Pages

Selasa, 13 Maret 2007

Tugas Pengantar Manajemen : Motivasi Karyawan di MATAHARI DEPARTMENT STORE

BAB I
PENDAHULUAN


SEKILAS TENTANG PROFIL PERUSAHAAN (  MATAHARI DEPARTMENT STORE )

Matahari didirikan pertama kali pada tahun 1958. Yang mendirikan adalah Bapak Hari Darmawan. Beliau memulai usahanya dengan mendirikan usaha konveksi biasa yang kemudian berkembang menjadi “Mickey Mouse Store”. Karena keuletannya beliau dapat mengembangkan usahanya menjadi lebih besar lagi hingga menjadi “Matahari Department Store”. Dan beliau menjadi pemegang saham terbesar saat itu dan menduduki puncak kepemimpinan. Pada tahun 1998, saat krisis moneter melanda Indonesia, beliau menjual seluruh sahamnya kepada Lippo Group yang dipimpin oleh Bapak James Steriadi hingga sekarang.

Pada tahun 1992 Matahari lebih menekankan penjualan pada segi kuantitas. Tetapi sekarang para Manajer lebih menekankan pada kualitas barang secara keseluruhan.

BAB II ISI

TUGAS – TUGAS MANAJERIAL DALAM ORGANISASI 

A.    FUNGSI – FUNGSI MANAJEMEN

1.      PERENCANAAN
Tunjangan Insentif yang diberikan berupa UMP ( Upah Minimum Propinsi ) & tunjangan kesejahteraan lainnya.

Matahari tahun ini berencana memperluas pasar lagi melalui Go internasional ke negara tetangga yakni Cina yang terletak di Guang Zhou. Pada periode-periode sebelumnya Matahari pernah membuka cabang di Yaman, dan ZenCheng namun tidak berhasil.Mungkin dikarenakan sistemnya yang tidak sesuai dengan kondisi pasar disana.Selama ini Matahari masih mencoba memasarkan produk-produknya ke Negara-negara asia namun disisi lain Matahari belum mampu bersaing dengan negara-negara barat.

Dalam hal Stock barang,Matahari menentukan sendiri kapasitas dan kualitas barang yang diinginkan dengan mengikuti trend mode yang ada & Matahari mempunyai fashion consultant di New York yang menyediakan mode-mode terbaru yang dikirim ke Manajer Matahair kemudian diseleksi oleh Bagian Marchendising at office. Matahari lebih cenderung meniru model di New York dan diseleksi trend mana yg sesuai dengan masyarakat Indonesia

Misi untuk Matahari Royal PlazaèMatahari menjadi departemen store yang cantik, nyaman, bisa berbelanja banyak, bisa berbelanja lama-lama, memberikan kontribusi pada customer.

2.      PENGORGANISASIAN
Terdapat 2 jenis barang yang dikelola yaitu barang basic dan barang fashion. Barang basic adalah barang yang modenya setiap waktu tidak berubah dan tiap waktu selalu tersedia serta selalu dibeli konsumen. Sedangkan barang fashion adalah barang yang terus mengikuti perubahan mode ( New Arriival ) dengan jangka waktu 3 bulan.

Perusahaan ini sering bekerja sama dengan pihak lain untuk meningkatkan penjualan. Salah satu contohnya adalah bekerja sama dg bank BNI dalam hal permodalan dengan timbal balik berupa Matahari memajukan program kredit card bank BNI dan secara tidak langsung dapat berinteraksi dengan pemegang kredit card. Dengan begitu penjualan meningkat karena data basic dari pemegang kredit terlihat. Se

Manajer melaksanakan rekrutmen karyawan seperti pada umumnya. Dengan mencantumkan surat lamaran. Khusus pramuiaga adalah lulusan SLTA atau sederajat.

Setiap produk yang dijual memiliki target sendiri-sendiri sesuai dengan jenis. Sehingga manajer dapat dengan mudah mengontrol penjualan setiap hari.

