Pages

Rabu, 22 November 2006

Jawaban Mikroekonomi : Questions for Discussion Samuelson : PASAR DAN PEMERINTAHAN DALAM PEREKONOMIAN MODERN


  1. Komposisi pengeluaran nasional ditetukan oleh : C+G+I+(X-M) atau konsumsi masyarakat, pengeluaran pemerintah, investasi, serta ekspor dan impor. Kedaulatan konsumen adalah kekuatan atau kepemimpinan daripada konsumen untuk menentukan dan mendapatkan apa yang diinginkan dalam artian segala sesuatu yang dapat dikonsumsi oleh konsumen tersebut.
q  Transportasi
Di negara kesatuan Republik Indonesia yang menganut sistim ekonomi campuran ini pemerintah membuat kebijakan yang menyangkut pemenuhan kebutuhan masyarakat akan transportasi dengan mengijinkan adanya monopoli yang sifatnya dan kedudukannya sebagai badan regulasi harga pelayanan.
q  Pendidikan (edukasi)
Isu terakhir yang terdengar tentang pendidikan di Indonesia adalah BOS (Bantuan Operasional Sekolah). Kita tentunya mengetahui bahwa sistim pendidikan Indonesia diatur oleh Departemen Pendidikan Nasional. Akan tetapi kurikulumnya lebih tergantung pada kepemilikan sekolah masing masing. BUMN atau sekolah negeri diatur sedemikin rupa tapi masih dibebaskan mengembangkan diri. Sedangkan pihak swasta hanya mengikuti syarat administrasi dan akreditasi saja. Mengenai pemilihannya semua bergantung pada kemauan pasar dan keinginan konsumen yang ada.
q  Polisi
Kepolisian Republik Indonesia yang dikepalai Kapolri merupakan lembaga kepolisian yang individu dan dahlunya bergabung dalan TNI. Secara garis besar dapat disimpulkan bahwa keberadaanya dikarenakan keputusan dari pemerintah. Sehingga dapat dipastikan semuanya berdasarkan keputusan politisasi pemerintah.
q  Efisiensi penggunaan energi
Dalam hal ini energi yang dimaksudkan kurang jelas sehingga saya mengasumsikan bahwa energi yang dimaksud adalah energi dari SDA yang jumlahnya SCARE atau terbatas. Menurut UUD 1945 pasal 33 disebutkan bahwa segala kekayaan alm yang ada digunakan sebesar besarnya demi kemakmuran rakyat dan pemiliknya adalah negara. Sehingga segala sesuatunya berikut pembatasan serta efisiensinya diserahkan sepenuhnya pada negara. Sedangkan masyarakat bertugas untuk memanfaaatkan energi yang diberikan semaksimal mungin dengan memperhatikan efisiensi dan hasil guna. Pada intinya efisiensi merupakan keputusan masyarakat yang diregulasi oleh negara yaitu pemerintah.
q  Pemenuhan pelayanan kesehatan
Demi menjamin kesehatan rakyatnya pemerintah Indonesia membuat beberapa keputusan. Diantaranya dengan membuat rumah sakit, klinik dan Puskesmas negeri yang dimaksudkan untuk mempermudah masyarakat mengakses pelayanan kesehatan dengan mudah dan murah. Sedangkan mengenai pelayanan terbaik dan atau lebih diserahkan pada pihak swasta. Dimana masyarakat bebas memilih yang terbaik baginya dan berikut biayanya.
q  Iklan televisi
Menurut pengamatan saya dapat disimpulkan bahwa periklanan Indonesia lebih condong pada kedaulatan konsumen. Disebut demikian karena badan sensornya berasal dari LSM aturan mengenai pembatasannya hanya terbatas pada hak dan kewajiban produsen secara global. Dengan begitu biro periklanan hanya dituntut untuk mematuhi kewajiban administrasi yang itupun dapat dengan mudah diakses.


