Motivasi yang diberikan
oleh Manajer Matahari Department Store kepada para karyawannya meliputi
beberapa hal. Pemberian motivasi ini diberikan dengan tujuan meningkatkan
kinerja atau produktivitas karyawannya. Beberapa motivasi yang diberikan adalah
sebagai berikut:
§ Pemberian insentif atau bonus. Apabila karyawan bekerja dengan baik,
maka mereka akan mendapatkan bonus untuk kesejahteraan. Besarnya insentif atau
bonus disesuaikan dengan besarnya kontribusi yang diberikan karyawan pada
perusahaan. Semakin besar kontribusi yang diberikan atau semakin tinggi kinerja
para karyawan maka semakin besar pula
kompensensasi yang diterima oleh karyawan berupa insentif atau bonus. Pemberian
insentif ini sesuai dengan dasar motivasi yang berupa Pendekatan Tradisional.
Pendekatan ini mengarah pada pengembangan sistem pembayaran insentif, dimana
orang benar-benar dibayar atas kuantitas dan kualitas hasil kerjanya.
§ Memberikan kesempatan pada karyawan untuk beribadah sesuai dengan
agama dan kepercayaan setiap karyawan, contohnya mengijinkan karyawan yang
beragama Islam untuk melaksanakan sholat lima
waktu. Selain itu, manajer juga melakukan kebijakan religi. Kebijakan religi
yang dimaksud adalah mengadakan acara – acara rohani khusus. Acara-acara rohani
ini diadakan untuk lebih meningkatkan iman karyawannya agar berpengaruh baik
terhadap kinerja karyawan. Semakin baik iman yang dimiliki oleh karyawannya,
maka akan membawa karyawan untuk berperilaku baik sehingga dapat mempengaruhi
kinerja karyawan menjadi lebih baik atau lebih tinggi. Kebijakan ini juga
diadakan dengan tujuan untuk mempererat tali silaturrahmi antarkaryawan dan
atasannya. Acara-acara rohani yang diadakan seperti pengajian bagi karyawan
muslim. Pengajian ini diadakan secara
rutin setiap hari jumat. Sedangkan bagi karyawan nasrani diadakan ibadah pagi
yang rutin dilaksanakan pada hari Jumat.
Kebijakan
yang diterapkan oleh manajer yang bertujuan untuk memotivasi karyawannya ini
sesuai dengan Hirarki Kebutuhan Maslow yaitu kebutuhan aktualisasi diri
terutama tentang pemenuhan kebutuhan akan religi. Hal ini juga sesuai dengan
Teori Muatan dalam Pendekatan Kontemporer. Teori Muatan ini menekankan pada
analisis kebutuhan pokok manusia yang telah dijabarkan oleh Abraham Maslow
dalam Teori Hirarki Kebutuhan Maslow.
§ Pada hari Senin, Manajer mengajak karyawan untuk membersihkan
lingkungan kerja. Pembersihan lingkungan kerja ini diadakan dengan tujuan
mengajak karyawan untuk selalu menjaga kebersihan lingkungannya. Jika tercipta
lingkungan kerja yang bersih maka akan berpengaruh pada kualitas kinerja
karyawan menjadi semakin baik dan tentunya kenyamanan para pelanggan saat
berbelanja juga akan tercipta. Kebijakan ini sesuai dengan Pendekatan Hubungan
Manusia yang menciptakan kelompok kerja yang menyenangkan dan memenuhi
kebutuhan sosialnya.
§ Pada hari Selasa, Manajer mengajak karyawan untuk membahas buku
panduan. Buku panduan ini berisi tentang petunjuk operasional sehari-hari mulai
dari pembukaan sampai penutupan toko. Kegiatan ini juga membahas tentang
keinginan dan keluhan para pelanggan yang nantinya harus diperbaiki. Hal ini
bertujuan untuk memperbaiki pelayanan terhadap pelanggan sehingga dapat
menciptakan kepuasan para pelanggan. Kepuasan yang tercipta dari para pelanggan
akan meningkatkan jumlah penjualan. Sehingga perusahaan dapat memberikan
insentif lebih yang dapat meningkatkan kinerja para karyawan. Kebijakan ini
sesuai dengan Teori Penguatan dalam Pendekatan Kontemporer. Teori Penguatan
adalah pembelajaran karyawan tentang perilaku kerja yang diinginkan oleh
perusahaan.
§ Pada hari Rabu, diadakan meeting umum (briffing). Pada pertemuan ini
dihadiri oleh seluruh karyawan serta para atasannya. Pertemuan ini membahas
tentang permasalahan internal perusahaan seperti keluhan karyawan atau
keinginan-keinginan karyawan terhadap perusahaan serta teguran-teguran atau
koreksi pada karyawan yang melakukan kesalahan. Di samping teguran yang
diberikan, atasan juga memberikan pujian terhadap karyawan yang berkinerja
baik. Hal ini bertujuan agar karyawan tidak mengulangi kesalahan tersebut serta
karyawan juga merasa diperhatikan dan dihargai. Kebijakan ini sesuai dengan
Teori Proses dan Teori Penguatan dalam Pendekatan Kontemporer. Teori Proses
adalah mempengaruhi perilaku karyawan agar karyawan mendapat penghargaan. Teori
Penguatan adalah pembelajaran karyawan tentang perilaku kerja yang diinginkan.
§ Pada hari Kamis diadakan meeting staf. Pertemuan ini dihadiri oleh
para staf untuk membahas pencapaian target penjualan dan strategi untuk
mencapai target tersebut.
§ Pada hari Jumat diadakan pengajian bagi karyawan muslim dan ibadah
pagi bagi karyawan nasrani seperti yang telah dikemukakan di atas.
§ Pada hari Sabtu dan Minggu adalah hari ceria. Maksudnya di sini
adalah karyawan bisa merequest lagu dan pesan-pesan singkat seperti mengirim
salam kepada karyawan lain atau pesan kepada atasannya. Kebijakan ini sesuai
dengan Pendekatan Hubungan Manusia yang menciptakan kelompok kerja yang
menyenangkan dan memenuhi kebutuhan sosialnya.
§ Manajer Matahari menerapkan sistem
kekeluargaan pada para karyawannya dengan memperlakukan
karyawan sesuai karakter karyawan Untuk berkomunikasi antar karyawan dengan pimpinan tidak perlu memakai
birokrasi yang rumit. Hal itu bertujuan agar para karyawan bisa membuat
pelanggan merasa nyaman berada di toko Matahari dan berbelanja
sebanyak-banyaknya karena lingkungan sangat berpengaruh.
§ Manajer memberikan jaminan atas
keselamatan kerja dan kesehatan para karyawan. Karyawan dan keluarganya diberikan
fasilitas untuk berobat gratis di rumah sakit tertentu. Manajer juga memberikan
jasa asuransi kepada para karyawannya.
0 komentar:
Posting Komentar