Pages

Rabu, 25 April 2007

Resume Pengantar Manajemen Richard L. Daft : Chapter 17 Motivasi dalam Organisasi


Konsep Motivasi
Motivasi adalah kekuatan internal dan eksternal seseorng yang membangkitkan antusiasme dan perlawanan untuk melakukan serangkaian tindakan tertentu.
Motivasi juga berarti timbulnya, arah, dan ketekunan perilaku.

Ada dua tipe penghargaan :
ð  Penghargaan Intrinsik (Intrinsic Rewards)
Kepuasan yang diterima seseorang dalam proses melakukan tindakan tertentu.
ð  Penghargaan Ekstrinsik (Extrinsic Rewards)
Penghargaan yang diberikan oleh orang lain.

Dasar-dasar Motivasi
Empat Persepektif berbeda pada motivasi karyawan :
  1. Pendekatan Tradisional
Penghargaan ekonomi diberikan pada para karyawan berkinerja tinggi dimana orang-orang dibayar berdasarkan pada kuantitas dan kualitas hasil kerja mereka.
Manusia Ekonomi – Orang-orang akan bekerja lebih keras demi gaji yang lebih tinggi.
  1. Pendekatan Hubungan Manusia
Penghargaan nonekonomi yang berasal dari lahirnya konsep manusia sosial. Misalnya kelompok-kelompok kerja yang menyenangkan yang memenuhi kebutuhan sosial terlihat lebih penting daripada uang sebagai motivator perilaku kerja.
  1. Pendekatan Sumber Daya Manusia
Penghargaan yang memebri kesan bahwa para karyawan adalah kompleks dan termotivasi oleh banyak faktor. Pendekatan ini memperkenalkan konsep manusia seutuhnya.
  1. Pendekatan Kontemporer
Didominasi oleh tiga teori :
à Teori Isi (Content Theory)
Menekankan analisis yang mendasari kebutuhan manusia.
à Teori Proses (Process Theory)
Berkenaan dengan proses pemikiran yang mempengaruhi perilaku.
à Teori Penguatan (Reinforcement Theory)
Berfokus pada karyawan yang mempelajari perilaku kerja yang diinginkan.

Persepektif-Persepektif Isi Pada Motivasi
Teori Isi adalah sekelompok teori yang menitikberatkan kebutuhan-kebutuhan yang memotivasi orang-orang.
Ada empat teori terpopuler :
Ä  Hierarki Teori Kebutuhan (Hierarchy of Needs Theory) – Abraham Maslow
Maslow mengemukakan manusia termotivasi oleh banyak kebutuhan dan bahwa kebutuhan-kebutuhan ini dalam suasana hierarkis dengan susunan yang meningkat (Ascendance)

Ø  Kebutuhan fisiologis
Persyaratan paling mendasar untuk mempertahankan hidup.
Ø  Kebutuan rasa aman
Kebutuhan rakan lingkungan fisik dan emosional yang aman dan terlindung dari ancaman-ancaman.
Ø  Kebutuhan akan kepemilikan
Kebutuhan mencerminkan untuk diterima oleh teman-teman.
Ø  Kebutuhan akan penghargaan
Kebutuhan akan kesan diri yang positif untu menerima perhatian, pengakuan, dan apresiasi dari orang lain.
Ø  Kebutuhan Aktualisasi Diri
Kebutuhan pemenuhan diri yang merupakan kategori kebutuhan tertinggi.

Ä  Teori ERG (ERG Theory) – Clayton Alderfer
Modifikasi teori hierarki kebutuhan yang mengusulkan tiga kategori kebutuhan :
ï  Kebutuhan Kehidupan (Existence Needs)
Merupakan kebutuhan akan kesejahteraan fisik.
ï  Kebutuhan Keterhubungan (Relatedness Needs)
Menyinggung kebutuhan akan pemenuhan hubungan dengan orang lain.
ï  Kebutuhan Pertumbuhan (Growth Needs)
Berfokus pada perkembangan potensi manusia dan keinginan akan pertumbuhan pribadi serta kompetensi yang meningkat.
Ä  Teori Dua Faktor (Two-Factor Theory) – Frederick Herzberg
Teori ini mengusulkan bahwa karakteristik pekerjaan berhubungan dengan ketidakpuasan yang sangat berbeda dari karakteristik yang berkenaan dengan kepuasan, yang menimbulkan ide bahwa dua faktor mempengaruhi motivasi kerja.
Dua dimensi yang sepenuhnya terpisah memberikan kontribusi terhadap perilaku karyawan di tempat kerja :
Ä      Faktor Higiene
Melibatkan kehadiran atau ketidakhadiran faktor-faktor yang membuat pekerjaan menadi tidak memuaskan.
Ä      Motivator
Kebutuhan-kebutuhan tingkat tinggi dan meliputi pencapaian, pengakuan, tanggung jawab dan peluang pertumbuhan.

