Etika bisnis adalah rangkaian dasar yang harus diikuti apabila menjalankan
bisnis. Dimana pelaku bisnis harus ber-tanggung
jawab sosial, yang merupakan suatu pengakuan bahwa keputusan bisnis dapat
mempengaruhi masyarakat.
AKIBAT KEPUTUSAN-KEPUTUSAN YANG TIDAK ETIS
Karyawan terus-menerus membuat keputusan bisnis yang mungkin
dipengaruhi oleh etika bisnis. Di bawah ini contoh keputusan bisnis yang tidak
etis :
- Seorang karyawan dari dealer mobil ingin menjual sebuah mobil dengan harga stiker (sesuai daftar harga) kepada semua pelanggan yang tidak sadar bahwa biasanya harga penjualan adalah paling tidak $2.000 di bawah harga stiker. Karyawan dibayar atas dasar komisi clan akan menerima penghasilan lebih jika pelanggan membayar harga lebih tinggi. Kesimpulan: Keuntungan untuk karyawan penjualan, sebaliknya yang menderita pelanggan.
- Seorang karyawan perusahaan komputer yang dibayar berdasarkan komisi cenderung menjual komputer jauh lebih mahal kepada pelanggan daripada yang diperlukan. Akibatnya: Keuntungan untuk karyawan, akibat sebaliknya untuk pelanggan.
- Seorang manajer mempekerjakan seorang ternan, walaupun ternan tersebut bukan pelamar yang baik. Akibatnya: Keuntungan bagi manajer, akibat sebaliknya untuk pelamar lain yang sebenarnya lebih pantas mendapatkan pekerjaan tersebut.
TANGGUNG JAWAB KEPADA PELANGGAN
Perusahaan mempunyai tanggung jawab ketika memproduksi dan menjual
produknya, yang akan didiskusikan kemudian.
Tanggung Jawab Produksi
Produk harus diproduksi dengan keyakinan menjaga keselamatan
pelanggan. Label peringatan yang seharusnya ditempelkan pada produk untuk
melindungi terhadap adanya kecelakaan yang dapat timbul karena salah dalam
penggunaan.
Tanggung Jawab Penjualan
Perusahaan perlu petunjuk yang membuat karyawan tidak berani
menggunakan strategi penjualan yang terlalu agresif atau advertensi yang
menyesatkan. Mereka juga memakai survei kepuasan pelanggan untuk meyakinkan bahwa
pelanggan diperlakukan dengan semestinya oleh karyawan bagian penjualan.
Cara Perusahaan Menjamin Tanggung Jawab Sosial kepada
Pelanggan
Perusahaan dapat menjamin tanggung jawab sosial kepada pelanggannya
dengan beberapa tahapan berikut ini :
- Ciptakan kode etik
- Pantaulah semua keluhan
- Umpan balik pelanggan
Cara Pemerintah Menjamin Tanggung Jawab terhadap
Pelanggan
Peraturan Pemerintah tentang Keamanan Produk. Pemerintah melindungi
konsumen dengan memberikan peraturan atas beberapa produk perusahaan. Misalnya,
The Food & Drug Adm. (FDA) bertanggung jawab untuk mengetes produk makanan
untuk menentukan apakah mereka memenuhi syarat tertentu. FDA juga menguji
obat-obatan baru yang dikembangkan perusahaan. Karena potensi efek samping
tidak bisa segera diketahui, FDA menguji beberapa obat secara kontinu dalam
beberapa tahun.
Peraturan Pemerintah Mengenai Periklanan. Pemerintah federal juga
telah menciptakan hukum yang melarang iklan yang menyesatkan. Namun masih juga
belum bisa melindungi semua praktik bisnis yang tidak etis.
Peraturan Pemerintah Mengenai Kompetisi Industri. Merupakan cara
lain di mana pemerintah menjamin bahwa konsumen diperlakukan sebagaima mestinya
yaitu dengan mempromosikan persaingan dalam hampir seluruh industri. Persaingan
antar-perusahaan menguntungkan pelanggan, karena perusahaan memberikan harga
terlalu berlebihan atau memproduksi barang yang kualitasnya tidak dapat
diterima tidak akan bertahan dalam lingkungan persaingan. Sedangkan perusahaan
yang merupakan penyedia tunggal dari barang atau jasa disebut monopoli.
TANGGUNG JAWAB KEPADA KARYAWAN
Perusahaan juga mempunyai tanggung jawab kepada karyawannya untuk
meyakinkan rasa aman, perlakuan yang wajar dari karyawan lain dan kesempatan
yang sarna.
Rasa Aman Para
Karyawan
Perusahaan harus dapat meyakinkan bahwa tempat kerja adalah aman
untuk para karyawan dengan cara selalu memonitor secara saksama proses
produksi. Beberapa cara penghindaran akan bahaya adalah dengan mengecek mesin dan
peralatan supaya selalu dalam kondisi kerja yang layak, perlu kaca pengaman
atau peralatan lain yang dapat melindungi dari kecelakaan. Dan menekankan pada
setiap peringatan keselamatan dalam seminar pelatihan.
Perlakuan layak oleh Karyawan lain
Perusahaan
bertanggung jawab untuk meyakinkan bahwa para karyawan diperlakukan layak oleh
karyawan lain. Dua kunci isu mengenai perlakuan terhadap karyawan adalah
beraneka ragam etnis / budaya / kulit (diversitas)
dan perlindungan terhadap pelecehan seksual.
TANGGUNG JAWAB KEPADA PEMEGANG SAHAM
Perusahaan bertanggung jawab untuk memuaskan pemilik mereka
(pemegang saham). Karyawan mungkin tergoda untuk membuat keputusan yang
memuaskan kepentingannya saja daripada
kepentingan pemiliknya.
Cara Perusahaan Meyakinkan Tanggung Jawab
Manajer perusahaan memonitor keputusan perusahaan untuk meyakinkan
bahwa mereka, membuatnya untuk kepentingan pemiliknya. Pemilik perusahaan
menyadari bahwa perusahaan akan butuh biaya untuk memen tanggung jawab seperti
keamanan karyawan clan perlindungan terhadap polusi/Usc perusahaan memberikan
sebuah lingkungan yang aman clan bebas polusi mewakili bii yang diperlukan
perusahaan melakukan bisnisnya.
0 komentar:
Posting Komentar