Bab 15
Strategi Promosi
Latar Belakang Promosi
Promosi adalah tindakan menginformasikan atau mengingatkan konsumen tentang spesifikasi produk atau merek.
Bauran Promosi
Empat metode promosi :
v Periklanan
Penyajian penjualan non-personal yang dikomunikasikan melalui bentuk media atau non-media untuk mempengaruhi sejumlah besar konsumen.
Alasan-alasan untuk Periklanan :
9 Untuk meningkatkan image dari Produk tertentu
9 Untuk meningkatkan image dari Institusi tertentu
9 Untuk meningkatkan image dari Industri tertentu
Bentuk-Bentuk Periklanan
Æ Surat Kabar
|
Æ Surat
|
Æ Majalah
|
Æ Telemarketing
|
Æ Radio
|
Æ Periklanan luar
|
Æ Televisi
|
Æ Periklanan Transportasi
|
Æ Internet
|
Æ Periklanan khusus
|
v Penjualan Personal
Penjualan Personal adalah presentasi penjualan secara personal yang digunakan untuk mempengaruhi satu konsumen atau lebih.
Tenaga penjualan yang dilakukan memerlukan langkah-langkah berikut :
Ê Menentukan tager pasar
Ê Menghubungi calon pelanggan
Ê Melakukan presentasi penjualan
Ê Menjawab pertanyaan0pertanyaan
Ê Menutup Penjualan
Ê Melakukan tindak lanjut
v Promosi Penjualan
Promosi Penjualan adalah serangkaian aktivitas yang dimaksudkan untuk menginspirasi konsumen.
Strategi Promosi penjualan yang paling umum :
► Rabat
Potensi untuk mendapatkan pembayaran kembali dari produsen kepada konsumen
► Kupon
Alat promosi yang digunakan dalam surat kabar, majalah, dan iklan untuk mendorong pembelian sebuah produk.
► Sampling
Tindakan memberikan sample gratis yang mnedorong konsumen untuk mencoba merrek atau produk baru.
► Pameran = Display
Menarik konsumen dengan meletakkan produk di lokasi tertentu.
► Premimum
Pemberian hadiah secara cuma-cuma kepada konsumen yang membeli produk terntentu.
v Hubungan Masyarakat
Berkenaan dengan tindakan yang diambil dengan tujuan menciptakan atau memelihara kesan yang menyenangkan bagi masyarakat.
Jenis strategi hubungan masyarakat yang paling umum :
î Acara Khusus
Sponsor khusus sebuah acara sehingga produk dan perusahaan dengan sangat mudah diakses oleh media.
î Rilis Berita
Tulisan singkat yang berisikan pengumuman mengenai perusahaan yang dibuat perusahaan untuk media.
î Konferensi Pers
Pengumuman lisan tentang sebuah perusahaan yang dibuat oleh perusahaan untuk media.
Menentukan Bauran Promosi Yang Opimal
Karakteristik :
º Target Pasar
Dibentuk oleh berbagai variasi konsumen di seluruh wilayah tertentu yang diperkirakan menggunakan produknya.
º Anggaran Promosi
Sejumlah dana yang telah disisihkan untuk membayar semua metode promosi dalam periode tertentu.
Anggaran promosi untuk produk tertentu dipengaruhi oleh beberapa karakteristik tertentu :
 Fase Siklus kehidupan produk
 Persaingan
 Kondisi perekonomian
0 komentar:
Posting Komentar