  1. Text Box: Mode penjatahan Keunggulan  Kerugian 
Lelang  Benda yang dijatahkan memiliki nilai tinggi yang akhirnya menguntungkan pemilik Sistim lelang adalah memberkan pada penawar tertinggi. Itu artinya hanya orang orang (konsumen) tertentu yang bisa mendapatkannya.
Kupon Ransum Penerima jatah ransum akan mengalami pemerataan pendapatan. Sehingga tiak ada ketimpangan antara pihak satu dengan pihak lainnya. Di Indonesia, penerima ransum hanya pegawai pemerintah atau pekerja yang digaji oleh pemerintah. Sehingga pada penduduk lain harus mencari barang yang dijatah tersebut sendiri. Bagi masyarakat tertentu hal ini membuat ketimpangan antara pekerja pemerintahan dan yang tidak.
Sistem siapa datang awal yang dilayani duluan Dengan adanya sistenini masyarakat secara tidak angsung akan terpacu untuk tertib dan disiplin dalam hal waktu. Apalagi barang yang dicari adalah keperluan yang cukup pokok. System ini dapat membuat masyarakat yang kurang kuasa unuk datang awal tetapi membutuhkan tidak bisa mendapatkan yang dibutuhkan. Sehingga barang yang dibutuhkan lebih sering di dapatkan oleh pihak tertentu yng lebih kuasa.

 



































  1. Pemerintahan yang ada selama menjalankan kewajibannya pasti melakukan banyak hal dan mengalami banyak hal yang berhubungan dengan kebijakan kebijakan yang pernah dilakukannya. Baik yang akhirnya membawa kebaikan dan kesuksesan maupun yang biasa saja serta yang buruk dan membawa mala petaka. Hal itu tak bisa dipungkiri karena pemerintah sendiri adalah manusia dan mau tidak mau pasti pernah melakukan kesalahan. Selain itu kondisi yang terus berubah dan berkembang tidak seiring dengan kemampuan pemerintah untuk mengendalikan atau setidaknya mengikuti kondisi saat itu.
Tetapi pemerintah dapat saja menjadi superhero yang  menyelesaikan masalah yang lebih rumit daripada masalah pasar pada umumnya. Karena orang yang duduk dipemerintahan bukan orang sembarangan dan juga memiliki hal lebih daripada masyarakat pada umumnya. Selain itu dukungan dari berbagai pihak dapat membawa semangat yang berbeda dan memberi hasil yang berbeda terhadap pemecahan masalah oleh pemerintah.
Sebagai contoh kesalahan pemerintah Indonesia pada masa PKI. Pada masa tersebut kesalahan pemerintah yang menyalahi falsafah negara membuat rakyat menjadi korban. Tentu saja jika dibandingkan dengan krisis ekonomi yang berkepanjangan masyarakat cenderung lebih memilih hidup demikian. Karena pada saat itu nyawa manusia seakan akan menjadi suatu hal yang dengan mudahnya dihilangkan.


  1. Intervensi pemerintah (kebijakan pemerintah) :
q  Kebijakan untuk membatasi polusi udara
Melakukan pencemaran udara yang merusak ekosistem dan lingkungan tempat tinggal masyarakat lainnya.
2.      Intervensi pemerintah untuk menanggulangi masalah
Menjatuhkan hukuma pidana dan perdata bagi pihak yang dinyatakan bersalah atas pencemaran yang dilakukan. Selain itu juga merehabilitasi lokasi yang tercemar tadi.
3.      Kesalahan pemerintah timbul akibat intervensi tersebut
Karena pemerintah Indonesia masih belum memiliki kesadaran akan buruknya KKN dalam tubuh sebuah perusahaan maka praktik pemalsuan data mengenai perusahaan apa saja yang melakukan penccemaran masih meraja lela. Dan selanjutnya bisa dilihat bahwa

q  Bantuan pendapatan bagi rakyat miskin
1.      Kegagalan/kesalahan pasar
Masih banyak rakyat miskin yang beum mendapatkan haknya karena semakin banyak orang yang merasa miskin padahal menurut ilmu ekonomi belum dikatakan miskin.
2.      Intervensi pemerintah untuk menanggulangi masalah
Salah satunya dengan mengadakan JPS, BLT dan lain lain. Kemudian juga kegiatan social seperti pengobatan masal, sunatan masal dan lain lain.
3.      Kesalahan pemerintah timbul akibat intervensi tersebut
Tak jarang masyarakat menengah yang telah mengerti cara mendapatkan fasilitas tersebut memalsukan keadaan diri untuk mndapatkan bantuan tersebut. Akibatnya sasaran yang seharusnya diutamakan justru terbaikan.

