumuman lisan tentang sebuah perusahaan yang dibuat oleh perusahaan untuk media.

Menentukan Bauran Promosi Yang Opimal
Karakteristik :
º Target Pasar
Dibentuk oleh berbagai variasi konsumen di seluruh wilayah tertentu yang diperkirakan menggunakan produknya.
º Anggaran Promosi
Sejumlah dana yang telah disisihkan untuk membayar semua metode promosi dalam periode tertentu.
Anggaran promosi untuk produk tertentu dipengaruhi oleh beberapa karakteristik tertentu :
  Fase Siklus kehidupan produk
  Persaingan
  Kondisi perekonomian

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blog Archive

Blogroll

Ini adalah aneka tugas kuliah yang saya kerjakan dan saya dapatkan saat kuliah Manajemen tahun 2006 hingga lulus. Hampir sepuluh tahun yang lalu. Koreksilah dahulu, cocokkan dulu dengan bahasannya dan jangan asal kopi-paste, karena bisa saja edisi bukunya berbeda sehingga soal-soalnya berbeda dan akhirnya jawabannya juga berbeda. Adanya gini, jangan minta lebih. Kalau mau perfect ya kerjakan sendiri. Tugas-tugas saya ini hanya sebagai penunjang yang fungsinya supporting, bukan sebagai tulang punggungnya. Gunakan dengan bijak, semoga bermanfaat.

About