Pages

Sabtu, 14 Oktober 2006

Chapter 2 Mikroekonomi Samuelson



1.                  Transportasi: transportasi umum dialokasikan oleh keputusan politik karena penetapan harga transportasi dipegang oleh pemerintah sepenuhnya. Kebijakan-kebijakan yang akan dibuat oleh pemerintah, sehingga masyarakat hanya bisa menerima keputusan tersebut.
Pendidikan: sama halnya dengan transportasi, pendidikan juga dialokasikan oleh keputusan politik. Kita diwajibkan untuk bersekolah selama sembilan tahun dan biaya yang ada telah ditetapkan oleh pemerintah. Jadi, mau tidak mau kita harus menerima keputusan yang ada.
Polisi: menurut saya polisi dialokasikan sepenuhnya oleh keputusan politik. Hal ini disebabkan karena polisi merupakan aparat negara yang harus tunduk terhadap peraturan yang dibuat oleh pemerintah. Sehingga polisi sangat erat kaitannya dengan keputusan politik. Karena polisi merupakan keputusan politik, maka jika ada masyarakat yang memerlukan bantuan polisi, mereka wajib membantu sesuai dengan undang-undang yang telah ditetapkan.
Efisiensi energi peralatan mesin: barang ini dialokasikan oleh
Asuransi perawatan kesehatan:
§                    Ada beberapa barang yang akan saya ubah metode alokasinya, yaitu transportasi dan pendidikan. Mengapa saya mengubah metode alokasinya? Hal ini disebabkan karena kedua barang tersebut seharusnya dialokasikan sebagai kedaulatan konsumen, transportasi dan pendidikan merupakan barang yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Sehingga keduanya akan diperoleh dengan tepat dan benar, jika alokasinya berada di kedaulatan konsumen karena yang memakainya adalah konsumen bukannya pemerintah. Pemerintah hanya sebagai perantara agar kedua barang tersebut dapat digunakan secara tepat.
2.                  Keunggulan:
§                    Pelelangan: barang yang dilelang tidak cepat habis karena biasanya dalam sebuah pelelangan hanya barang-barang tertentu saja yang di jual. Selain itu, mereka yang membeli adalah mereka yang benar-benar membutuhkan. Sehingga barang yang dijual dalam pelelangan sangat efisien.
§                    Kupon ransum:
§                    Sistem-sistem yang datang paling awal dilayani pertama: keunggulannya adalah mereka yang sudah mengantri sejak awal akan memperoleh barang yang mereka inginkan dengan cepat. System ini juga akan menyingkat waktu, sehingga waktu yang digunakan efisien dan tidak membuang-buang waktu.
Kerugian:
§                    Pelelangan: harga barang yang dilelang biasanya sangat tinggi, sehingga konsumen yang mempunyai uang terbatas tidak bisa memperolah barang yang diinginkan.
§                    Kupon ransum:
§                    Sistem-sistem yang dating paling awal dilayani pertama: jika system-sistem awal menggunakan metode yang dapat merugikan konsumen lain, maka hal ini akan sangat merugikan konsumen yang telah mengantri. Bila metode yang paling awal membeli barang dengan jumlah yang banyak, otomatis system yang telah mengantri tidak akan mendapatkan barang yang mereka inginkan. Sehingga mereka harus menunggu untuk kesempatan berikutnya.

