BAB 1 Merencanakan Bisnis
Pemegang
kepentingan utama dalam bisnis adalah ( Stake Holders ) :
¨
Pemilik ( Wirausahawan / Enterpreneur )
Pemilik sebagai wiraswasta adalah orang yang mengorganisasi, mengelola dan
mengasumsikan resiko yang dihadapi untuk memulai bisnis. Secara ringkas,
pemilik adalah pepengorganisasi, pengasumsi, dan penanggung resiko semua
kegiatan perusahaan. Perusahaan besar menjual saham kepada investor yang ingin
menjadi pemegang saham. Saham adalah sertifikat kepemilikan suatu
perusahaan.
Pemegang saham adalah investor yang ingin menjadi pemilik dari sebagian
perusahaan dengan menanamkan modalnya yang berupa saham. Nilai kinerja
perusahaan membaik, maka nilai sahamnya juga naik seperti tercermin pada harga
saham yang tinggi. Apabila perusahaan tersebut gagal maka pemegang saham dari
berbagai perusahaan akan kehilangan seluruh modal yang ditanamkan.
¨ Karyawan
Manajer adalah karyawan yang memiliki tanggung jawab mengelola pekerjaan yang ditugaskan
kepada karyawan lain dan membuat keputusan penting perusahaan.
Kinerja perusahaan
sangat tergantung pada keputusan yang dibuat oleh manajer. Keputusan yang bagus
dapat menuntun perusahaan pada kemajuan, sedangkan keputusan yang buruk dapat
membawa perusahaan tersebut menuju kehancuran.
Tujuan manajer
dalam bisnis kecil adalah memaksimalkan nilai perusahaan. Sedangkan tujuan
manajer dalam suatu perusahaan besar adalah memaksimalkan nilai perusahaan.
¨ Supplier
( Pemasok )
Perusahaan biasanya
menggunakan bahan baku untuk menghasilkan produksi, karena itu kinerja
perusahaan sebagian tergantung pada kemampuan dari pemasoknya dalam
mengantarkan bahan baku tepat pada waktunya.
¨ Kreditur
Kreditur adalah institusi atau individu perorangan yang memberikan pinjaman. Kreditur
meminjamkan dana kepada perusahaan bila mereka percaya, bahwa perusahaan
tersebut mempunyai kinerja yang baik, sehingga dapat mengembalikan pinjaman
pokok beserta bunganya di kemudian hari.
¨ Pelanggan
Komponen bisnis
yang berperan mengkonsumsi dan membeli barang dan jasa. Perusahaan tidak dapat
survive tabpa pelanggan. Untuk menarik pelanggan, perusahaan harus menawarkan
barang atau jasa dengan harga yang pantas dan cukup berkualitas.
Pengertian
Perusahaan
Perusahaan adalah suatu unit
kegiatan produksi yang mengolah sumber-sumber ekonomi untuk menyediakan barang
dan jasa bagi masyarakat dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan agar dapat
memuaskan kebutuhan masyarakat.
Perusahaan
dagang adalah perusahaan yang
membeli barang jadi dan menjualnya kembali kepada konsumen. Manufaktur adalah
perusahaan yang berperan sebagai pihak pemroduksi barang.
Apa yang harus dilakukan oleh seorang wirausahawan
?
¨ Mengidentifikasikan peluang dengan pandai melihat kesempatan
¨ Mengumpulakn sumber daya alam, sumber daya
manusia, dan sumber daya lainnya
¨ Menarik investasi / dana dari perorangan atau
lembaga keuangan
¨ Melaksanakan proses produksi atau perdagangan
¨ Berani menanggung resiko
Ciri atau kepribadian seorang wirausahawan :
¨ Mempunyai emosi akan keberhasilan
¨ Berani menanggung resiko
¨ Gigih dalam bekerja keras
¨ Semangat, gesit dalam berusaha
¨ Memiliki daya kerja yang cukup tinggi
¨ Berpandangan obyektif
¨ Terbuka terhadap saran dan kritik
¨ Percaya diri
¨ Berusaha mengingkatkan pengetahuan
¨ Mempunyai kecakapan untuk memimpin
¨ Sebagai media pembaharu atau inovator
¨ Haus akan keberhasilan
Dana
Manajer memutuskan bagaimana dana
didapat dari pemilik, kreditur atau hasil penjualan kepada pelanggan dapat
dimanfaatkan.