Ä  Teori Kebutuhan yang Didapat (Acquired Needs Theory) – David McClelland
Mengemukakan bahwa tipe-tipe kebutuhan tertentu didapat selama masa hidup individu tersebut.
Tiga kebutuhan yang paling sering dipelajari :
À      Kebutuhan akan Pencapaian
Keinginan untuk mencapai sesuatu yang sulit, mencapai standar-standar kesuksesan yang tinggi, menguasai tugas-tugas yang kompleks, dan mengungguli orang lain.
À      Kebutuhan akan Pertalian
Keinginan unutk membentuk pribadi yang akrab, menghindari konflik, dan menjalin persahabatan yang hangat.
À      Kebutuhan akan Kekuasaan
Keinginan untuk mempengaruhi atau mengendalikan orang lain, bertanggung jawab atas orang lain dan memiliki otoritas atas orang lain.

Persepektif-Persepektif pada Proses Motivasi
Teori Proses adalah teori yang menjelaskan bagaimana para karyawan memilih perilaku-perilaku yang dapat memenuhi kebutuhan mereka dan menentukan apakan pilihan mereka berhasil.
Dua Teori Proses Dasar :
à        Teori Keadilan – Ekuitas (Equity Theory)
Berfokus pada persepsi individu tentang seberapa adil mereka diperlakukan dibandingkan dengan orang lain.
Keadilan adalah sesuatu yang ada ketika rasio antara hasil seseorang dan masukan sama dengan milik orang lain. Metode-metode paling umum untuk mengubah ketidakadilan yang terlihat :
1.      Mengubah masukan-masukan
2.      Mengubah hasil-hasil
3.      Mengubah persepsi-persepsi
4.      Meninggalkan pekerjaan tersebut
à        Teori Harapan (Expectancy Theory)
Mengemukakan bahwa motivasi bergantung pada harapan-harapan para indoividu berkenaan  dengan kemampuan mereka untuk mengerjakan tugas-tugas untuk mengerjakan tugas-tugas dan menerima penghargaan-pernghargaan yang diinginkan.
Elemen-elemen Teori Harapan :
§  Usaha
§  Kinerja
§  Hasil
Harapan E (Usaha) ® P (Kinerja)
            Mencurahkan tugas tertentu akan menghasilkan kinerja tinggi.
Harapan E (Usaha) ® O (Hasil)
Kinerja tugas yang berhasil akan membuahkan hasil yang diinginkan.
Valensi
            Nilai atau daya tarik yang dimiliki seorang individu atas suatu hasil.

Persepektif-Persepektif Penguatan Pada Manajemen
Teori Penguatan adalah teori yang berdasarkan pada hubungan atar perilaku tertentu dan konsekuensi-konsekuensinya.
Penguatan adalah apapun yang menyebabkan perilaku tertentu diulangi atau ditinggalkan.

Alat Alat Penguatan
Modifikasi Perilaku
Rangkaian teknik yang digunakan teori penguatan untuk memodifikasi perilaku manusia.
Hukum Pengaruh
Asumsi bahwa perilaku yang dikuatkan secara positif cenderung diulangi dan perilaku yang tidak dikuatkan atau dikuatkan secara negatif cenderung ditinggalkan.
Empat Tipe Penguatan :
à        Penguatan Positif
Pelaksanaan Konsekuensi yang menyenangkan dan bermanfaaat yang mengikuti perilaku yang diinginkan.
à        Pembelajaran Penghindaran
Penghapusa konsekuensi yang tidak menyenangkan yang mengikuti perilaku yang diinginkan.
à        Hukuman
Pembebanan hasil-hasil yang tidak menyenangkan kepada seorang karyawan.
à        Kepunahan
Penarikan penghargaan positif.
Skedul Penguatan
            Frekuensi dan interval-interval kemunculan penguatan.
  • Penguatan Kontinu
Skedul dimana setiap kemunculan perilaku yang diinginkan diberi penguatan.
  • Penguatan Parsial
Skedul dimana hanya beberapa keli kemunculan perilaku yang diinginkan diber penguatan.
                        Empat Tipe Skedul Penguatan Parsial :
x        Interval Tetap
Memberi penghargaan untuk para karyawan pada waktu interval-interval waktu yang ditentukan.
x        Rasio Tetap
Penguatan muncul setelah sejumlah respons yang diinginkan.
x        Interval Variabel
Penguatan yang dilakukan secara acak dan tidak dapat diprediksi oleh karyawan.
x        Rasio Variabel
Lebih berdasarkan pada jumlaha cak perilaku yang diinginkan daripada periode-periode waktu variabel.

