Nama : Ir. Agus Cholik, M.M.
Jabatan : Kepala Biro Organisasi dan Prosedur
PT.
Petrokimia Gresik
1. Tanya : Sudah berapa lama Bapak menjabat
sebagai manajer ?
Jawab : Lebih kurang 3 tahun
2. Tanya : Bagaimana kesan-kesan Bapak terhadap
pekerjaan manajer ?
Jawab : Menjadi manajer
merupakan suatu tanggung jawab yang besar
3. Tanya : Menurut pendapat Bapak, apakah yang
dimaksud dengan manajer ?
Jawab : Manajer adalah seseorang
yang diberi tugas untuk memenej sumberdaya yang dimilikinya, baik berupa SDM
maupun sumberdaya lain, untuk mencapai suatu tujuan.
4. Tanya : Keahlian apa saja yang harus dimiliki
seorang manajer ?
Jawab : Kemampuan untuk
mengatur/memenej karyawan, kemampuan
untuk menyelesaikan tugas-tugas yang menjadi tanggung jawabnya, kemampuan dalam
mengambil suatu keputusan, serta kemampuan untuk berkomunikasi.
5. Tanya : Kewajiban dan tugas apa saja yang Bapak
miliki sebagai seorang manajer ?
Jawab : Menyelesaikan semua
tugas yang diberikan oleh direksi, dalam hal ini adalah tugas-tugas biro
organisasi dan prosedur, yang salah satu tugasnya adalah membuat suatu prosedur
dan organisasi bagi seluruh bagian di PT. Petrokimia Gresik. Disamping itu juga
harus dapat mengatur para karyawan, serta mengawasi pekerjaan yang dilakukan
oleh mereka.
6. Tanya : Bagaimana cara Bapak untuk memotivasi
kerja para karyawan ?
Jawab : Mendorong dengan memberikan
pelatihan-pelatihan, memberi penghargaan/reward, serta memberikan punishment.
7. Tanya : Ada berapa tipe atau jenis manajer di
PT. Petrokimia Gresik ?
Jawab : Ada tiga tingkatan manajer, yang paling
atas adalah direksi, yang terdiri dari beberapa dewan direksi yang dikepalai
oleh direksi utama. Dibawahnya adalah kepala biro, kepala departemen, dan ada
juga kepala kompartemen. Dan yang paling bawah adalah kepala bagian dan kepala
seksi.
A. DEFINISI
Manajer merupakan suatu
jabatan yang sangat penting dalam suatu perusahaan, baik dalam perusahaan
besar, menengah, dan juga kecil. Karena tanpa manajer, maka perusahaan itu
tidak akan berjalan dengan sistematis sesuai dengan prosedur, bahkan juga dapat
menjadi tidak efisien serta tidak efektif yang pastinya dapat merugikan
perusahaan.
Kali ini kami mewawancarai
salah satu manajer PT. Petrokimia Gresik, Bapak Ir. Agus Cholik, M.M. Beliau
menjabat sebagi manajer biro organisasi dan prosedur (BPO). Menurut beliau yang
dimaksud dengan manajer adalah, seseorang yang diberi tugas untuk memenej
sumberdaya yang dimilikinya, baik berupa SDM maupun sumberdaya lain, untuk
mencapai suatu tujuan.
Manajemen adalah
pendayagunaan SDM dengan cara yang paling baik agar dapat mencapai rencana,
sasaran dan tujuan perusahaan
B. KETRAMPILAN-KETRAMPILAN
MANAJER
Begitu pentingnya peran
manajer dalam suatu perusahaan. Maka dari itu untuk dapat menjalankan tugas dan
kewajiban dengan baik, seorang manajer harus mempunyai ketrampilan-ketrampilan
khusus. Dalam wawancara, Bapak Ir. Agus Cholik, M.M. menyatakan bahwa seorang
manajer harus memiliki kemampuan untuk mengatur/memenej karyawan, kemampuan untuk menyelesaikan tugas-tugas
yang menjadi tanggung jawabnya, kemampuan dalam mengambil suatu keputusan,
serta kemampuan untuk berkomunikasi.
Yang pertama, kemampuan untuk
mengatur/memenej karyawan. Hal ini wajib dimiliki oleh seorang manajer karena
sangat erat kaitanya dengan fungsi dan tugas manajer itu sendiri. Kemempuan ini
tergolong sebagai ketrampilan interpersonal. Apabila seorang manajer tidak
dapat mengatur para karyawanya, maka pekerjaan para karyawan akan menjadi
berantakan.
Yang kedua, kemampuan untuk
menyelesaikan tugas-tugas yang menjadi tanggung jawabnya. Kemampuan ini dapat
disebut juga dengan ketrampilan teknis. Keahlian ini perlu dimiliki untuk dapat
memahami tipe-tipe tugas yang dikelola.