Dana tersebut dipakai untuk membayar :
- Sumber – Sumber
Termasuk karyawan, pemasok,
mesin-mesin, yang dibutuhkan untuk menghasilkan dan mempromosikan produk.
- Pinjaman kepada investor
Sisa dana disebut laba. Sebagian ditahan dan
ditanam kembali dalam perusahaan. Sisa dari laba dibagikan sebagai deviden
kepada pemiliknya.
Deviden
adalah semacam penghasilan berupa
laba yang diberikan perusahaan kepada pemiliknya lalu dibagi kepada karyawannya.
Menciptakan
Ide Bisnis
Orang akan berniat menciptakan ide
bisnis hanya bila mjengharapkan imbalan untuk usahanya. Imbalannya dalam
berbagai bentuk, yaitu :
- Mendapatkan
penghasilan besar
- Menjadi atasan
atau sekedar naik jabatan
- Prestise yang
tinggi
Supaya dapat berhasil, perusahaan harus dapat
mempunyai keunggulan kompetitif,
yaitu kenunggulan sifat yang unik yang membuat suatu produk bisnis dapat lebih
dinikmati oleh konsumen daripada produk saingannya. Misalnya :
- Menciptakan
keunggulan kompetitif secara sehat dengan memberikan produk yang mirip
dengan milik pesaingnya tetapi dengan harga yang lebih murah
- Menyiapkan
produk yang kualitasnya lebih tinggi daripada produk pesiangnya
- Menawarkan jasa
yang lebih menyenangkan, misalnya dengan servis memuaskan, penyambutan,
atau ramah tamah.
Fungsi
Utama Bisnis
Lima fungsi yang harus dijalankan
secara benar jika bisnis ingin sukses ;
1.
Manajemen
Manajemen adalah
cara bagaimana karyawan dan sumber lain seperti mesin-mesin dapat digunakan
oleh perusahaan.
2.
Pemasaran
Pemasaran adalah
cara bagaimana produk atau jasa dikembangkan, diberi harga, didistribusikan,
dan dipromosikan kepada pelanggan.
3.
Keuangan
Keuangan adalh cara
bagaimana perusahaan mendapatkan dana dan menggukannya untuk keperluan operasi
bisnisnya.
4.
Akuntansi
Akuntansi adalah
ringkasan dean analisis dari kondisi keuangan perusahaan.
5.
Sistem Informasi
Sistem Informasi
adalah sistem yang meliputi teknologi informasi, masyarakat dan prosedur yang
bekerjasama untuk memberikan berbagai macam informasi yang cocock dan
dibutuhkan karyawan perusahaannya, sehingga mereka dapat memperbaiki keputusan
bisnis dan membuat keputusan bisnis yang dapat memajukan perusahaan.
Interaksi
antar Fungsi Bisnis
Banyak interaksi atar manajemen,
pemasaran dan keuangan dalam membuat keputusan. Mislanya manajemen produksi
pada Compaq Computer menerima proyeksi penjualan dari manajer pemasaran untuk
menentukan berpa banyak produk yang harus dihasilkan. Manajer keuangan harus
menerima jumlah rencana produksi dari manajer produksi untuk menentukan berap
dana yang diperlukan.
Bagaimana
Keputusan Bisnis Dapat Mempengaruhi Pendapatan Perusahaan
Keputusan manajemen menentukan
bagaimana sumber daya perusahaan dialokasikan. Keputusan pemasaran yang
menentukan produk yang dijual, bersama dengan penentuan harga, distribusi dan
informasi produk tersebut. Keputusan bisnis yang tepat mengandalkan akuntansi
dan sistem informasi.
Keputusan
Akuntansi
Keputusan akuntansi adalah
sesuatu yang diapai untuk memonitor kinerja dan mendeteksi penggunaan sumber
daya yang tidak efisien.
Keputusan
Manajemen
1. Perlengkapan dan mesin apa yang diperlukan untuk
memproduksi suatu produk ?
2. Berapa karyawan yang harus dipekerjakan untuk
memproduksi suatu produk ?
3. Bagaimana dapa memotivasi karyawan supaya
pekerjaan dapat berhasil dengan baik ?
