Pages

Kamis, 09 November 2006

Resume Pengantar Bisnis Jeff Madura Bab 6 Lingkungan Industri

Bab 6 Lingkungan Industri

Karakteristik Industri yang Mempengaruhi hasil Bisnis :
1   Permintaan Industri
Permintaan Industri merupakan keseluruhan permintaan dari proses industri. Misalnya permintaan industri terhadap pakaian bayi sangat tergantung pada jumlah anak-anak yang dilahirkan.
Permintaan industri dapat dipengaruhi oleh tingkat pendapatan atau preferensi konsumen. Seperti halnya meningkatnya permintaan industri menguntungkan bagi perusahaan dalam industri dan menurunnya permintaan berakibat merugikan.
1   Persaingan Industri
Setiap industri terdiri dari berbagai perusahaan yang bersaing satu sama lain untuk para konsumen yang menginginkan produknya. Penjualan perusahaan lebih tinggi jika menghadapi persaingan sedikit.
Pangsa Pasar atau Market Share adalah penjualan perusahaan dibandingkan pasar keseluruhan.
Perusahaan dapat memasang harga tinggi, tanpa kehilangan konsumen. Keseluruhan penghasilan tergantung pada jumlah terjual yang terjual harga per unit.
                        Penghasilan = Jumlah Unit Terjual            x      Harga
                               TR        =                Q                              x         P
1   Lingkungan Tenaga Kerja
Biaya tenaga kerja jauh lebih tinggi dalam industri tertentu (seperti pelayanan kesehatan) yang memerlukan spesialisasi. Beberapa industri manufaktur, memiliki serikat tenaga kerja dan biaya tenaga kerja dalam industri ini relatif tinggi.
Serikat Kerja Karyawan adalah sebuah perkumpulan karyawan yang ingin mencapai tujuan tertentu demi kepentingan dan kelangsungan perusahaan.

1   Lingkungan Peraturan
Pemerintah menegakkan peraturan lingkungan, dapat melarang perusahaan beroperasi di suatu lokasi atau berkecimpung dalam bisnis tertentu. Mematuhi peraturan yang ada sangatlah mahal.

Bersaing Dalam Suatu Industri
Dengan adanya pengaruh persaingan Industri terhadap hasil perusahaan, perusahaan hendaknya melakukan tugas berikut :
       Mengenali Pesaing
Hendaknya setiap perusahaan dapat mengenali pesaingnya. Segmen merupakan bagian dari pasar yang mencerminkan jenis bisnis atau kualitas.
˜  Membagi Segmen Berdasarkan Jenis Bisnis
Misalnya : Industri mebel memiliki segmen seperti mebel luar ruangan, mebel kamar tidur, dan mebel kantor. Derajat persaingan dalam setiap segmen dapat beragam. Mungkin saja terjadipersaingan ketat pada mebel kamar tidur, tetapi pada mebel luar ruangan persaingan sedikit.
˜  Membagi Segmen Berdasarkan Jenis Kualitas
Menilai perbedaan kualitas segemen yang ada. Mislanya seperti BMW 325 dan Corvette dipandang memiliki kualitas tinggi
˜  Mengantisipasi Perubahan dalam Persaingan
Pesaing-pesaing dalam suatu segmen industri berubah dari waktu ke waktu. Perusahaan baru bermunculan, lainnya yang tidak berhasil keluar dari pasar. Banyak perusahaan bersaing dalam pasar yang sama mencoba berekspansi.
       Mengembangkan Keunggulan Kompetitif
Karakteristik berikut dapat menciptakan keunggulan kompetitif bagi sebuah perusahaan :
˜  Harga Produksi Rendah
Bila kualitas serupa dengan harga produksi rendah maka perusahaan dapat memasang harga produknya lebih rendah dan dapat bersaing dengan para pesaingnya.
˜  Kualitas Lebih Baik
Bila produk dengan kualitas baik tanpa mengenakan biaya berlebihan dengan harga yang sama, maka perusahaan tersebut memiliki keunggulan kompetitif dibandingkan pesaing lain
˜  Diferensiasi Produk
Perusahaan dengan cara mengenali khusus pelanggannya agar dapat membedakan produknya atau jasanya untuk memuaskan kebutuhan konsumen.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blog Archive

Blogroll

Ini adalah aneka tugas kuliah yang saya kerjakan dan saya dapatkan saat kuliah Manajemen tahun 2006 hingga lulus. Hampir sepuluh tahun yang lalu. Koreksilah dahulu, cocokkan dulu dengan bahasannya dan jangan asal kopi-paste, karena bisa saja edisi bukunya berbeda sehingga soal-soalnya berbeda dan akhirnya jawabannya juga berbeda. Adanya gini, jangan minta lebih. Kalau mau perfect ya kerjakan sendiri. Tugas-tugas saya ini hanya sebagai penunjang yang fungsinya supporting, bukan sebagai tulang punggungnya. Gunakan dengan bijak, semoga bermanfaat.

About