Bab 2
Memilih Bentuk
Kepemilikan Bisnis
KEMUNGKINAN BENTUK KEPEMILIKAN BISNIS.
Ada tiga
bentuk kepemilikan bisnis, yaitu :
Ø Perusahaan perseorangan.
Ø Perusahaan kemitraan (firma atau CV).
Ø Korporasi.
Perusahaan Perseorangan
Adalah suatu
bisnis yang dimiliki oleh pemilik tunggal.
*Karakteristik
Perusahaan Perseorangan yang Berhasil :
- Bertanggung jawab penuh atas
kinerja kerja perusahaan.
- Bekerja tanpa mengenal waktu.
- Mempunyai kemampuan kepemimpinan
yang kuat, teliti berorganisasi, dan berkomunikasi baik dengan pekerja.
*Keuntungan Perusahaan Perseorangan :
- Semua laba hanya untuk pengusaha
perseorangan.
- Organisasi sederhana.
- Pengendalian seutuhna.
- Pajak rendah.
*Kerugian
Perusahaan Perseorangan :
- Pengusaha perseorangan
bertanggung jawab atas semua kerugian.
- Tanggung jawab tidak terbatas.
- Dana terbatas.
- Keterampilan terbatas.
Perusahaan Kemitraan
Bisnis yang
dimiliki oleh dua orang atau lebih secara bersama (partnership). Di
Indonesia disebut Firma atau CV. Perusahaan kemitraan ada beberapa macam yaitu :
- Perusahaan kemitran umum (general partnership). Adalah
perusahaan kemitraan dimana semua pengusaha punya tanggung jawab tidak
terbatas. Mitra disisi adalah pengusaha diman tanggung jawabnya terbatas atas modal atau properti yang
mereka konstribusikan ke dalam perusahaan kemitraan.
- Perusahaan kemitraan terbatas (limited partnership). Adalah
perusahaan yang memiliki beberapa mitra pengusaha dengan tanggung jawab
terbatas. Mitra disini adalah pengusaha yang mengelola bisnis, menerima
gaji, membagi rugi / laba daripada bisnisnya dan dan mempunyai tanggung
jawab tidak terbatas.
*Keuntungan
Perusahaan Kemitraan :
- Dana tambahan.
- Kerugian ditanggung bersama.
- Lebih ada spesialisasi.
*Kerugian
Perusahaan Kemitran :
- Berbagi pengendalian.
- Tanggung jawab tak terbatas.
- Berbagi laba.
S-Coration
Perusahaan
yang mempunyai 75 peilik atau kurang dan memenuhi kriteria lain. Laba
didistribusikan kepada para pemilik dan dikenakan pajak dengan tarif
masing-masing pajak penghasilan pribadi.
Perusahaan dengan Tanggung Jawab
Terbatas (LLC)
Perusahaan
yang memiliki ciri khusus sebagai perusahaan kemitraan umum, tetapi juga
menawarkan mitra pengusaha dengan tanggung jawab terbatas.
Perbedaan antara Perusahaan dengan
Perusahaan Kemitraan
Perbedaab
umum dari perusahaan perseorangan dengan perusahaan kemitraan dapat digambarkan
dengan menganggap bagaimana rugi dari laba akan tergantung dari bentuk
kepemilikan bisnis yang kita pilih.
Korporasi
Suatu
badan hukum yang membayar pajak dan secara hukum terpisah dari para pemiliknya.
Mendirikan
suatu korporasi, seorang induvidu atau kelompok harus memakai akta pendirian perusahaan, atau dokumen yang digunakan untuk mendirikan
suatu bisnis dan mendaftarkannya kepada pemerintah.
Korporasi dengan Kepemilikan Terbatas
Versus Korporasi dengan Kepemilikan Umum
Masyarakat
menjadi pemilik korporasi dengan membeli beberapa sahamnya. Banyak korporasi
kecil dengan kepemilikan terbatas
maksudnya kepemilikan hanya diperuntukan kepada sejumlah kecil kelompok
investor.
Kebanyakan
korporasi besar adalah perusahaan dengan kepemilikan umum, artinya
saham-sahamnya dapat dengan mudah dibeli dan dijual oleh para investor.
Kegiatan
suatu perusahaan yang menerbitkan saham untuk pertama kali disebut Go publik.
*Keuntungan dari Korporasi
- Tanggung jawab terbatas.
- Akses terhadap dana.
- Transfer kepemilikan.
*Kerugian dari Korporasi
- Biaya keorganisasian yang tinggi.
Biaya untuk mengorganisasikan suatu bisnis biasanya akan lebih besar
apabila bisnis bentuk korporasi daripada bentuk lain.
- Pemberitaan mengenai keuangan. Apabila
saham korporasi diperdagangkan secara terbuka, investor umum juga berhak
mengetahui data keuangan perusahaan, sampai pada batas tertentu.
