Pages

Selasa, 06 Maret 2007

Tugas Pengantar Manajemen : Lingkungan dan Budaya Perusahaan Mc Donald’s


LINGKUNGAN PERUSAHAAN
Dari pengamatan yang kami lakukan di salah satu franchise terkenal yaitu Mc Donald’s, banyak hal yang kami dapatkan mengenai seperti apa dan bagaimana lingkungan kerja di perusahaan mereka.
Mc Donald’s menciptakan kondisi lingkungan kerja yang nyaman bukan hanya bagi customer melainkan juga bagi para karyawannya. Struktur Organisasi  yang disusun sedemikian rupa sehingga masing-masing divisi pekerjaan dapat terpantau dan terarah.
Lingkungan eksternal dari franchise ini meliputi:
a.       Pesaing
Pesaing dari franchise ini sangat banyak seperti KFC, Texas Chicken, A&W Restaurant, Dundee Restaurant dll. Namun Mc Donald’s bisa mengatasi persaingan tersebut dan tetap mendapat tempat dihati pelanggannya.
b.      Sumberdaya
McDonalds mensuplai sumberdaya yang telah ditetapkan secara mandiri oleh masing-masing restaurant, mulai dari bahan baku, tenaga kerja hingga peralatan, mereka memiliki tempat-tempat supplaier sendiri namun tidak terlepas bahwa terdapat standarisasi mutu produk yang sama.
c.       Teknologi
Perusahaan franchise ini telah menggunakan teknologi-teknologi canggih dalam hal pemrosesan makanan untuk mengikuti perkembangan jaman.
d.      Kondisi Ekonomi
Saat kondisi ekonomi Indonesia terpuruk pada tahun 1998 Mc Donald’s tidak mendapat pengaruh yang cukup signifikan. Artinya, animo masyarakat masih besar kepada perusahaan makanan siap saji ini. Sehingga kondisi ekonomi apapun yang terjadi di Indonesia tidak mempengaruhi produktivitas perusahaan.
Lingkungan umum dari franchise ini meliputi :
a.       Faktor Sosial
Tidak ada kelas sosial pada pelanggan franchise ini. Maksudnya semua masyarakat dari berbagai kalangan menjadi pelanggan Mc Donald’s. Mulai dari masyarakat biasa hingga kalangan atas sekalipun.
b.      Demografis
Lokasi franchise ini selalu berada di tempat-tempat strategis. Seperti tempat-tempat keramaian (Plaza) atau tempat-tempat tertentu dimana mudah dijangkau dan biasanya berada di pusat kota.


BUDAYA PERUSAHAAN

Di perusahaan ini, hubungan antara seorang manajer dengan karyawannya sangat dekat, mengapa demikian?? Hal ini dapat kita amati dari keseharian mereka, dimana mereka bekerja dengan pekerjaan yang hampir sebagian besar sama namun dengan porsi yang berbeda. Setiap karyawan harus bisa menguasai semua pekerjaan mulai dari melayani pembeli hingga membersihkan meja yang telah dipakai oleh pelanggan. Dari salah satu franchise Mc Donald’s, terlihat seorang manajer juga melayani costumer serta membersihkan meja.
Para pegawai di franchise ini mempunyai warna seragam yang berbeda sesuai dengan jenis pekerjaannya :
1.      Untuk para manajer yang terdiri dari 3 manajer yaitu Store Manager, Manager In Charge dan Service Manager, seragamnya berwarna putih gading, celana hitam dan dasi pita warna merah.
2.      Untuk pegawai yang melayani pesanan pembeli, pegawai bagian dapur serta bertugas membersihkan meja dan area, seragamya berwarna hitam, celana hitam dan topi warna hitam.
3.      Untuk pegawai delivery service, seragamnya berwarna merah, celana hitam dan topi warna hitam.
4.      Untuk tukang parkir, seragamnya berwarna biru, celana biru dan topi warna hitam.
5.      Untuk security, seragamnya berwarna hitam dengan celana hitam.

Para pegawai di Mc Donald’s menerapkan keramahan dan kecepatan dalam melayani para pembeli. Setiap pembeli yang datang selalu mereka sambut dengan senyuman dan keramahan dalam melayani pesanan makanan. Berbagai inovasi mereka hadirkan untuk meningkatkan pelayanan dan kualitas kinerja yang baik.
Franchise ini menyediakan fasilitas tambahan kepada para pengunjung. Ada alunan music yang terdengar sayup-sayup membahana di ruangan. Kemudian manajer juga menyediakan televisi yang digunakan untuk memutar film-film. Seperti di salah satu franchise yang kami amati, pada lantai dua bangunan terdapat arena bermain untuk anak-anak serta tempat khusus bagi pelanggan yang ingin merayakan ulang tahunnya.
McDonald’s ini telah mendapatkan sertifikasi halal dari Badan POM (Penilai obat dan Makanan), untuk meningkatkan kinerja karyawan-karyawannya manajer McDonald’s mengadakan “Employee Of  The Month”  untuk memberikan motivasi-motivasi agar kinerjanya lebih baik.
Franchise ini mengadakan berbagai macam event untuk menarik konsumennya terutama menarik perhatian anak kecil. Selain itu, Mc Donald’s juga memberikan berbagai macam hadiah (biasanya berupa mainan atau perlengkapan sekolah) untuk setiap pembelian produk-produk tertentu.
Dalam hal pemesanan makanan, konsumen langsung datang sendiri dan langsung membayar di kasir serta membawa sendiri makanan yang telah dipesan ke tempat yang mereka inginkan. Tetapi apabila ada makanan yang dipesan belum matang, maka setelah makanan tersebut matang, makanan akan diantar ke meja konsumen yang memesan. Selain itu Mc Donald’s juga menyediakan fasilitas bagi konsumen yang tidak ingin makan di restaurant Mc Donald’s. Fasilitas ini dinamakan Drive-Thru, yaitu konsumen bisa langsung memesan makanan dari dalam mobil ke tempat yang telah disediakan dan langsung membawanya pulang.
Apabila Mc Donald’s mengeluarkan produk-produk baru, perusahaan selalu mempromosikannya melalui iklan, papan reklame/spanduk yang biasanya diletakkan di pintu masuk restaurant. Di dalam restaurant juga terdapat gambar-gambar produk terbaru mereka yang ditempel di dinding/digantung di atap.

Mc Donald’s selalu menjaga kebersihan lingkungannya. Banyak terdapat tempat sampah di area parkir.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blog Archive

Blogroll

Ini adalah aneka tugas kuliah yang saya kerjakan dan saya dapatkan saat kuliah Manajemen tahun 2006 hingga lulus. Hampir sepuluh tahun yang lalu. Koreksilah dahulu, cocokkan dulu dengan bahasannya dan jangan asal kopi-paste, karena bisa saja edisi bukunya berbeda sehingga soal-soalnya berbeda dan akhirnya jawabannya juga berbeda. Adanya gini, jangan minta lebih. Kalau mau perfect ya kerjakan sendiri. Tugas-tugas saya ini hanya sebagai penunjang yang fungsinya supporting, bukan sebagai tulang punggungnya. Gunakan dengan bijak, semoga bermanfaat.

About