Pages

Jumat, 09 Maret 2007

Pengantar Manajemen : MOTIVASI KARYAWAN PADA MATAHARI DEPARTMENT STORE CABANG ROYAL PLAZA Surabaya


Motivasi yang diberikan oleh Manajer Matahari Department Store kepada para karyawannya meliputi beberapa hal. Pemberian motivasi ini diberikan dengan tujuan meningkatkan kinerja atau produktivitas karyawannya. Beberapa motivasi yang diberikan adalah sebagai berikut:

§  Pemberian insentif atau bonus. Apabila karyawan bekerja dengan baik, maka mereka akan mendapatkan bonus untuk kesejahteraan. Besarnya insentif atau bonus disesuaikan dengan besarnya kontribusi yang diberikan karyawan pada perusahaan. Semakin besar kontribusi yang diberikan atau semakin tinggi kinerja para  karyawan maka semakin besar pula kompensensasi yang diterima oleh karyawan berupa insentif atau bonus. Pemberian insentif ini sesuai dengan dasar motivasi yang berupa Pendekatan Tradisional. Pendekatan ini mengarah pada pengembangan sistem pembayaran insentif, dimana orang benar-benar dibayar atas kuantitas dan kualitas hasil kerjanya.

§  Memberikan kesempatan pada karyawan untuk beribadah sesuai dengan agama dan kepercayaan setiap karyawan, contohnya mengijinkan karyawan yang beragama Islam untuk melaksanakan sholat lima waktu. Selain itu, manajer juga melakukan kebijakan religi. Kebijakan religi yang dimaksud adalah mengadakan acara – acara rohani khusus. Acara-acara rohani ini diadakan untuk lebih meningkatkan iman karyawannya agar berpengaruh baik terhadap kinerja karyawan. Semakin baik iman yang dimiliki oleh karyawannya, maka akan membawa karyawan untuk berperilaku baik sehingga dapat mempengaruhi kinerja karyawan menjadi lebih baik atau lebih tinggi. Kebijakan ini juga diadakan dengan tujuan untuk mempererat tali silaturrahmi antarkaryawan dan atasannya. Acara-acara rohani yang diadakan seperti pengajian bagi karyawan muslim. Pengajian ini diadakan  secara rutin setiap hari jumat. Sedangkan bagi karyawan nasrani diadakan ibadah pagi yang rutin dilaksanakan pada hari Jumat.
Kebijakan yang diterapkan oleh manajer yang bertujuan untuk memotivasi karyawannya ini sesuai dengan Hirarki Kebutuhan Maslow yaitu kebutuhan aktualisasi diri terutama tentang pemenuhan kebutuhan akan religi. Hal ini juga sesuai dengan Teori Muatan dalam Pendekatan Kontemporer. Teori Muatan ini menekankan pada analisis kebutuhan pokok manusia yang telah dijabarkan oleh Abraham Maslow dalam Teori Hirarki Kebutuhan Maslow.

§  Pada hari Senin, Manajer mengajak karyawan untuk membersihkan lingkungan kerja. Pembersihan lingkungan kerja ini diadakan dengan tujuan mengajak karyawan untuk selalu menjaga kebersihan lingkungannya. Jika tercipta lingkungan kerja yang bersih maka akan berpengaruh pada kualitas kinerja karyawan menjadi semakin baik dan tentunya kenyamanan para pelanggan saat berbelanja juga akan tercipta. Kebijakan ini sesuai dengan Pendekatan Hubungan Manusia yang menciptakan kelompok kerja yang menyenangkan dan memenuhi kebutuhan sosialnya.

§  Pada hari Selasa, Manajer mengajak karyawan untuk membahas buku panduan. Buku panduan ini berisi tentang petunjuk operasional sehari-hari mulai dari pembukaan sampai penutupan toko. Kegiatan ini juga membahas tentang keinginan dan keluhan para pelanggan yang nantinya harus diperbaiki. Hal ini bertujuan untuk memperbaiki pelayanan terhadap pelanggan sehingga dapat menciptakan kepuasan para pelanggan. Kepuasan yang tercipta dari para pelanggan akan meningkatkan jumlah penjualan. Sehingga perusahaan dapat memberikan insentif lebih yang dapat meningkatkan kinerja para karyawan. Kebijakan ini sesuai dengan Teori Penguatan dalam Pendekatan Kontemporer. Teori Penguatan adalah pembelajaran karyawan tentang perilaku kerja yang diinginkan oleh perusahaan.

§  Pada hari Rabu, diadakan meeting umum (briffing). Pada pertemuan ini dihadiri oleh seluruh karyawan serta para atasannya. Pertemuan ini membahas tentang permasalahan internal perusahaan seperti keluhan karyawan atau keinginan-keinginan karyawan terhadap perusahaan serta teguran-teguran atau koreksi pada karyawan yang melakukan kesalahan. Di samping teguran yang diberikan, atasan juga memberikan pujian terhadap karyawan yang berkinerja baik. Hal ini bertujuan agar karyawan tidak mengulangi kesalahan tersebut serta karyawan juga merasa diperhatikan dan dihargai. Kebijakan ini sesuai dengan Teori Proses dan Teori Penguatan dalam Pendekatan Kontemporer. Teori Proses adalah mempengaruhi perilaku karyawan agar karyawan mendapat penghargaan. Teori Penguatan adalah pembelajaran karyawan tentang perilaku kerja yang diinginkan.

§  Pada hari Kamis diadakan meeting staf. Pertemuan ini dihadiri oleh para staf untuk membahas pencapaian target penjualan dan strategi untuk mencapai target tersebut.

§  Pada hari Jumat diadakan pengajian bagi karyawan muslim dan ibadah pagi bagi karyawan nasrani seperti yang telah dikemukakan di atas.

§  Pada hari Sabtu dan Minggu adalah hari ceria. Maksudnya di sini adalah karyawan bisa merequest lagu dan pesan-pesan singkat seperti mengirim salam kepada karyawan lain atau pesan kepada atasannya. Kebijakan ini sesuai dengan Pendekatan Hubungan Manusia yang menciptakan kelompok kerja yang menyenangkan dan memenuhi kebutuhan sosialnya.

§  Manajer Matahari menerapkan sistem kekeluargaan pada para karyawannya dengan memperlakukan karyawan sesuai karakter karyawan Untuk berkomunikasi antar karyawan dengan pimpinan tidak perlu memakai birokrasi yang rumit. Hal itu bertujuan agar para karyawan bisa membuat pelanggan merasa nyaman berada di toko Matahari dan berbelanja sebanyak-banyaknya karena lingkungan sangat berpengaruh.

§  Manajer memberikan jaminan atas keselamatan kerja dan kesehatan para karyawan. Karyawan dan keluarganya diberikan fasilitas untuk berobat gratis di rumah sakit tertentu. Manajer juga memberikan jasa asuransi kepada para karyawannya.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blog Archive

Blogroll

Ini adalah aneka tugas kuliah yang saya kerjakan dan saya dapatkan saat kuliah Manajemen tahun 2006 hingga lulus. Hampir sepuluh tahun yang lalu. Koreksilah dahulu, cocokkan dulu dengan bahasannya dan jangan asal kopi-paste, karena bisa saja edisi bukunya berbeda sehingga soal-soalnya berbeda dan akhirnya jawabannya juga berbeda. Adanya gini, jangan minta lebih. Kalau mau perfect ya kerjakan sendiri. Tugas-tugas saya ini hanya sebagai penunjang yang fungsinya supporting, bukan sebagai tulang punggungnya. Gunakan dengan bijak, semoga bermanfaat.

About