Yang ketiga, kemampuan dalam
mengambil keputusan. Keahlian ini dibutuhkan agar dapat menentukan cara
mengalokasikan sumberdaya yang dimiliki perusahaan berdasar pada informasi yang
ada. Kemampuan ini dapat dikatagorikan sebagai ketrampilan konseptual.
Yang keempat, kemampuan untuk
berkomunikasi. Kemampuan berkomunikasi ini adalah contoh dari pada ketrampilan
interpersonal. Seorang manajer harus dapat mengkomunikasikan tugas-tugas dengan
jelas kepada para karyawan serta berkomunikasi pada karyawan yang telah
melakukan kesalahan dalam pekerjaanya. Disamping itu juga, kemampuan
berkomunikasi juga berguna untuk mendengarkan keluhan-keluhan para karyawan dan
mencoba mengatasi permasalahan yang mereka hadapi.
C. TIPE-TIPE
MANAJER
Dalam PT. Petrokimia Gresik,
ada tiga tingkatan manajer, Yang paling atas adalah direksi, yang terdiri dari
beberapa dewan direksi yang dikepalai oleh direksi utama. Dibawahnya adalah
kepala biro, kepala departemen, dan ada juga kepala kompartemen. Dan yang
paling bawah adalah kepala bagian dan kepala seksi.
Dewan direksi adalah manajer
puncak karena berada di puncak hirarki organisasi dan bertanggung jawab atas
organisasi secara menyeluruh.
Dibawah dewan direksi
terdapat kepala biro, kepala departemen, serta kepala kompartemen yang
tergolong sebagai manajer madya, yaitu
manajer yang bekerja pada level menengah
dari organisasi dan bertanggung jawab atas departemen-departemen
penting.
Yang paling bawah adalah
manajer lini depan seperti kepala bagian dan kepala seksi. Manajer lini depan
mempunyai posisi pada level manajemen pertama atau kedua dan bertanggung jawab
secara langsung atas produksi barang dan jasa.
D. FUNGSI
MANAJEMEN
Dlam wawancara,
bapak Ir. Agus Cholik, M.M. menyatakan bahwa manajer mempunyai tugas untuk
membuat suatu prosedur dan organisasi bagi seluruh bagian di PT. Petrokimia
Gresik. Disamping itu juga harus dapat mengatur para karyawan, serta mengawasi
pekerjaan yang dilakukan oleh mereka.
Jadi dapat ditarik
kesimpulan, bahwa ada empat fungsi manajer. Yang pertama adalah Perencanaan.
Perencanaan adalah menentukan tujuan dan cara untuk mencapai tujuan tersebut.
Yang kedua adalah
pengorganisasian. Yang dimaksud dengan pengorganisasian adalah memberikan
tanggung jawab untuk penyelesaian.
Yang ketiga adalah
kepemimpinan. Definisi dari kepemimpinan adalah menggunakan pengaruh untuk
memotivasi karyawan. Hal ini dapat dilakukan dengan cara memberikan
pelatihan-pelatihan, memberikan penghargaan/reward, serta memberikan
punishment.
Yang terakhir
adalah pengendalian. Fungsi pengendalaian ini berkaitan dengan pengawasan,
monitoring terhadap aktivitas yang dilakukan oleh para karyawan, kemudian
selanjutnya melakukan koreksi.
E. MEMOTIVASI
KARYAWAN
Memotivasi karyawan adalah
hal yang essential yang harus dilakukan oleh seorang manajer karena hal ini
dapat meningkatkan kinerja para karyawan sehingga perusahaan akan semakin maju
dan berkembang.
Ada beragam cara yang dapat
dilakukan untuk memotivasi para karyawan. Beberapa cara yang digunakan oleh Ir.
Agus Cholik, M.M. adalah dengan mendorong para karyawan dengan memberikan
pelatihan-pelatihan. Disamping itu juga memberikan penghargaan/reward kepada
karyawan yang berprestasi. Dan juga sebaliknya, beliau tak segan-segan
memberikan suatu punishment/hukuman kepada karyawan yang melakukan kesalahan.
F. BAGAIMANA RASANYA MENJADI SEORANG MANAJER ?
Beliau
mengatakan bahwa menjadi seorang manajer merupakan suatu tanggung jawab yang
besar. Oleh karena itu, menjadi seorang manager yang sukses membutuhkan
campuran antara pembelajaran formal dan latihan, seni dan juga ilmu.
G. PARADIGMA MANAJEMEN YANG BERUBAH
• Pengertian
Paradigma
Sebuah pemahaman umum yang
menyangkut cara-cara berfikir, cara
memandang dan memahami dunia.
• Hal-hal
yang mempengaruhi berkembangnya suatu organisasi
- Globalisasi
- Teknologi
- Keragaman (diversity)
- Hubungan kerja
0 komentar:
Posting Komentar