LINGKUNGAN
PERUSAHAAN
Dari pengamatan yang kami lakukan di salah satu franchise
terkenal yaitu Mc Donald’s, banyak hal yang kami dapatkan mengenai seperti apa
dan bagaimana lingkungan kerja di perusahaan mereka.
Mc Donald’s menciptakan kondisi lingkungan kerja yang nyaman
bukan hanya bagi customer melainkan juga bagi para karyawannya. Struktur
Organisasi yang disusun sedemikian rupa
sehingga masing-masing divisi pekerjaan dapat terpantau dan terarah.
Lingkungan eksternal dari franchise ini meliputi:
a.
Pesaing
Pesaing dari franchise ini sangat banyak seperti KFC, Texas
Chicken, A&W Restaurant, Dundee Restaurant dll. Namun Mc Donald’s bisa
mengatasi persaingan tersebut dan tetap mendapat tempat dihati pelanggannya.
b.
Sumberdaya
McDonalds mensuplai sumberdaya yang telah ditetapkan secara
mandiri oleh masing-masing restaurant, mulai dari bahan baku, tenaga kerja
hingga peralatan, mereka memiliki tempat-tempat supplaier sendiri namun tidak
terlepas bahwa terdapat standarisasi mutu produk yang sama.
c.
Teknologi
Perusahaan franchise ini telah menggunakan
teknologi-teknologi canggih dalam hal pemrosesan makanan untuk mengikuti
perkembangan jaman.
d.
Kondisi Ekonomi
Saat kondisi ekonomi Indonesia terpuruk pada tahun 1998 Mc
Donald’s tidak mendapat pengaruh yang cukup signifikan. Artinya, animo
masyarakat masih besar kepada perusahaan makanan siap saji ini. Sehingga kondisi
ekonomi apapun yang terjadi di Indonesia tidak mempengaruhi produktivitas
perusahaan.
Lingkungan umum dari franchise ini meliputi :
a.
Faktor Sosial
Tidak ada kelas sosial pada pelanggan franchise ini.
Maksudnya semua masyarakat dari berbagai kalangan menjadi pelanggan Mc
Donald’s. Mulai dari masyarakat biasa hingga kalangan atas sekalipun.
b.
Demografis
Lokasi franchise ini selalu berada di tempat-tempat
strategis. Seperti tempat-tempat keramaian (Plaza) atau tempat-tempat tertentu
dimana mudah dijangkau dan biasanya berada di pusat kota.
BUDAYA
PERUSAHAAN
Di perusahaan ini, hubungan antara seorang manajer dengan
karyawannya sangat dekat, mengapa demikian?? Hal ini dapat kita amati dari
keseharian mereka, dimana mereka bekerja dengan pekerjaan yang hampir sebagian
besar sama namun dengan porsi yang berbeda. Setiap karyawan harus bisa
menguasai semua pekerjaan mulai dari melayani pembeli hingga membersihkan meja
yang telah dipakai oleh pelanggan. Dari salah satu franchise Mc Donald’s,
terlihat seorang manajer juga melayani costumer serta membersihkan meja.
Para pegawai di franchise ini mempunyai warna seragam yang
berbeda sesuai dengan jenis pekerjaannya :
1.
Untuk para manajer yang terdiri dari 3 manajer yaitu Store
Manager, Manager In Charge dan Service Manager, seragamnya berwarna putih
gading, celana hitam dan dasi pita warna merah.
2.
Untuk pegawai yang melayani pesanan pembeli, pegawai bagian
dapur serta bertugas membersihkan meja dan area, seragamya berwarna hitam,
celana hitam dan topi warna hitam.
3.
Untuk pegawai delivery service, seragamnya berwarna merah,
celana hitam dan topi warna hitam.
4.
Untuk tukang parkir, seragamnya berwarna biru, celana biru
dan topi warna hitam.
5.
Untuk security, seragamnya berwarna hitam dengan celana
hitam.
Para pegawai di Mc Donald’s menerapkan keramahan dan
kecepatan dalam melayani para pembeli. Setiap pembeli yang datang selalu mereka
sambut dengan senyuman dan keramahan dalam melayani pesanan makanan. Berbagai
inovasi mereka hadirkan untuk meningkatkan pelayanan dan kualitas kinerja yang
baik.
Franchise ini menyediakan fasilitas tambahan kepada para
pengunjung. Ada alunan music yang terdengar sayup-sayup membahana di ruangan.
Kemudian manajer juga menyediakan televisi yang digunakan untuk memutar
film-film. Seperti di salah satu franchise yang kami amati, pada lantai dua
bangunan terdapat arena bermain untuk anak-anak serta tempat khusus bagi
pelanggan yang ingin merayakan ulang tahunnya.
McDonald’s ini telah mendapatkan sertifikasi halal dari Badan
POM (Penilai obat dan Makanan), untuk meningkatkan kinerja karyawan-karyawannya
manajer McDonald’s mengadakan “Employee Of
The Month” untuk memberikan
motivasi-motivasi agar kinerjanya lebih baik.
Franchise ini mengadakan berbagai macam event untuk menarik
konsumennya terutama menarik perhatian anak kecil. Selain itu, Mc Donald’s juga
memberikan berbagai macam hadiah (biasanya berupa mainan atau perlengkapan
sekolah) untuk setiap pembelian produk-produk tertentu.
Dalam hal pemesanan makanan, konsumen langsung datang sendiri
dan langsung membayar di kasir serta membawa sendiri makanan yang telah dipesan
ke tempat yang mereka inginkan. Tetapi apabila ada makanan yang dipesan belum
matang, maka setelah makanan tersebut matang, makanan akan diantar ke meja
konsumen yang memesan. Selain itu Mc Donald’s juga menyediakan fasilitas bagi
konsumen yang tidak ingin makan di restaurant Mc Donald’s. Fasilitas ini
dinamakan Drive-Thru, yaitu konsumen bisa langsung memesan makanan dari dalam
mobil ke tempat yang telah disediakan dan langsung membawanya pulang.
Apabila Mc Donald’s mengeluarkan produk-produk baru,
perusahaan selalu mempromosikannya melalui iklan, papan reklame/spanduk yang
biasanya diletakkan di pintu masuk restaurant. Di dalam restaurant juga
terdapat gambar-gambar produk terbaru mereka yang ditempel di dinding/digantung
di atap.
Mc Donald’s selalu menjaga kebersihan lingkungannya. Banyak
terdapat tempat sampah di area parkir.
0 komentar:
Posting Komentar