Produk
Strategi produk mengetengahkan cara perusahaan memperoleh
pendapatan, sedangkan strategi penentuan harga mempengaruhi permintaan akan
produk yang dihasilkan.
Produk dapat didefinsikan secara luas dengan mencakup barang fisik
dan jasa yang dapat memuaskan pelanggan setiap waktu. Dengan cara ini
perusahaan dapat menghasilkan tingkat pertumbuhan penjualan yang sangat tinggi,
yang biasanya meningkatkan nilai mereka.
Kebanyakan produk diproduksi untuk melayani konsumen dapat
diklasifikasikan sebagai :
- produk konsumen : produk yang sering dibeli oleh para konsumen dan sangat mudah didapat
- produk belanja : produk belanja tidak sering dibeli
- produk spesial : produk yang dimaksudkan untuk konsumen tertentu yang spesial dan oleh karenanya memerlukan upaya khusus untuk memperolehnya
lini produk adalah serangkaian produk dan jasa yang berhubungan yang
ditawarkan oleh sebuah perusahaan.
Bauran produk adalah berbagai campuran produk yang ditawarkan oleh
sebuah perusahaan
Mengidentifikasi
Target Pasar
Target pasar adalah kelompok individual atau organisasi yang
memiliki karakteristik yangsama yang mungkin akan membeli produk tertentu.
Target pasar secara luas dapat diklasifikasikan sebagai pasar konsumen, pasar
untuk berbagai produk dan jasa konsumen ; atau pasar industri, ada untuk berbagai produk
industri yang dibeli oleh perusahaan
1.
Demografis
2.
Geografis
3.
faktor - faktor ekonomi
4.
nilai - nilai sosial
·
mengembangkan ide baru
·
menilai kelayakan akan ide
produk yang dibutuhkan perbandingan keuntungan yang diharapkan dengan biaya
produksi
·
Rancangan produk dan pengujiannya dengan
beberapa pelanggan dalam target pasar
·
mendistribusikan produk
·
pengawasan pasca produksi
apakah produksi tersebut membutuhkan paerbaikan dengan cara apa.
Fase fase dalam siklus kehidupan produk adalah
·
fase pengenalan dimana konsumen
diinformasikan tentang produk tersebut
·
fase pertumbuhan, dimana produk
tersebut lebih populer dan pangsa pasarnya naik
·
fase kedewasaan, dimana tingkat
volume penjualan mencmencapai puncaknyadiakhir masa pertumbuhan, kemudian
penjualan jadi semakin mendatar.
·
fase penurunan, dimana volume
penjualan turun akibat persaingan atau turunnya permintaan konsumen
Faktor-faktor
kunci yang mempengaruhi keputusan harga adalah: biaya produksi, suplai
persedian, harga pesaing
Strategi Distribusi
Saluran distribusi terdiri dari
- Saluran langsung , produsen melakukan transaksi langsung dengan pelanggan. Keuntungan dari saluran ini adalah perbedaan yang jelas antara biaya produksi dan harga yang dibayar oleh pelanggan kepada konsumen kemudian keuntungan lainnya adalah produsen dapat memperoleh masukan secara langsung dari pelanggan. Kerugian dari distribusi ini adalah produsen memerlukan lebih banyak karyawan, produsen mungkin harus menjualnya produknya secara kredit saat menjualnya kepada konsumen
- Saluran satu-tingkat, satu perantara pemasaran berada diantara produsen dan konsumen.
- Saluran dua tingkat, dua perantara pemasaran berada diantara produsen dan konsumen.
Faktor-faktor
yang menentukan optimalisasi saluran distribusi
Saluran distribusi yang paling bagus tergantung pada karateristik
produk, seperti kemudahan dalam
pengangkutan, tingkat standarisasi, dan kemampuan untuk memenuhi pesana dari
internet
Memilih
tingkat cakupan pasar
Setiap perusahaan yang menggunakan perantara pemasaran harus
menentukan rencana atas cakupan pasar,
tingkatan atas distribusi produk diantara toko pengecer. Cakupan pasar dapat
pula diklasifikasikan menjadi 3 yaitu distribusi intensif, distribusi selektif,
distribusi selektif.
