Pages

Rabu, 18 April 2007

Resume Pengantar Manajemen Richard L. Daft : Chapter 12 Perubahan dan Perkembangan


Model Perubahan Organisasional Terencana
Urutan perubahan terdiri atas empat kejadian :
  1. Adanya kekuatan ekternal dan internal untuk melakukan perubahan
  2. Para manajer organisasi memantau kekuatan-kekuatan ini dan menyadari sebuah kebutuhan akan perubahan
  3. Kebutuhan yang dirasakan memicu pencetusanakan adanya perubahan kemudian
  4. Penerapan.

Kekuatan-Kekuatan Untuk Perubahan
  1. Kekuatan dari Lingkungan
  2. Kekuatan Internal

Kebutuhan Akan Perubahan
Kesenjangan Kinerja adalah sebuah perbedaan antara tingkat kinerja yanga ada dengan yang diinginkan.

Mencetuskan Perubahan
Kreativitas adalah dihasilkannya ide baru dan segar yang dapat memenuhi kebutuhan yang timbul atau menawarkan peluang bagi organisasi.
Pejuang Ide adalah seseorang yang melihat kebutuhan dan berjuang untuk perubahan produktif dalam organisasi.

Taktik-Taktik Penerapan
ð  Komunikasi dan Edukasi
Digunakan ketika ada kebutuhan akan informasi yang mendalam mengenai perubahan tersebut oleh pengguna dan yang lainnya yang dapat melawan penerapan.
ð  Partisipasi
Memakan waktu, tapi akan memberikan imbalan setimpal karena pengguna akan dapat memahami dan mempunyai komitmen terhadap perubahan.
ð  Negosiasi
Sebuah cara yang lebih formal untuk mencapai kerja sama dengan menggunakan tawar menawar secara formal untuk memenangkan penerimaan persertujuan dari perubahan yang diinginkan.
ð  Koersi
Para manajer menggunakan kekuatan formal untuk memaksa katyawan agar dapat berubah.
ð  Dukungan Manajemen Puncak
Dukungan yang jelas dari manajemen puncak juga membantu mengatasi perlawanan pada perubahan yang merupakan simbol pada seluruh karyawan bahwa perubahan penting bagi organisasi.

Jenis-Jenis Perubahan Terencana
      Perubahan Teknologi
Sebuah perubahan yang menyinggung proses produksi organisasi.
      Perubahan Produk Baru
Sebuah perubahan dalam produk atau jasa yang dihasilkan organisasi.
      Perubahan Struktural
Sebuah perubahan pada cara-cara organisasi didesain dan diatur.

Perubahan Budaya / Orang-Orang
Pelatihan dan Perkembangan
Pelatihan adalah salah satu pendekatan yang sering dilakukan utnuk mengubah pola pikir organisasi.
Perkembangan Organisasional (Organizational Development) adalah sebuah proses perubahan sistematis dan terencana yang menggunakan pengetahuan dan teknik-teknik ilmu perilaku untuk meningkatkan kesehatan dan efektivitas organisasi melalui kemampuannya untuk beradaptasi pada lingkungan, meningkatkan hubungan-hubungan internal, serta meningkatkan kemampuan pembelajaran dan pemecahan masalah.
Tiga jenis masalah masa kini dimana para manajer dapat terbantu dengan adanya OD :
  1. Merger / Akuisisi
Disebabkan kegagalan para eksekutif untuk menentukan kecocokan antara gaya administratif dan budaya korporasi dari kedua perusahaan.
  1. Kemunduran / Revitalisasi Organisasional
Rendahnya tingkat kepercayaan, kurangnya inovasi, tingginya tingkat konflik, stres, dan turn over.
  1. Manajemen Konflik
Konflik dan perbedaan pendapat dapat terjadi kapan pun dan dimanapun dalam sebuah organisasi yang sehat.

            Aktivitas-Aktivitas OD :
°  Pembangunan Tim
Sejenis intervensi OD yang meningkatkan kekompakan departemen dengan membantu para anggota untuk belejar berfungsi sebagai sebuah tim.
°  Umpan Balik Survei
Sejenis intervensi OD dengan menggunakan kuesioner mengenai iklim organisasional serta faktor-faktor lainnya dan disebarkan diantara karyawan dimana hasilnya dilaporkan kembali pada mereka melalui sebuah agen pengubah.
°  Intervensi Kelompok Besar
Sebuah pendekatan yang melibatkan partisipasi dari semua bagian organisasi untuk mendiskusikan masalah-masalah dan kesempatan-kesempatan serta merencanakan perubahan rencana.
            Langkah-Langkah OD :
1.      Pencairan
Suatu tahap dari perkembangan organisasional dimana para peserta dibuat sadar akan adanya masalah dengan maksud meningkatkan kesediaan mereka untuk mengubah perilaku.
2.      Perubahan
Tahap intervensi dari perkembangan organisasional ketika para individu bereksperimen dengan perilaku lingkungan kerja baru.
Agen Pengubah adalah seorang spesialis OD yang mengadakan kontrak dengan organisasi untuk melakukan perubahan.
3.      Pembekuan Kembali

Tahap penguatan kembali dari perkembangan organisasional ktika para individu mendapatkan keterampilan atau sikap baru yang diinginkan dan diberi imbalan oleh organisasi.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blog Archive

Blogroll

Ini adalah aneka tugas kuliah yang saya kerjakan dan saya dapatkan saat kuliah Manajemen tahun 2006 hingga lulus. Hampir sepuluh tahun yang lalu. Koreksilah dahulu, cocokkan dulu dengan bahasannya dan jangan asal kopi-paste, karena bisa saja edisi bukunya berbeda sehingga soal-soalnya berbeda dan akhirnya jawabannya juga berbeda. Adanya gini, jangan minta lebih. Kalau mau perfect ya kerjakan sendiri. Tugas-tugas saya ini hanya sebagai penunjang yang fungsinya supporting, bukan sebagai tulang punggungnya. Gunakan dengan bijak, semoga bermanfaat.

About