3.      KEPEMIMPINAN
Manajer memotivasi karyawan dengan beberapa cara :
§  Apabila karyawan bekerja dengan baik, maka mereka akan mendapatkan bonus untuk kesejahteraan.
§  Manajer juga melakukan kebijakan religi. Yaitu mengadakan acara – acara rohani khusus, seperti pengajian untuk karyawan muslim dan ibadah pagi untuk karyawan nasrani yang selalu dilaksanakan pada hari jumat.
§  Setiap hari selalu ada jadwal khusus yang diterapkan.
Contoh :
1.      Hari senin adalah membersihkan lingkungan kerja.
2.      Hari selasa adalah hari customer services, membahas buku panduan mulai dari pembukaan sampai penutupan toko.
3.      Hari rabu adalah meeting umum ( briffing ).
4.      Hari kamis adalah meeting staf.
5.      Hari jumat adalah hari religi seperti yang telah dikemukakan di atas.
6.      Hari sabtu & minggu adalah hari ceria. Maksudnya di sini adalah karyawan bisa merequest lagu dan pesan-pesan singkat.

Manajer Matahari menerapkan sistem kekeluargaan pada para karyawannya dengan memperlakukan karyawan sesuai karakter karyawan Untuk berkomunikasi antar karyawan dengan pimpinan tidak perlu memakai birokrasi yang rumit. Hal itu bertujuan agar para karyawan bisa membuat costumer merasa nyaman berada di toko Matahari dan berbelanja sebanyak-banyaknya karena linkungan sangat berpengaruh.

4.      PENGENDALIAN
Manajer melakukan kontrol terhadap kinerja operasional setiap hari dan setiap akhir bulan dengan melakukan evaluasi terhadap penjualan barang, mengecek laporan keuangan serta riset-riset yang harus dijalankan untuk periode berikutnya.

Manajer juga melaksanakan kebijakan Budget control. Manajer berupaya menekan biaya-biaya operasional agar tidak mempengaruhi harga jual. Target yang harus dicapai tiap bulan, ekspektasi serta pengeluaran selalu dikontrol. Dengan tujuan agar perusahaan tidak mengalami defisit dan tidak sampai melebihi budget yang ada.

Store Manajer menggunakan sistem LIFO dalam hal stock barang. Karena mode baju  harus up to date sehinga bisa dijadikan New arrival.

Manajer melakukan kebijakan dalam hal pengadaan barang yaitu dengan ketentuan Stock Ratio sebesar 1:3. Artinya jika penjualan sebesar 100.000 unit maka stock barang harus sebanyak 300.000 unit agar dapat memenuhi permintaan konsumen.

Bilamana ada sejumlah stock barang yang tidak terjual atau penjualan tidak memenuhi target, maka tidak ada punishment yang diberikan secara  langsung. Tetapi dirasakan dalam bentuk tidak adanya kenaikan gaji yang signifikan, tidak ada bonus/komisi dan tunjangan insentif lainnya.

B.     KINERJA ORGANISASI

Struktur Jabatan Organisasi :
Karyawan à Koordinator à Supervisor àAssistent Manager à Manager

Terdapat dua sistem pengadaan barang yang dilakukan, yaitu :
1.      Sistem Beli Putus, yaitu matahari membeli sendiri barang-barang tersebut dengan menetapkan jumlah pesanan dan bentuk barangnya lalu dijual. Contoh: Nevada, Little M.
2.      Sistem Konsinyasi, yaitu pihak lain menitipkan barangnya untuk dijual. Hasil penjualan (komisi) dibagi berdasarkan presentase yang telah ditentukan oleh kedua belah pihak. Contoh merk : LEE COOPER, FILA.

