Pages

Minggu, 05 November 2006

Resume Pengantar Bisnis Jeff Madura Bab 3 Etika Bisnis dan Tanggung Jawab Sosial

Bab 3 Etika Bisnis dan Tanggung Jawab Sosial

Etika bisnis adalah Rangkaian dasar etika yang harus diikuti bila menjalankan bisnis.
Tanggung Jawab Sosial adalah suatu pengakuan dari perusahaan bahwa keputusan bisnis dapat mempengaruhi masyarakat.

Akibat Keputusan – Keputusan Yang Tidak Etis :
  1. Seorang Karyawan dari dealer mobil ingin menjual sebuah mobil dengan harga stiker kepada semua pelanggan yang tidak sadar bahwa biasanya harga penjualan adalah paling tidak $ 2000 di bawah harga stiker. Karyawan dibayar atas dasar komisi dan akan menerima penghasilan lebih jika pelanggan membayar dengan harga yang lebih tinggi.
Kesimpulan : Keuntungan untuk karyawan penjualan, sebaliknya pelanggan menderita.
  1. Seorang karyawan perusahaan komputer yang dibayar berdasarkan komisi cenderung menjual komputer jauh lebih mahal kepada pelanggan daripada yang diperlukan.
Kesimpulan : Keuntungan untuk karyawan penjualan, sebaliknya pelanggan menderita.
  1. Seorang manajer mepekerjakan seorang teman, walaupun teman tersebut bukan teman yang baik.
Kesimpulan : Keuntungan bagi manajer, akibat sebaliknya untuk pelamar lain yang lebih pantas untuk menduduki posisi tersebut. Selain itu, apabila teman manajer tersebut kinerjanya kurang baik, maka perusahaan pun akhirnya dapat merugi.

Tanggung Jawab Kepada Pelanggan
  1. Tanggung Jawab Produksi
Produk harus diproduksi dengan keyakinan mejaga keselamatan pelanggan. Label peringatan yang seharusnya ditempelkan pada produk untuk melindungi terhadap adanya kecelakaan yang timbul akibat salah penggunaan.
  1. Praktik Tanggung Jawab Penjualan
Perusahaan perlu petunjuk yang membuat karyawan yang tidak berani menggunakan strategi penjualan yang terlalu agresif atau advertensi yang menyesatkan
  1. Cara Perusahaan Menjamin Tanggung Jawab Sosial Kepada Pelanggan
Perusahaan dapat menjamin tanggung jawab sosial kepada pelanggannya dengan beberapa tahapan berikut ini :
*      Ciptakan Kode Etik
*      Pantaulah Semua Keluhan
*      Umpan Balik Pelanggan

Cara Pemerintah Menjamin Tanggung Jawab terhadap Pelanggan
  1. Peraturan Pemerintah Tentang Keamanan Produk
Pemerintah melindungi konsumen dengan memberikan peraturan atas beberapa produk perusahaan. Perusahaan tersebut wajib mengetes produk makanan untuk menentukan apakah mereka memenuhi syarat tertentu yang telah ditetapkan pemerintah.
  1. Peraturan Pemerintah Tentang Periklanan
Pemerintah menciptakan hukum yang melarang iklan yang menyesatkan.
  1. Peraturan Pemerintah Mengenai Kompetisis Industri
Dengan mempromosikan persaingan dalam hampir seluruh industri. Persaingan antar-perusahaan menguntungkan pelanggan, karena perusahaan yang memberikan harga terlalu berlebihan atau memproduksi barang yang kualitasnya tidak dapat diterima tidak akan bertahan dalam lingkungan persaingan.


Tanggung Jawab Terhadap Karyawan
  1. Rasa Aman Para Karyawan
Perusahaan harus dapat meyakinkan bahwa temapt kerja aman untuk para karyawan dengan cara selalu memantau seksama proses produksi. Perusahaan juga harus menciptakan suatu lingkungan kerja yabg aman akan melindungi adanya kecelakaan dan memperbaiki moral para karyawannya.
  1. Perlakuan Layak oleh Karyawan Lain
Perusahaan meyakinkan para karyawan diperlakukan layak oleh karyawan lain.
*      Diversitas : Tidak membedakan keanekaragaman etnis, budaya, kulit maupun jenis kelamin.
*      Perlindungan terhadap Pelecehan Seksual : Perlindungan dan pelarangan komentar yang tidak diinginkan atau tindakan yang secara alami berbau seksual.
  1. Kesempatan Yang Sama dan Adil
Karyawan yang melamar untuk suatu posisi pada perusahaan tidak seharusnya ditolak karena diskriminasi negara sal,res, agama, budaya ataupun jenis kelamin.
Banyak perusahaan dan lembaga pemerintah melaksanakan program tindakan afirmatif. Program ini dapat menciptakan kuota yang akan memberikan posisi tertentu untuk minoritas dan wanita.
  1. Cara Perusahaan Meyakinkan Tanggung Jawab kepada Para Karyawan
Perusahaan menciptakn prosedur pelayanan keluhan untuk karyawan yang merasa bahwa mereka kurang nyaman di tempat kerjanya.
  1. Konflik Dengan Pemberhentian Karyawan
Apabila perusahaan akan memberhentikan karyawan, hendaknya menolong karyawan tersebut untuk mendapatkan pekerjaan baru.

Tanggung Jawab Kepada Pemegang Saham
            Perusahaan bertanggung jawab untuk memuaskan pemilik saham mereka ;
  1. Cara Perusahaan Meyakinkan Tanggung Jawab
Manajer perusahaan memonitor keputusan perusahaan untuk meyakinkan bahwa mereka membuat keputusan itu untuk kepentingan pemiliknya.
  1. Cara Pemegang Saham Meyakinkan Tanggung Jawab
Jika investor institusional percaya bahwa perusahaan dikelola dengan buruk, mereka akan mencoba menemui para eksekutif perusahaan untuk mengutarakan ketidakpuasannya.
  1. Konflik dengan Kompensasi Eksekutif Yang Berlebihan
Manajer harus memastikan bahwa dana yang ditanamkan oleh para pemegang saham dipergunakan secara baik.

Tanggung Jawab Kepada Para Kreditor
            Perusahaan bertanggung jawab memenuhi obligasi keuangan mereka pada para kreditor. Suatu prusahaan mempunyai insentif kuat untuk memuaskan tanggung jawabnya kepada kreditor.

Tanggung Jawab Kepada Lingkungan
            Proses produksi yang dilakukan juga dapat merusak lingkungan. Maka dari itu perusahaan wajib mencegah pencemaran lebih lanjut dengan berbagai cara.



0 komentar:

Posting Komentar

 

Blog Archive

Blogroll

Ini adalah aneka tugas kuliah yang saya kerjakan dan saya dapatkan saat kuliah Manajemen tahun 2006 hingga lulus. Hampir sepuluh tahun yang lalu. Koreksilah dahulu, cocokkan dulu dengan bahasannya dan jangan asal kopi-paste, karena bisa saja edisi bukunya berbeda sehingga soal-soalnya berbeda dan akhirnya jawabannya juga berbeda. Adanya gini, jangan minta lebih. Kalau mau perfect ya kerjakan sendiri. Tugas-tugas saya ini hanya sebagai penunjang yang fungsinya supporting, bukan sebagai tulang punggungnya. Gunakan dengan bijak, semoga bermanfaat.

About