Desain Pekerjaan Untuk Motivasi
Desain Pekerjaan adalah penerapan teori-teori motivasional pada struktur kerja untuk meningkatkan produktivitas dan kepuasan.
Pendekatan Desain Pekerjaan :
± Penyederhanaan Pekerjaan
Bertujuan meningkatkan efisiensi tugas dengan mengurangi jumlah tugas yang harus dikerjakan seseorang.
± Rotasi Pekerjaan
Secara sistematik memindahkan para karyawan dari satu pekerjaan ke pekerjaan yang lain untuk memberikan mereka stimulasi atau variasi.
± Pembesaran Pekerjaan
Mengombinasi serangkaian tugas menjadi satu pekerjaan baru yang lebih luas untuk memberi apra karyawan variasi dan tantangan.
± Pengayaan Pekerjaan
Menggabungkan pencapaian, pengakuan, dan motivator tingkat tinggi lain ke dalam pekerjaan.

Model Karakteristik Pekerjaan
Model Karakteristik Pekerjaan adalah perubahan pekerjaan untuk meningkatkan kualitas pengalaman kerja dan produktivitas karyawan.
Bagian Utama Model Karakteristik Pekerjaan :
Dimensi Pekerjaan Inti
Lima Dimensi yang menentukan potensi Motivasional Pekerjaan :
1.      Variasi Keterampilan
Berbagai aktivitas yang menghasilkan suatu pekerjaan dan sejumlah keterampilan yang digunakan untuk mengerjakannya.
2.      Identitas Tugas
Sejauh mana seorang karyawan melakukan pekerjaan total dengan awal dan akhir yang jelas.
3.      Arti Tugas
Sejauh mana pekerjaan diarasa penting dan memiliki pengaruh pada perusahaan atau para pelanggan.
4.      Otonomi
Sejauh mana pekerja memiliki kebebebasan, kelaluasaan, dan penentuan nasib sendiri dalam merencanakan dan menjalankan tugas-tugas.
5.      Umpan Balik
Sejauh mana pelaksanaan pekerjaan memberikan informasi untuk karyawan mengenai kinerjanya.

Keadaan Psikologis yang Kritis
Mengemukakan bahwa dimensi inti lebih menguntungkan ketika individu-individu mengalami tiga keadaan psikologis sebagai respons terhadap desain pekerjaan.
Kekuatan Kebutuhan Pertumbuhan Karyawan
Orang-orang memiliki kebutuhan yang berbeda akan pertumbuhan dan pengembangan.

Desain Ulang Pekerjaan adalah perubahan pekerjaan untuk meningkatkan kualitas pengalaman kerja dan produktivitas karyawan.

Memotivasi Lingkungan Kerja Baru
Pemberian kekuasaan adalah pendelegasian kekuasaan atau otoritas terhadap bawahan.
Empat elemen yang membuat mereka mampu untuk bertindak dengan lebih bebas menyelesaikan pekerjaan :
1.      Para karyawan menerima informasi tentang kinerja perusahaan
2.      Para karyawan memiliki pengetahuan dan ketrampilan yang dapat dikontribusikan untuk mencapai tujuan-tujuan perusahaan.
3.      para karyawan memiliki kekuasaan untuk membuat keputusan-keputusan yang sbstansif

4.      Para karyawan diberi penghargaan berdasarkan kinerja perusahaan.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blog Archive

Blogroll

Ini adalah aneka tugas kuliah yang saya kerjakan dan saya dapatkan saat kuliah Manajemen tahun 2006 hingga lulus. Hampir sepuluh tahun yang lalu. Koreksilah dahulu, cocokkan dulu dengan bahasannya dan jangan asal kopi-paste, karena bisa saja edisi bukunya berbeda sehingga soal-soalnya berbeda dan akhirnya jawabannya juga berbeda. Adanya gini, jangan minta lebih. Kalau mau perfect ya kerjakan sendiri. Tugas-tugas saya ini hanya sebagai penunjang yang fungsinya supporting, bukan sebagai tulang punggungnya. Gunakan dengan bijak, semoga bermanfaat.

About