Pages

Sabtu, 18 November 2006

Resume Pengantar Bisnis Jeff Madura Chapter 14 Strategi Distribusi

Bab 14
Strategi Distribusi

Saluran Distribusi
Keputusan perusahaan tentang distribusi menentukan bagaimana cara produk yang dibuatnya dapat dijangkau oleh pelanggannya. Ada 3 saluran :
Ø  Saluran Langsung
Produsen melakukan transaksi langsung dengan pelanggan.
Keuntungan
Kerugian
Adanya perbedaan yang jelas antara biaya produksi dan harga yang dibayar oleh pelanggan kepada produsen.
×        Produsen yang menggunakan saluran  saluran langsung memerlukan karyawan lebih banyak.
×        Produsen mungkin harus menjual produknya secara kredit saat menjualnya kepada konsumen.

Ø  Saluran Satu-Tingkat
Satu perantara pemasaran berada diantara produsen dan  konsumen.



Ø  Saluran Dua-Tingkat
Dua perantara pemasaran berada diantara produsen dan konsumen.













Faktor-Faktor yang Menentukan Optimalisasi Saluran Distribusi
ü  Kemudahan dalam Pengangkutan
Mudah Diangkut Ã’ Pakai Perantara
Tidak mudah diangkut Ã’ Langsung pada konsumen.
ü  Tingkatan Standardisasi
Produk Standar Ã’ Menggunakan perantara
Bukan Produk Standar Ã’ Langsung Kepada konsumen
ü  Pesanan Melalui Internet
Menggunakan saluran langsung.

Memilih Cakupan Pasar
            Tingkatan atas distribusi produk diantara toko pengecer.
Klasifikasi Cakupan Pasar :
§  Distribusi Intensif
Distribusi produk ke hampir semua toko yang mungkin.
§  Distribusi Selektif
Distribusi produk melalui toko yang dipilih.
§  Distribusi Ekseklusif
Distribusi produk hanya satu atau beberapa toko yang dipergunakan.

Cara Mempercepat Proses Distribusi
  1. Mempersingkat Saluran Distribusi
  2. Integrasi Proses Produksi dan Distribusi

Latar Belakang Pengecer
Kebanyakan pengecer dapat diuraikan dengan karakteristik  berikut :
Ø  Jumlah toko
Toko Pengecer Independen adalah toko eceran yang hanya mamiliki satu toko.
Rantai Usaha adalah toko eceran yang memiliki lebih dari satu toko.
Ø  Kulitas pelayanan
Pengecer ikut melayani pelanggan.
Ø  Variasi produk yang ditawarkan
Toko Pengecer Barang Spesial adalah toko pengecer yang menspepialokan jenis barang tertentu.
Toko Kelontong adalah toko pengecer yang menawarkan sejumlah jenis barang.
Ø  Toko versus bukan toko
Tiga Jenis Pengecer bukan toko yaitu :
Æ      Pengecer Mail Order
Menerima pesanan melalui surat atau telepon.
Æ      Situs Web
Menciptakan situs dimana orang dapat memesan produk mereka tanpa pengiriman katalog.
Æ      Vending Machines
Menyediakan mesin yang dapat melayani dan dapat dijangkau setiap waktu.

Latar Belakang Pedagang Grosir
ü  Cara Pedagang Grosir Melayani Produsen, ada LIMA Kunci Pelayanan kepada Produsen :
®    Pergudangan
®    Keahlian Penjualan
®    Pengiriman Kepada Pengecer
®    Menerima Resiko Kredit
®    Informasi
ü  Cara Pedagang Grosir Melayani Pengecer, ada LIMA jasa kunci kepada pengecer:
] Pergudangan
] Promosi
] Display
] Kredit
] Informasi

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blog Archive

Blogroll

Ini adalah aneka tugas kuliah yang saya kerjakan dan saya dapatkan saat kuliah Manajemen tahun 2006 hingga lulus. Hampir sepuluh tahun yang lalu. Koreksilah dahulu, cocokkan dulu dengan bahasannya dan jangan asal kopi-paste, karena bisa saja edisi bukunya berbeda sehingga soal-soalnya berbeda dan akhirnya jawabannya juga berbeda. Adanya gini, jangan minta lebih. Kalau mau perfect ya kerjakan sendiri. Tugas-tugas saya ini hanya sebagai penunjang yang fungsinya supporting, bukan sebagai tulang punggungnya. Gunakan dengan bijak, semoga bermanfaat.

About