Mengelola Keragaman Pekerja dalam Organisasi
Meaning of diversity à keragaman muncul saat ada perbedaan diantara karyawan. Hal ini
dikarenakan diantaranya suku bangsa, gender, status, usia.
The Impact of diversity à dapat dilihat dari 2 sisi, yang menjadi ancaman organisasi atau memperkuat
organisasi :
- Keragaman sebagai sumber konflik
Apabila
organisasi tidak memiliki sistem yang baik terhadap keragaman, maka sering
muncul permasalahan dikarenakan faktor
etnik, adanya kelompok informal, faktor lain yang terkait dengan
lingkungan kerja yang berbeda.
- Keragaman sebagai keunggulan kompetitif
Syarat :
perusahaan memiliki sistem dan aturan yang jelas, transparan dan adil (fair).
Mengelola Beragam Kepentingan dalam Organisasi
n Faktor Individu
Disadari
bahwa tiap individu terlahir dalam kondisi yang berbeda, lingkungan berbeda,
pengalaman berbeda, pendidikan, usia, selera, sikap, keyakinan, gender, maupun
kepentingan juga berbeda. Diperlukan pengertian dan toleransi sehingga ada
saling keterbukaan komunikasi
n Peran Organisasi
Perlu
peraturan dan sarana yang mampu menyatukan perbedaan, misal : peraturan yang
tidak memihak, terbuka, dan tegas. Adanya fasilitas ibadah, libur hari raya,
penyaluran hobi, cuti hamil/haid.
Sosialisasi
kebersamaan dalam organisasi untuk kesejahteraan bersama (oleh organisasi)
terus-menerus perlu dilakukan karena permasalahan tersebut senantiasa muncul
sampai kapanpun
Sikap Terhadap Keragaman
ý Etnosentrisme
Kepercayaan
bahwa kelompok atau subbudaya sendiri lebih unggul dari kelompok atau budaya
lain.
ý Monobudaya
Sebuah
budaya yang hanya menerima satu cara untuk melakukan berbagaiu hal dan
seperangkat nilai-nilai dan kepercayaan.
ý Etnorelativisme
Kepercayaan
bahwa kelompok-kelompok dan subbudaya pada dasarnya setara.
ý Pluralisme
Organisasi
yang mengakomodasi beberapa subbudaya, termasuk karyawan-karyawan yang
sebaliknya akan merasa terisolasi dan diabaikan.
Glass Ceiling adalah rintangan yang tidak
terlihat yang memisahkan para wanita dan minoritas dari posisi-posisi manajemen
puncak.
Mengubah Struktur Kebijakan
Ë Rekrutmen
Para manajer
melakukan perekrutan untuk mewujudkan sebuah komposisi angkatan kerja yang
mencerminkan kelompok buruh dan berbasis pelanggan.
Ë Kemajuan Karir
Dengan
memberika bimbingan hubungan.
Mengakomodasi Kebutuhan-Kebutuhan Khusus
0 komentar:
Posting Komentar