C.    AKTIVITAS MANAJEMEN

 Kegiatan sehari-hari Store Manager di antaranya adalah mengurusi bagian operasional seperti setiap pagi mengecek e-mail untuk mengetahui perkembangan-perkembangan di luar, mengetahui kabar dari pusat jika ada event nasional ( contohnya diskon), evaluasi penjualan, barang-barang yang dijual, menangani bagian SDM (displin absen, kebersihan, kinerja karyawan) dan bertanggung jawab terhadap fasilitas kantor.

D.    PERAN MANAJER

Peran Store Manajer Matahari Royal Plaza mengadakan pertemuan dengan manajer Matahari lainnya (Misal Manajer Matahari Plaza Tunjungan). Dengan tujuan menciptakan suatu balancing penjualan produk. Dimana manajer Matahari mengadakan riset pasar tentang selera konsumen dan produk apa yang banyak diminati konsumen pada tiap – tiap cabang.

Manajer melakukan training-training terhadap karyawan baru yang dilakukan dalam jangka waktu minimal 3 hari. Bentuk-bentuk  training yang diberikan di antaranya adalah training costumer service, Lima langkah menjual dan product knowledge.
Peran Informasi antar Matahari Department store melalui para manajer dalam mengambil keputusan bisnis sangat berpengaruh terhadap omzet penjualan karena trend/mode terbaru yang dikeluarkan tidak langsung dapat diikuti oleh semua cabang matahari di semua kota. Misalnya:antara Jakarta & Makassar, mode yg dikeluarkn di Jakarta baru bisa diikuti dalam jangka waktu 1 bulan kemudian di Makassar. Tetapi untuk Surabaya tidak terdapat perbedaan waktu yang lama.

E.     KEKUATAN ORGANISASI

Sebagai pelaku usaha, manajer Matahari merasa optimis terhadap prospek bisnis di masa yang akan datang karena Matahari menjual produk dalam negeri yang sesuai dengan selera masyarakat Indonesia, meskipun di sisi lain terdapat berbagai pesaing dari luar negri seperti SOGO , Metro namun Beliau tetap  yakin bahwa Matahari akan tetap eksis dan meraih sukses dalam bisnis retailling.

Matahari tidak perlu khawatir mengenai target pasar karena sasaran konsumen utama ialah golongan anak muda yang senantiasa mengikuti trend fashion yang semakin berkembang di era yang serba mengglobal

PENUTUP

 Tugas – tugas manajerial dalam suatu organisasi meliputi empat hal. Yaitu perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan/pengarahan dan pengendalian. Fungsi perencanaan berarti menentukan tujuan kinerja organisasi di masa depan serta memutuskan tugas dan penggunaan sumberdaya yang diperlukan untuk mencapai tujuan tersebut. Fungsi pengorganisasian meliputi penentuan dan pengelompokan tugas ke dalam departemen, penentuan otoritas, serta alokasi sumber daya diantara organisasi. Fungsi kepemimpinan/pengarahan merupakan penggunaan pengaruh untuk memberikan motivasi kepada karyawan untuk mencapai tujuan organisasi. Fungsi pengendalian berarti mengawasi aktivitas karyawan, menentukan apakah organisasi dapat memenuhi target tujuannya, dan melakukan koreksi bila diperlukan.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blog Archive

Blogroll

Ini adalah aneka tugas kuliah yang saya kerjakan dan saya dapatkan saat kuliah Manajemen tahun 2006 hingga lulus. Hampir sepuluh tahun yang lalu. Koreksilah dahulu, cocokkan dulu dengan bahasannya dan jangan asal kopi-paste, karena bisa saja edisi bukunya berbeda sehingga soal-soalnya berbeda dan akhirnya jawabannya juga berbeda. Adanya gini, jangan minta lebih. Kalau mau perfect ya kerjakan sendiri. Tugas-tugas saya ini hanya sebagai penunjang yang fungsinya supporting, bukan sebagai tulang punggungnya. Gunakan dengan bijak, semoga bermanfaat.

About