Jim Miller telah menjadi salah satu agen tiket Friendly Airlines selama tiga tahun
terakhir. Pekerjaan ini sangat membutuhkan sebuah perjuangan. Sebagai upaya
mengurangi menggunungnya kerugian yang diderita oleh Friendly Airlines selama beberapa
bulan terakhir, pihak manajemen telah memutuskan untuk melakukan dua hal:
- Memaksimalkan pemesanan
penerbangan mereka sehingga setiap kursi akan terisi
- Meningkatkan pelayanan
mereka kepada pelanggan dan membangun nama perusahaannya agar lebih
dikenal masyarakat.
Tentu saja Jim sebagai inti dari aplikasi atau penerapan
dari kebijakan baru tersebut. Ketika Jim memeriksa para penumpang, ia
diharapkan untuk bersikap ramah dan hangat serta ia telah diperintahkan untuk
mengakhiri setiap transaksi dengan ucapan “Have a nice Flight”.
Masalahnya adalah terkadang ada banyak penumpang yang lebih
memilih untuk memesan langsung daripada hanya sekedar menanyakan ada tidaknya
tempat duduk yang belum dipesan di pesawat. Ternyata, para penumpang ini
menjadi sangat tersinggung dengan Jim dan terkadang berteriak padanya dan
bahkan mengancam dia selama konfrontasi-konfrotasi ini berlangsung, dan membuat
Jim menjadi terdiam.
Wajahnya terlihat merah dan berkeringat. Petunjuk
perusahaan tentang bagaimana cara untuk mengatasi masalah ini sangat tidak
jelas. Bila Jim meminta nasehat kepada supervisornya ia hanya diberitahu untuk
mencoba memesankan para penumpang pada penerbangan lain, tetapi tetap dengan
sikap ramah.
- Apakah Jim menjadi sumber masalah
ini? Apakah yang akan terjadi pada tipe tekanan pekerjaan ini, fisikal,
psikologikal atau hasil dari perilaku?
- Apakah yang dapat dilakukan perusahaan ini untuk
membantu mengurangi tekanan pada pekerjaan Jim?
- Strategi individual apa yang dapat dilakukan oleh Jim
untuk menghadapi situasi ini?
- Ya, karena Jim mempunyai komitimen menjalankan
tanggung jawabnya untuk memenuhi kursi pemesanan tiket hingga penuh tanpa
memperhatikan kapasitas yang seharusnya dimiliki oleh satu penerbangan.
Jim
mengalami tekanan psychological karena mendapatkan tekanan mental baik dari
pelanggan maupun dari supervisornya. Tekanan dari pelanggan, jim mendapatkan
teriakan dan ancaman dari pelanggan yang merasa tersinggung karena merasa
dipermainkan oleh pihak manajemen friendly airlines yang menjanjikan tempat
duduk pada penerbangan yang pelanggan inginkan namun ternyata dialihkan ke
penerbangan lainnya karena kapasitasnya telah penuh. Tekanan dari supervisor,
ketika jim melaporkan masalah ini dan meminta nasehat mengenai penyelesaiannya,
tetapi supervisor justru memberikan jalan keluar dimana disisi lain merugikan
bagi pelanggan karena tidak bisa mengikuti penerbangan sesuai keinginan mereka.
Disamping itu jim harus menyesuaikan dirinya pada kondisi yang sangat sulit
pada dua kondisi yang berbeda, yaitu mengikuti keinginan pelanggan atau
supervisornya. Pada kondisi seperti itu, Jim harus tetap ramah terhadap
pelanggan dan berhati-hati dalam melayani dan menghadapi pelanggan serta harus
bisa menjaga kestabilan emosi ketika menghadapi emosi pelanggan yang memuncak.
- Seharusnya Friendly Airlines tidak menerapkan
kebijakan overbook untuk mengurangi kerugiannya sehingga para pelanggan
yang sangat membutuhkan penerbangan yang mereka inginkan tidak
dikecewakan. Pihak manajemen sebaiknya memberikan alternatif kebijakan
lainnya untuk mengurangi kerugian yang dialami, misalnya menurunkan harga
tiket pesawat menjadi lebih murah dari pesaingnya tetapi tetap memberikan
pelayanan yang terbaik dengan harapan seluruh kursi pada penerbangannya
dapat terisi penuh dan memperbaiki pelayanan kepada pelanggan sehingga
tidak perlu mengalihkan penerbangan yang diinginkan.
Jim memberikan masukan pada pihak manajemen Friendly
Airlines, walaupun perusahaan sedang menderita kerugian, perusahaan harus tetap
memberikan pelayanan yang terbaik kepada para pelanggan dengan menerima segala
keluhan dan keinginan pelanggan agar pelanggan tetap setia pada Friendly
Airlines. Bukan dengan memberikan kebijakan pengalihan penerbangan untuk
mengatasi overbook, Jim harus mengatakan yang sebenarnya kepada para pelanggan
apabila penerbangan yang mereka inginkan telah penuh sehingga pelanggan bisa
mencari sendiri alternatif penerbangan lain tanpa harus dirugikan.
0 komentar:
Posting Komentar