q  Regulasi harga bagi monopoli telepon
1.      Kegagalan/kesalahan pasar
Di Indonesia teleponrumah dimonopoli oleh Telkom. Tetapi hal yersebut tidak dibarengi upaya pemerintah untuk meregulasi harga penggunaan telepon. Sehingga harga yang dibayarkan cenderung sesuai keinginan telkom dan tidakmengindahkan kemuan konsumen serta pendapatan konsumen.
2.      Intervensi pemerintah untuk menanggulangi masalah
Dengan adanya kasus demikian pemerintah berusaha melakukan regulasi harga engan membrikan masukan dan peraturan tertentu melalui panduan mengenai konsumen. Dan pihak yang diregulasipun dikurangimonopolinya menjadi regulator bagi pihak lain(pihak pesaing).
3.      Kesalahan pemerintah timbul akibat intervensi tersebut
Sikap pemerinth yang tidak tegas dalam melakukan regulasi harga atas monopoli telepon hanya merupakan gertak ambel yang justru merugika konsumen karena konsumen tidak bias menyatakan keberatannya tetapi juga tidak mendapatkan kepastian mengenai harga yang sesuai.




  1. Di bawah ini merupakan diagram sirkulasi aliran daripada dolar pada perekonomian.
 


                                                              Money  Market
                          The fed                                                                         $                                      

          demand   $                                                                                                 supply


                                                      What?
                                                      How?
                                                      For whom?


                                                Factor market

      supply             labor                                                                      labor               demand
       capital goods                                                                    capital goods

Berdasarkan pengamatan dan pemahaman saya dan referensi buku dapat dikatakan bahwa peranan dolar dan perekonomian serta jabatan dolar dalam perekonomian adalah sangat penting. Dibuktikan dari yang pertama, dolar menurut sisi pandang Indonesia adalah merupakan mata uang asing yang dapat dikatakan merupakan devisa atau alat pembayaran luar negeri. Devisa sendiri .membayar hutang luar negeri dan jika dikurskan ke mata uang lokal akan dapat dipakai untuk membayar gaji para pegawai dan disalurkan pada masyarakat yang miskin atau tidak mampu. Uang tersebut sampai dimasyarakat tentunya akan dimanfaatkan sepenuhnya oleh masyarkat tersebut. Baik dipergunakan untuk investasi maupun untuk mendapatkan barang dan jasa. Selain itu uang tersebut dipakai oleh pemilik untuk melakukan produksi , entah berupa pembelian faktor – faktor produksi (ekspor dan impor) maupun penanaman investasi di negara lain. Dari segala yang dilakukan pemilik uang tadi maka didapatkan pendapatan dan devisa (ekspor dan impor) sebagian dipakai untuk tabungan atau investasi, membayar pajak dan dipakai lagi untuk melakukan faktor produksi. Meneurut diagram yang telah disebutkan pada intinya peran uang adalah sebagai perantara, karena tanpa adanya uang dalam arus melingkar dolar maka akan terhambat dan juga bisa mengakibatkan putus nya arus perekonomiian. Selain itu uang juga merupakan pelancar arus yang baesarkecilnya penggunaaan dimaksudkan untuk tetap berjalannya semua kegiatan perekonomian.

  1. Spesialisasi dan pembagian kerja. Pada suatu perusahaan biasanya dilakukan pembagian kerja dan spesialisasi. Pembagian kerja(membagi pekerjaan menjadi bagian bagian tertentu) dimaksudkan agar para pekerja dapat mengerjakan pekerjaan dengan baik dan tidak perlu berubah ubah lokasi maupun cara kerja. Sehingga hasil yang didapat lebih bersih dan tepat. Sebagai contoh pada suatu perusahaan besar biasanya memiliki divisi divisi tertentu. Diantaranya divisi keuangan , divisi pemasaran, divisi kepegawaian dan lain sebagainya.
Sedangkan spesialisasi merupakan suatu istilah dimana tenaga kerja dituntut untuk mengerti dan melakukan hanya pad pekerjaan tertentu saja sesuai dengan kemampuan maksimum suatu perusahaan. Semisal suatu perusahaan yang bergerak di bidang jasa pelayanan. Pada mulanya perusahaan tersebut menerima order dan memenuhi order dari hampir segala jasa pelayanan. Akantetapi saat didilihat lebih jauh ternyat order dan pemenuhan order trbanyak berasal dari divisi pelayanan pengantaran barang. Dengan demikian perusahaan tersebut akhirnya melakukan peombakan menjadi perusahaan jasa pengantaran barang saja.
Contoh spesialisasi :
q  Indonesia melakukan spesialisasi produksi batik tenun
q  Sidoarjo melakukan spesialisasi produksi handicraft dan barang barang dari kulit
q  PT. Glassindo Suryajaya melakukan spesialisasi produksi gelas minum saja.