Proses distribusi yang cepat tidak hanya memuaskan pelanggan, tetapi
juga menurunkan jumlah dana yang akan digunakan untuk mendorong proses ini.
Perusahaan akan mempercepat distribusi mereka dengan mengurangi saluran-saluran
distribusi. Alternatif lain, mereka akan meningkatkan interaksi diantara proses
distribusi dan produksi. Proses distribusi akan bergantung pada proses produksi
agar produk siap ketika dibutuhkan
Pedagang grosir melayani produsen untuk : memelihara pembelian
produk digudang mereka sendiri, sehingga produsen mengelola hanya sedikit
persediaan, menggunakan keahlian penjualan mereka untuk menjual produk kepada
pengecer, mengantarkan produk kepada pengecer, mengasumsikan resiko kredit
apabila pengecer tidak membayar tagihannya, menyediakan informasi untuk produsen
tentang produk pesaing yang dijual ditoko eceran.
Pedagang grosir melayani pengecer untuk
·
memelihara cukup persediaan
sehingga pengecer dapat memesan dalam jumlah kecil tetapi sering,
·
kadang mempromosikan produk
yang mereka jual kepada pengecer,
·
menyusun display produk kepada
pengecer,
·
menawarkan kredit produk kepada
pengecer, menginformasikan pengecer tentang kebijakan yang diterapkan oleh
pengecer lain yang berkenaan dengan penentuan harga produk, alokasi produk,
·
alokasi ruangan dan sbgnya
Saluran integrasi vertikal mengelola lebih dari satu tingkatan
sistem distribusi oleh perusahaan tunggal. Alternatif lain adalah perantara
memutuskan untuk membuat produk tersebut elain memesannya dari produsen
Strategi Promosi
Upaya promosi dapat meningkatkan penjualan atau setidaknya mencegah
penurunan penjualan karena merek tertentu tetap berada dibenak konsumen.
Konsumen diinformasikan tentang keunggulan produk dan anggapan terhadap
kredibilitas produk akan naik.
Bentuk media utama dalam periklanan adalah surat
kabar, majalah, radio, televisi, internet, surat , telemarketing, iklan outdoor, iklan
transportasi, dan iklan khusus
Langkah penting yang terkait dengan penjualan personal adalah
·
mengidentifikasi target pasar
·
menghubungi pelanggan potensial
·
melakukan presentas penjualan
·
menjawab pertanyaan pertanyaan
·
menutup penjualan
·
melakukan tindak lanjut
Metode promosi
yang paling umum termasuk
·
rabat, dimana perusahaan
memeberi pengembalian dana setelah produk dibeli
·
kupon, yang dapat memungkinkan
produk untuk dijual kepada konsumen tertentu dengan memberikan diskon harga
·
sampling
·
display
·
premium, dimana pemberiaan atau
hadiah diberikan gratis kepada konsumen yang memiliki produk tertentu
Perusahaan dapat menggunakan hubungan masyarakat untuk meningkatkan
produk atau kesan perusahaan. Jenis strategi hubungan masyrakat yang paling
umum, adalah
·
acara khusus, dimana perusahaan
mensponsori sebuah acara untuk mempromosikan produknya
·
Rilis berita, yang merupakan
pengumuman singkat tertulis tentang perusahaan yang diberikan kepada media
·
Konfrensi pers, yang merupakan
pengumuman lisan tentang perusahaan kepada media
Ketika
perusahaan memilih gabungan promosi yang optimal, yang digunakan untuk
mempromosikan suatu produk, mereka akan mempertimbangkan
·
Target pasar
·
Anggaran promosi
0 komentar:
Posting Komentar