3.                  Mungkin akan ada kegagalan-kegagalan pemerintah dalam memperbaiki kegagalan-kegagalan pasar. Salah satunya adalah pemerintah dapat memperbaikinya dengan efisiensi dengan menciptakan persaingan, mengendalikan eksternalitas seperti polusi, dan menyediakan barang-barang publik. Namun, jika pemerintah gagal dalam penanganannya maka akan terjadi pasar persaingan yang tidak sempurna. Dimana pasar persaingan tidak sempurna ini akan melakukan monopoli terhadap harga barang yang ada karena dalam pasar persaingan tidak sempurna, para pembeli atau pedagang dapat mempengaruhi harga barang ataupun jasa yang ada. Akibatnya harga barang menjadi lebih mahaldan meningkat di atas biaya dan pembelian konsumen berkurang di bawah tingkat efisiensi. Lalu, ekternalitas akan terjadi sapabila perusahaan-perusahaan atau orang-orang membebabnkan biaya atau manfaat atas orang lain di luar tenpat berlangsungnya pasar. Sehingga orang yang berada di luar menjadi rugi dan mereka tidak mendapatkan ganti rugi yang pantas. Sebuah ekonomi pasar akan menghasilkan ketidakadilan dalam pendapatan dan konsumsi yang tidak dapat diterima oleh orang-orang yang berhak memilih. Pemerintah pun campur tangan dalam hal ini dengan menciptakan peraturan-peraturan yang harus ditepati. Namun, pada kenyataannya peraturan-peraturan pemerintah tidak pernah ditaati dengan tepat. Sehingga lebih merugikan orang-orang yang berada di luar lingkungan pasar. Oleh karena itu, kita lebih kita hidup dengan kegagalan pasar daripada mencoba memperbaikinya karena akan lebih merugikan karena kita telah gagal. Jika dalam perbaikannya mengalami kegagalan kembali, maka akan sangat merugikan masyarakat yang ada.

4.                  Kegagalan pasar:
a.                  Polusi udara: di bumi polusi udara telah mencapai titik yang paling berbahaya, bahkan telah mempengaruhi lapisan ozon. Sehingga lapisan ozon yang melindungi bumi ini menjadi berlubang. Polusi udara juga sangat merugikan pernapasan. Hal ini disebabkan karena system yang digunakan tidak diuji dengan benar. Sehingga menyebabkan kegagalan dimana pasar sangat berperan besar dalam polusi udara. Bukan hanya polusi yang ditimulkan dari asap kendaraan bermotor, namun freon (hasil pembuanagn AC) juga mempengaruhi udara yang ada di sekitar kita.
b.                  Tunjangan pendapatan untuk fakir miskin: tunjangan untuk fakir miskin yang diberikan pemerintah tidak pernah tersalurkan dengan benar. Ada yang hanya mendapatkan seperlima saja, bahkan ada yang tidak dapat sama sekali dan ada yang mendapatkan tunjangan fakir miskin, namun dia bukan termasuk fakir miskin. Padahal menurut Undang-Undang Dasar 1945 menyatakan bahwa anak terlantar dan fakir miskin dibiayai oleh pemerintah. Namun dalam kenyataannya pemerintah hanya merawat orang-orang kaya saja. Hal ini tentunya merupakan kegagalan pasar yang amat merugikan masyarakat, khususnya para fakir miskin.
c.                  Regulasi harga dari sebuah monopoli telepon:

Campur tangan pemerintah untuk mengatasi:
a.                  Polusi udara: pemerintah seharusnya menetapkan standar yang tepat untuk asap kendaraan bermotor, pembuangan freon, dan lain-lain yang berhubungan dengan polusi udara. Sehingga dapat meminimal polusi yang ada. Pemerintah juga bisa menerapkan peraturan, jika dalam berkendaraan pada saat lampu merah, sebaiknya mesin dimatikan. Pemerintah seharusnya juga mengatur pembelian kendaraan bermotor karena setiap hari kendaraan bermotor yang dibeli sangat banyak sekali. Hal ini menyebabkan banyaknya polusi udara karena pembelian kendaraan bermotor yang tidak terkendali.
b.                  Tunjangan pendapatan untuk fakir miskin: pemerintah seharusnya mendirikan suatu organisasi yang tugasnya untuk membantu fakir miskin. Tugas dari organisasi ini adalah untuk memastikan bahwa tunjangan pendapatan untuk fakir miskin benar-benar sampai pada mereka yang benar-benat fakir miskin. Sehingga tidak menimbulkan kericuhan yang tidak diinginkan. Selain itu, pemerintah juga harus menempatkan aparat-aparat dan anggota-anggota yang benar-benar bisa dipercaya untuk mengemban tugas ini. Sehingga masyarakat dapat melihat kinerja pemerintah dalam usahanya mengatasi masalah yang ada di dalam pasar.
c.                  Regulasi harga dari sebuah monopoli telepon:

Kegagalan pemerintah dalam campur tangannya mengatasi masalah tersebut:
Tentu ada kegagalan-kegagalan pemerintah dalam campur tangannya membantu mengatasi masalah yang timbul di pasar. Hal ini bisa terjadi karena perekrutan anggota yang salah, atau bahkan karena system yang digunakan tidak tepat. Jika hal itu terjadi, maka kegagalan yang sebelumnya telah terjadi akan menjadi lebih parah lagi karena kegagalan pemerintah. Oleh karena itu, pemerintah harus benar-benar memilih solusi yang tepat. Sehingga tidak menimbulkan kerugian yang lebih besar lagi.

5.                   

6.                  Saya dan sahabat saya bermaksud untuk melakukan spesialisasi dalam bidang pemasaran. Dalam tim saya terdapat tiga anggota tetapi tidak termasuk saya dan sahabat saya. Kemudian kami berdua sepakat untuk melakukan spesialisasi terhadap ketiga anggota kami, yaitu:
-                     Orang pertama bertugas untuk melakukan promosi di perusahaan-perusahaan swasta yang ada di daerah Surabaya.
-                     Orang kedua bertugas untuk melakukan promosi di kalangan masyarakat umum di daerah Surabaya.
-                     Orang ketiga bertugas untuk melakukan promosi di tempat-tempat umum yang ada di daerah Surabaya.
Bahaya dari pembagian tugas atau spesialisasi tugas yang terlalu berlebihan adalah jika ketiga orang tersebut sangat kompak (bisa membantu satu sama lain), maka saya dan sahabat saya akan jatuh. Hal ini sebabkan karena tugas yang telah diberikan bisa berjalan dengan baik, sehingga masyarakat mempunyai argumen bahwa yang menjalankan tugas ini adalah ketiga orang yang telah ditetapkan tadi. Artinya, atasan dari ketiga orang tersebut akan jatuh. Karena terlalu spesialisasi, mungkin mereka akan mementingkan mereka sendiri daripada kepentingan umum yang lebih penting. Hal ini disebabkan karena ego mereka yang sangat besar untuk mendapatkan hasil yang maksimal karena mereka menganggap bahwa mereka dipercaya oleh atasan mereka.

7.                  Ada seseorang, dimana orang tersebut merupakan anggota dari sebuag tim yang telah dibentuk. Suatu ketika dia melakukan kesalahan yang kecil, namun akibatnya sangatlah fatal. Akibat yang ditimbulkan oleh orang tersebut adalah menghancurkan usaha yang bertahun-tahun telah dirintis oleh anggota yang lain di salah satu daerah yang merupakan camp mereka. Kesalahan ini telah melumat habis modal yang telah mereka dapatkan dalam jangka waktu yang lama dan hilang dalam waktu yang pendek. Oleh karena itu, kita haruslah sangat berhati-hati dalam mengambil tindakan agar pondasi yang telah kita bangun untuk mendapatkan hasil yang maksimum tidak roboh begitu saja. Kita juga harus sangat jeli dalam menghadapi setiap masalah yang timbul, baik dari dalam maupun dari luar diri kita.


8.                   

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blog Archive

Blogroll

Ini adalah aneka tugas kuliah yang saya kerjakan dan saya dapatkan saat kuliah Manajemen tahun 2006 hingga lulus. Hampir sepuluh tahun yang lalu. Koreksilah dahulu, cocokkan dulu dengan bahasannya dan jangan asal kopi-paste, karena bisa saja edisi bukunya berbeda sehingga soal-soalnya berbeda dan akhirnya jawabannya juga berbeda. Adanya gini, jangan minta lebih. Kalau mau perfect ya kerjakan sendiri. Tugas-tugas saya ini hanya sebagai penunjang yang fungsinya supporting, bukan sebagai tulang punggungnya. Gunakan dengan bijak, semoga bermanfaat.

About