Contoh pembagian kerja :
q  Pemkot Surabaya membagi karyawannya kedalam divisi pemerintahan dan kemasyarakatan
q  Perusahaan kosmetik Oriflame membagi karyawannya dalam bagian produksi dan pemasaran serta promosi
q  Bagian keuangan koperasi Linda Jaya dibagi menjadi keuangan simpan pinjam dan keuangan toko
Menurut pemikiran saya dan teman teman terdapat kesimpulan mengenai area yang kami pahami mengenai spesialisasi dan pembagian kerja. Spesialisasi terjdi secara meyeluruh dan konsepnya lebih mengarah pada hasil utama pada suatu perusahaan. Sedangkan pembagian kerja cenderung pada individu intern perusahaan atau organisasi.

Kerugian atau resiko yang timbul daripada spesialisasi yang berlebihan menurut saya adalah perusahaan tersebut tidak bias bekembang apabila bisnis yang dijalani sedang lesu bahkan terpuruk. Walaupun saat masa jaya bias berkembang pesat tetpi saat terpuruk tidak ada yang membantu ketimpangan yang terjadi. Sehingga spesialisasi yang ada harusnya dibarengi dengan peningkatan mutu pada sektor lain.

  1. Menurut saya apa yang dilakukan oleh Lincoln bukanlah suatu hal yang baik atau benar tetapi bukan merupakan hal yang salah. Jika ditilik dari segi kemanusiaan kita tahu bahwa budak adalah orang orang dari golongan rendah ataupun orang orang terbuang yang dapat diperjualbelikan serta dapat diperlakukan sesuai keinginan pemilik bahkan dibunuh dan dianiaya. Tentu dengan dibebaskannya para budak manusia tersebut akan mendapatkan kebebasannya sekaligus mendapatkan hak haknya.tentu saja hal itu merupakan hal yang baik.
Akan tetapi jika dilihat dari segi perekonomian kita tentunya mengerti bahwa tenaga kerja adalah faktor penting bahkan krusial dalam suatu perekonomian. Dengan hilangnya sejumlah besar tenaga kerja dapat dibayangkan apa yng akan terjadi pada perekonomian. Tentu saja perekonomian akan berhenti dan masyarakat akan terkena getahnya. Selain itu pemilik modal akan kehilangan sebagian besar modalnya jika ngotot mempertahankan bisnisnya. Sebagai pengganti budak budak yang tidak perlu dibayar itu, pemilik terpaksa mencari tenaga kerja lain yang mau dipekerjakan. Dan akhirnya biaya perekrutan dan gaji mengacaukan keuangan dan menghabiskan modal yang dimiliki oleh pemilik perusahaan atau bisnis tersebut.

  1. Berdasarkan tabel yang ada dapat dilihat bahwa pemerintah menetapkan bujet terbesar dalam anggarannya untuk pengobatan dan pembiayaan pemeliharaan kesehatan. Sebabnya tentu sudah kita ketahui. Kesehatan adalah aset terpenting daripada kehidupn. Sekaya dan sebaik apapun perekonomian yang dimiliki oleh suatu negara tidak ada gunanya jika masyarakat didalamnya sakit. Bahkan mungkin perokonomian akan hancur dengan cepat dan tiba tiba jika para pelaku ekonomi sakit mendadak.
Peringkat selanjutnya ditempati oleh pertahanan dan keamanan social nasional. Setiap investor ingin agar investasinya tidak sia sia dan mendapatkan keuntungan dari apa yang ditanam. Oleh karena itu setiap investor akan berpikir panjang dengan melihat keadaan keamanaan tempat ia berinvestasi. Dengan demikian jika perekonomian suatu negara ingin maju maka yang harus dilakukan oleh pemerintah suatu negara adalah memastikan bahwa keamanan negaranya tidak perlu diragukan lagi.
Keamanan pendapatan dan bunga hutang publik. Setiap kreditor menuntut kepastian dan kesanggupan dari peminjam  unuk membayar hutang hutangnya. Jika keadaan pemasukan suatu negara memungkinkan untuk membayar hutang yang terbeban kepadanya beserta bunganya kreditor tidak akan segan segan memberikan kucuran dana segar pada negara tersebut. Selain itu tingkat suku bunga yang ada juga diperhitungkan oleh kreditor dalam memberikan dana.
Lingkungan dan sumberdaya alam yang dimiliki suau negara juga diperhitungkn oleh pemerintah. Terutama bagi negara yang kaya akan bahan mentah seperti Indonesia ini. Sebagai factor produksi yang memgang peranan penting dalam bisnis sudah semestinya pemerintah mengalokasikan APBN untuk pemeliharaan SDA dan lingkungan.
Last but not least adalah isu keadaan internasional. Kita sendiri pastinya tahu bahwa terorisme dan perang saudara menjadi isu yang cukup laris diperbincangkan akhir akhir ini. Keadaan tersebut ternyata membawa pengaruh terhadap perekonomian. Dengan adanya isu isu tertentu membawa efek psikologis tertentu pada mayarakat. Sehingga pemerintah merasa perlu melakukan modifikasi keadaan yang dapat mengurangi efek negatif dari isu internasional tersebut.

