Pages

Minggu, 22 Oktober 2006

Strategi Promosi dan Analisis Akuntansi dan Keuangan

Strategi Promosi

Upaya promosi dapat meningkatkan penjualan atau setidaknya mencegah penurunan penjualan karena merek tertentu tetap berada dibenak konsumen. Konsumen diinformasikan tentang keunggulan produk dan anggapan terhadap kredibilitas produk akan naik.
Bentuk media utama dalam periklanan adalah surat kabar, majalah, radio, televisi, internet, surat, telemarketing, iklan outdoor, iklan transportasi, dan iklan khusus
Langkah penting yang terkait dengan penjualan personal adalah
·         mengidentifikasi target pasar
·         menghubungi pelanggan potensial
·         melakukan presentas penjualan
·         menjawab pertanyaan pertanyaan
·         menutup penjualan
·         melakukan tindak lanjut

Metode promosi yang paling umum termasuk
·         rabat, dimana perusahaan memeberi pengembalian dana setelah produk dibeli
·         kupon, yang dapat memungkinkan produk untuk dijual kepada konsumen tertentu dengan memberikan diskon harga
·         sampling
·         display
·         premium, dimana pemberiaan atau hadiah diberikan gratis kepada konsumen yang memiliki produk tertentu

Perusahaan dapat menggunakan hubungan masyarakat untuk meningkatkan produk atau kesan perusahaan. Jenis strategi hubungan masyrakat yang paling umum, adalah
·         acara khusus, dimana perusahaan mensponsori sebuah acara untuk mempromosikan produknya
·         Rilis berita, yang merupakan pengumuman singkat tertulis tentang perusahaan yang diberikan kepada media
·         Konfrensi pers, yang merupakan pengumuman lisan tentang perusahaan kepada media

Ketika perusahaan memilih gabungan promosi yang optimal, yang digunakan untuk mempromosikan suatu produk, mereka akan mempertimbangkan
·         Target pasar
·         Anggaran promosi

Analisis Akuntansi dan Keuangan

Perusahaan menggunakan akuntansi untuk melaporkan kondisi keuangan, mendukung pengambilan keputusan, dan mengawasi operasi usaha mereka.
Salah atu tugas akuntansi adalah melaporkan data keuanagan yang akurat. Tata buku adalah mencatat transaksi keuangan perusahaan perusahaan.
Kondisi keuangan sebuah perusahaan sangat penting bagi seorang manajer keuangan, juga bagi para kreditor dan pemegang saham perusahaan perusahaan. Manajer keuangan akan mengevaluasi perusahaan  untuk mendeteksi kelemahannya agar dapat dikoreksi dan kekuatannya dapat dimanfaatkan. Kreditor mengevaluasi perusahaan dengan sebuah pendapat untuk persetujuan kredit, dan pemegang saham mengevaluasi kinerja perusahaan untuk menentukan apakah mereka sebaiknya membeli atau menjual saham perusahaan.
Laporan keuangan utama yang diperlukan untuk melakukan evaluasi secara keseluruhan adalah laporan laba rugi dan neraca. Laporan laba rugi melaporkan biaya, pendapatan, dan keuntungan selama periode tertentu. Neraca melaporkan nilai buku dari aktiva, kewajiban dan ekuitas pemilik dalam waktu tertentu.

Hampir seluruh rasio keunagan membantu mengevaluasi satu dari empat karakteristik, yakni likuiditas, efisiensi, leverage keuangan, dan profitabilitas. Rasio likuiditas mengukur kemampuan perusahaan untuk memenuhi kewajiban jangka pendeknya. Rasio efisiensi mengukur seberapa efisien sebuah perusahaan memanfaatkan aktiva aktivanya. Rasio leverage keuangan mengukur atas pendanaan utang terhadap pendanaan ekuitas dan menunjukkan kemampuan perusahaan untuk membayar kembali utangnya. Rasio profitibilitas mengukur relativitas pendapatan bersih perusahaan terhadap berbagai tingkat ukuran perusahaan akan sangat berguna untuk membandingkan dengan angka angka dalam norma industri sejenis. Pendekatan ini akan sangat membantu setiap kekurangan yang terjadi sehingga dapat dilakukan tindakan perbaikan. Terlebih hasil perbandingan tersebut akan memberikan masukan yang sangat berguna untuk mengimplementasikan kebijakan kebijakan baru             

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blog Archive

Blogroll

Ini adalah aneka tugas kuliah yang saya kerjakan dan saya dapatkan saat kuliah Manajemen tahun 2006 hingga lulus. Hampir sepuluh tahun yang lalu. Koreksilah dahulu, cocokkan dulu dengan bahasannya dan jangan asal kopi-paste, karena bisa saja edisi bukunya berbeda sehingga soal-soalnya berbeda dan akhirnya jawabannya juga berbeda. Adanya gini, jangan minta lebih. Kalau mau perfect ya kerjakan sendiri. Tugas-tugas saya ini hanya sebagai penunjang yang fungsinya supporting, bukan sebagai tulang punggungnya. Gunakan dengan bijak, semoga bermanfaat.

About