Bab 8 - Halaman 391-393
Keunggulan Starbucks antara lain :
Ø Layanan harus mencakup kecepatan
Ø Ambisi yang kuat untuk ekspansi besar-besaran di
kampung halamannya sendiri dan di luar negri.
Ø Fleksibilitas dan kekuatan manajemen untuk terus
tumbuh
Ø Manajer yang berpengalaman dari
perusahaan-perusahaan besar
Ø Menekankan pentingnya mendengarkan konsumen dan
memberikan apa yang mereka inginkan
Ø Menyesuaikan diri untuk memenuhi kebutuhan pasar
lokal.
Ø Merekrut spesialis teknologi informasi ternama
untuk mendesain sistem poin pnjualan agar manajer dapat mencatat penjualan.
Ø Eksekutif selalu memperhatikan tren pembelian
1. Maka dari itu dapat dilihat, stategi yang
diterapkan oleh starbucks untuk para konsumen antara lain :
ð Pembeli selalu dikondisikan untuk mendapatkan apa
yang mereka mau dengan menekankan pentingnya mendengarkan konsumen.
ð Pembeli selalu dimanja dengan layanan kecepatan
dalam penyajian, mengingat tidak semua pembeli memiliki waktu santai.
ð Selalu menyesuaiakan diri dengan pasar lokal
supaya dapat cukup bersaing dengan para pesaing yang sebelumnya telh menguasai
pasar tersebut.
ð Menggunakan teknologi sistem informasi supaya
dapat melihat dan memprediksi tren pembelian.
2. Yang dilakukan oleh Schultz antara lain :
ð Kepemimpinan dan struktur :
Starbucks
menggunakan manajer yang sudah memiliki pengalaman bertahun-tahun di berbagai
perusahaan besar.
Para eksekutifnya
diberi kebebasan untuk merekrut orang baru dengan kriteria yang lebih pintar
darinya dan apabila rekrutan tersebut memiliki ide yang lebih cemerlang,
starbucks tidak akan mengahalangi langkahnya.
ð Sistem Informasi dan kontrol :
Dengan merekrut
spesailis teknologi informasi ternama, starbuck dapat mendesain sistem poin
secara penjualan, sehingga dapat mencatat penjualan. Lalu informasi itu
dikirimkan ke kantor pusat.
ð SDM :
Merekrut karyawan
dari berbagai macam lapisan masyarakat sehingga ada variasi dalam karyawan
Para karyawan
diberi pelatihan selama 24 jam untuk membuat kopi dan pengetahuan kunci dari
citra perusahaan dan layanan kualitas modern.
3. Selama ini, Starbucks selalu tampil dengan ciri
khas dan penuh gaya. Namun, tidak selamanya sistem itu harus digunakan. Ada
saat-saat dimana memang kita harus melepaskan image maupun mengurangi ciri khas
kita dan menyesuaikan strategi dengan kondisi yang ada di area yang akan kita
ekspansi. Dengan menyesuaikan selera dan kebutuhan lokal tanpa menghilangkan
ciri khas kita sama sekali, maka produk kita akan lebih diminati dan
mendatangkan profit yang lebih besar.
0 komentar:
Posting Komentar