  1. ‘Tidak ada pajak tanpa kenyataan hasil’ lebih merujuk pada kepentingan publik daripada pribadi atau individu. Walaupun pembayar pajak adalah indvidu.
Pajak yang dibayar oleh tiap individu merupakan perwujudan daripada kesadaran akan fungsi pajak itu sendiri. Pajak berfungsi membiayai pengeluaran negara. Tanpa adanya pajak mustahil suatu negara itu ada. Tetapi pada kenyataannya pajak yang dibayarkan tidak banyak dirasakan hasilnya. Hanya terbatas pada hal hal yang berkaitan dengan kepentingan umum. Hal ini dikarenakan tujuan dari pemerintah adalah mensejahterakan  rakyat khalayak ramai bukan individu perseorangan. Sehingga kepentingan kepentingan individu terpaksa harus tersisihkan.

a)      Pajak dirasa terlalu berlebihan untuk membayar perlindungan atau dapat diasumsikan asuransi. Hal ini sah sah saja karena dari harga yang dibayar dengan hasil yang diperoleh tidak sebanding. Semisal kita membayar pajak jalan. Tetapi 60% dari harga yang dibayar dinyatakan sebagai biay asuransi keselamatan di jalan. Akan tetapi jika kita tidak mengalami apapun uang tidak kembali. Sedangkan jika mengalami kecelakaan hanya kemdapat sedikit bantuan denagn alas an seseuai dengan perjanjian. Padahal yang melakukan perjanjian bukanlah sang pembayar sendiri.
b)      Bea yang dibayar dirasa terlalu berlebihan untuk membayar masuk jembatan. Dikatakan demikian karena jembatan yang dibangun berasal dari pajak yang telah dibayar masyarakat. Seharusnya pemeliharaannya tidak dengan menarik bea masuk seperti demikian. Tetapi dianggarkan dari pajak yang masuk ke negara atau daerah. Karena jika bisa membangun jembatan denngan pajak yang diterima sudah sewajarnya memiliki kemampuan untuk pemeliharaannya. Disamping itu harga yang dibayarkan tidak sebanding dengan kondisi jembatan yang dipakai.

c)      Harga tiket penerbangan dari New York ke Miami dirasa terlalu mahal karena menurut pandangan pelanggan jarak antara kedua tempat tersebut tidak terlampau jauh dan mobilitas masyarakat kedua lokasi juga cukup tinggi. Dengan demikian harusnya biaya yang dikeluarkan untuk mendapatkan tiket penerbangan tidak seharusnya semahal itu. Apalagi penerbangan ke daerah yang lain juga sudah sesuai standar.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blog Archive

Blogroll

Ini adalah aneka tugas kuliah yang saya kerjakan dan saya dapatkan saat kuliah Manajemen tahun 2006 hingga lulus. Hampir sepuluh tahun yang lalu. Koreksilah dahulu, cocokkan dulu dengan bahasannya dan jangan asal kopi-paste, karena bisa saja edisi bukunya berbeda sehingga soal-soalnya berbeda dan akhirnya jawabannya juga berbeda. Adanya gini, jangan minta lebih. Kalau mau perfect ya kerjakan sendiri. Tugas-tugas saya ini hanya sebagai penunjang yang fungsinya supporting, bukan sebagai tulang punggungnya. Gunakan dengan bijak, semoga bermanfaat.

About