- Masalah keagenan. Ketika para
mamajer tidak bertindak sebagai agen yang bertanggung jawab kepada para pemegang saham sebagai
pemilik bisnis.
- Pajak yang tinggi. Karena
korporasi merupakan badan hukum yang terpisah, ia terkena pajak yang
terpisah pila.
METODE UNTUK MEMILIKI
BISNIS YANG TELAH ADA
Ø Mengambil kepemilikan dari bisnis
keluarga.
Ø Mwmbeli bisnis yang telah ada.
Ø Franchise (waralaba) (izin bisnis di
daerah tertentu)
Mengambil Kepemilikan dari Bisnis
Keluarga
Ini
dapat menjadi cara yang ideal untuk memiliki bisnis karena kinerja dapat
diprediksikan selama para karyawan utama masih bekerja terus di sana.
Membeli Bisnis yang Tlah Ada
Orang
yang berfikir ingin membeli bisnis yang
ada harus menentukan apakah mereka punya keahlian menjalankan bisnis atau
paling sedikit memonitor secara seksama para manajernya.
Franchising
Adalah
suatu pengaturan perjanjian dimana seorang pemilik bisnis (frinchisor) memperbolehkan pemilik bisnis lain (franchisee) memakai
merek dagangnya, atau meniru haknya dalam kondisi tertentu. Setiap waralaba
biasanya dimiliki oleh pengusaha perseorangan.
Jenis Waralaba
Ø Distributor (distributorship). Jenis
waralaba dimana dealer boleh menjual produk hasil sebuah manufaktur.
Ø Bisnis gaya rantai (chain-style
business). Jenis waralaba di mana perusahaan boleh menggunakan nama dagang dari
perusahaan dan mengikuti petunjuk yang berhubungan dengan harga dan penjualan
produk.
Ø Pengaturan manufaktur (manufacturing
arrangement). Jenis waralaba di mana perusahaan boloeh membuat manufaktur suatu
produk dengan memakai formula yang diberikan oleh perusahaan lain.
*Keuntungan Waralaba
- Gaya pengelolaan yang telah
terbukti.
- Nama yang telah dikenal.
- Dukungan dana.
*Kerugian Waralaba
- Berbagi keuntungan.
- Pengendalian keuntungan.
BAGAIMANA PEMILIK
MENGUKUR KINERJA BISNISNYA
- Imbalan atas penanaman modalnya.
- risiko dari penanaman modal
mereka.
Imbalan atas Penanaman Modal
Laba
Perusahaan (ROE) = Laba setelah Pajak (Earning After Tax-EAT)
Ekuitas (Equity)
Risiko
Tingkat
ketidak pastian suatu perusahaan tentang suatu perusahaan di masa yang akan
datang.
Kerja sa Lintas
Fungsional
Sumber risiko dalam Fungsi Bisnis
Ciri
kesalahan yang dapat menyebabkan pengeluaran produksi yang berlebihan :
- Mempekerjakan karyawan lebih dari
yang diperlukan , yang menyebabkan pengeluaran biaya operasi lebih tinggi.
- mempekerjakan karyawan kurang
dari yang diperlukan, yang menghalangi perusahaan dalam mencapai volume
atau kualitas produksi yang diinginkan.
- mempekerjakan karyawan yang
kurang memiliki keterampilan yang tepat atau kurang pelatihan.
- menanamkam modal yang lebih
banyak ke dalam peralatan atau mesin daridapa yang diperlukan, sehingga
mengakibatkan biaya operasi juga tinggi.
- menanamkan ke dalam peralatan
atau mesin kurang daripada yang dibutuhkan, sehingga menghalangi
perusahaan mencapai volume atau kualitas produk yang diinginkan.
Kesalahan
pemasaran yang sering terjadi yang dapat mengakibatkan kinerja yang buruk :
- Terlalu banyak pengeluaran untuk
program pemasaran.
- Program yang tidak efektifyang
tidak mendorong penerimaan perusahaan.
Kesalahan
keuangan yang sering terjadi yang dapat mengakibatkan kinerja yang buruk :
- Meminjamkan uang terlalu banyak,
yang mengakibatkan tingkat pengeluaran suku bunga yang tinggi per
tahunnya.
- meminjam uang yang tidak
mencukupi yang menghalangi perusahaan dari menanamkan dana yang diperlukan
supaya berhasil.
Bab 3
Etika
Bisnis dan
Tanggung
Jawab Sosial
Yang
dimaksud dengan etika bisnis adalah suatu rangkaian bisnis yang harus dimiliki
apabila menjalankan bisnis. Dan yang dimaksud dengan tanggung jawab sosial adalah suatu pengakuan
perusahaan bahwa perusahaan bahwa keputusan bisnis dapat mempengaruhi
masyarakat.