Keputusan
Pemasaran
- Berapa harga
yang harus dikalkulasikan suatu produk ?
- Apakah produk
harus diubah untuk menarik pelanggan ?
- Haruskah
perusahaan iklan atau strategi lain untuk mempromosikan produknya ?
Keputusan
Keuangan
- Haruskah
pencarian dana dari pinjaman atau menjual saham ?
- Haruskah
peminjam dana jangka pendek atau jangka penjang ?
- Apakah
perusahaan harus investasi ke dalam proyek bisnis baru yang baru saja
diusulkan atau dana ini untuk pinjaman ?
Mengembangkan
Rencana Bisnis
1. Deskripsi Usulan Bisnis
Menjelaskan
mengenai produk atau jasa yang diberikan oleh bisnis yang diusulkan.
2. Perkiraan Atas Lingkungan Bisnis
1. Lingkungan Ekonomi
Menjelaskan kondisi ekonomi yang
berlangsung dan terbentangnya resiko maupun manfaat yang dihadapi penuh
terhadap kondisi tersebut.
2. Lingkungan Industri
Menjelaskan pertanyaan dalam industri
dan permintaan secara umum atas produk tersebut dalam industri
3. Lingkungan Global
Menjelaskan kondisi global yang
berlangsung dan terkait dengan bisnis tersebut, seperti pasar asing luar negri,
dimana mungkin produk bisnis tersebut dapat dijual kemudian harus atau mungkin
mendapat pasokan.
Rencana Manajemen
Termasuk rencana operasional yang
menitik beratkan pada usulan struktur organisasi produksi dan sumber daya
menusia dalam perusahaan.
1.
Struktur Organisasi
Menjelaskan mengenai Struktur
organisasi9 yang menggambarkan hubungan antara posisi para karyawan. Struktur
ini juga harus memberikan identifikasi tanggungjawab setiap posisi dalam
mengatur posisi yang lain dan menjelaskan tugas spesifik dan gaji para manajer
dan karyawan lain.
2.
Proses Produksi
Penjelasan mengenai proses produksi,
termasuk lokasi desain dan tata letak dari fasilitas yang diperlukan untuk
mencipatakan produk atau rancangan juga menjelaskan mengenai rencana jumlah
produk perbulan atau pertahun.
3.
Mengelola Karyawan
Menjelaskan mengenai lingkungan kerja
yang digunakan untuk memotivasi karyawan dan rencana pelatihan, evaluasi, dan
pemberian kompensasi atau balas jasa kepada karyawan.
Rencana
Pemasaran
Difokuskan pada target pasar,
disamping kerakteristik produk, penentuan harga, distribusi dan promosi.
1.
Target Pasar
Menjelaskan mengenai profil /
karakteristik. Misalnya tingkat umur atau pengasilan. Pelanggak yang akan
membeli produk, karena mereka membentuk target pasar.
2.
Karakteristik Produk
Menjelaskan ciri khas produk ( Mengapa
pelanggan ingin membeli produk kita )
3.
Penentuan Harga
Penawaran harga yang diusulkan dari
produk harus diumumkan. Harga produk serupa yang dijual peasing harus
disebutkan pula, karena harga akan memperngaruhi permintaan untuk produk.
4.
Distribusi
Cara produk yang akan didistribusikan
pelanggan harus diterangkan. Beberapa produk dijual langsung ke pelanggan.
5.
Promosi
Strategi promosi harus konsisten
dengan profil pelanggan. Misalnya produk untuk menarik para pelajar harus
diiklankan melalui koran kampus.
Rencana
Keuangan
Rencana ini harus menjelaskan mengapa
bisnis ini layak dan harus juga menunjukkan bagaimana bisnis ini akan didanai,
yaitu berapa dana dari pemilik dan berapa dari krditor
Memperkirakan
Suatu Rencana Bisnis
Banyak ide bisnis yang pada mulanya kelihatan cukup dapat dipertanggung
jawabkan tidak dapat dilaksanakan karena para wiraswastanya mempunyai berbagai
macam hal yang harus dipikirkan sesudah mengembangkan rencana bisnis. Beberapa
hal yang harus dipikirkan mungkin berkaitan dengan potensi keuntungan yang
dihasilkan oleh bisnis tersebut.
Assalamualaikum, ka izin copas ya buat tugas... Terimakasih
BalasHapus