TANGGUNG JAWAB KEPADA
PELANGGAN
- Praktik tanggung jawab produksi.
- Praktik tanggung jawab penjualan.
Cara Perusahaan Menjamin Tanggung
Jawab Sosial Kepada Pelanggan
- Ciptakan kode etik.
- Pantaulah semua keluhan.
- Umpan balik pelanggan.
Cara Konsumerisme Menjamin Tanggung
Jawab terhadap Pelanggan
Konsumerisme
adalah permintaan kolektif oleh pelanggan dimana bisnis memenui kebutuhan
mereka.
Cara Pemerintah Menjamin Tanggung
Jawab Terhadap Pelanggan
- Peraturan pemerintah tentang
keamanan produk. Pemerintah melindungi konsumen dengan memberikan
peraturan atas beberapa produk perusahaan.
- Peraturan pemerintah mengenai
periklanan. Pemerintah menciptakan hukum yang melarang iklan yang
menyesatkan.
- Peraturan pemerintah mengenai
kompetisi Industri. Dalam perusahaan menciptakan bermacam-macam perjanjian-perjanjian
untuk menentukan harga tanpa mengindahkan pesaing. Suatu perusahaan
mempunyai monopoli apabila ia adalah penyedia tunggal dari barang dan
jasa.
TANGGUNG JAWAB KEPADA
KARYAWAN
Perusahaan
juga mempunyai tanggung jawab kepada karyawannya untuk meyakinkan atas :
1. Rasa aman para karyawan.
2. Perlakuan yang layak oleh karyawan
lain.
3. Kesempatan yang sama.
Cara Perusahaan Meyakinkan Tanggung
Jawab kepada Para Karyawan
- Ciptakanlah suatu proses mediasi, dimana seseorang yang netral di
luar perusahaan (dinamakan mediator) memperkirakan keluhan karyawan dan
memberikan usulan suatu solusi.
- Sediakan layanan on-line bagi para karyawan yang menjadi
diskriminasi, pelecehan, atau PHK yang tidak wajar.
- Berikan kebebasan untuk memberi pendapat atau menyampaikan
keluhan di depan paneldari karyawan lain yang menentukan apakah keluhan
karyawan valid, berdasarkan peraturan yang berlaku.
TANGGUNG
JAWAB KEPADA PEMEGANG SAHAM
*Cara
Perusahaan Meyakinkan Tanggung Jawab.
Sebaiknya
perusahaan memberikan layanan on-line via internet maupun via telephone, agar
memudahkan para pemegang saham untuk mendapatkan informasi tentang sahamya,
seperti tingkat harga sahamnya dan deviden terakhir.
*Cara
pemegang saham meyakinkan tanggung jawab.
Investor
institusional adalah institusi keuangan yang membeli saham dalam jumlah besar.
*Konflik
dengan kompensasi eksekutif yang berlebihan.
Seorang
menajer perusahaan dapat memuaskan para pemegang saham dengan memastikan bahwa
dana yang ditambahakan oleh para pemegang
saham digunakan secara baik.
TANGGUNG JAWAB KEPADA
PARA KREDITOR
- Polusi udara. Cara mencegahnya :
merevisi proses produksi lebih sedikit CO2 berterbangan di udara terbuka.
- Polusi tangah. Cara mencegahnya :
memisahkan sampah yang beracun dengan sampah yang dapat didaur ulang. Dan
membuang sampah beracun ke tempat pembuangan sampah beracun.
TANGGUNG JAWAB KEPADA
KOMUNITAS
- Mensponsori suatu even lokal atau
memberikan donasi kepada kelompok sosial lokal.
- Menyediakan harga yang
pantas kepada konsumen.
BIAYA UNTUK MEMENUHI
TANGGUNG JAWAB SOSIAL
- Produk yang didasilkan tidak
membahayakan lingkungan.
- Saling memperlakukan pegawai
dengan baik.
- Harus memastikan bahwa telah mengirimkan produk yang bisa dipertanggung jawabkan kepada pelanggan.
KABAR BAIK!!!
BalasHapusNama saya Mia.S. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial, dan putus asa, saya telah scammed oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 JUTA) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dengan tingkat bunga hanya 2%.
Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah saya diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena aku berjanji padanya bahwa aku akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman dalam bentuk apapun, silahkan hubungi dia melalui emailnya: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com
Anda juga dapat menghubungi saya di email saya ladymia383@gmail.com dan miss Sety yang saya diperkenalkan dan diberitahu tentang Ibu Cynthia dia juga mendapat pinjaman dari Ibu Cynthia baru Anda juga dapat menghubungi dia melalui email nya: arissetymin@gmail.com Sekarang, semua yang saya lakukan adalah mencoba untuk bertemu dengan pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening bulanan.