Pages

Jumat, 20 Oktober 2006

Jawaban Mikroekonomi Samuelsohn Chapter 2

  1. – Komposisi keluaran Nasional ditentukan oleh konsumsi,Investasi,pengeluaran Pemerintah dan hasil pengurangan ekspor terhadap impor .
Y = C+G+I+(X-M)

a)      Transportasi , alokasinya ditentukan oleh Kedaulatan konsumen dan  Keputusan politik, karena harga bisa ditentukan oleh Perusahaan Swasta transportasi dan Juga perusahaan melalui keputsan bersama , misalnya harga tarif Kereta api , yang ditentukan oleh PJKA atau Perusahaan Taxi yang milik perorangan , meskipun perorangan tetapi mereka tetap harus memiliki persetujuan untuk harga pokok argometer .
b)      Pendidikan , alokasinya ditentukan oleh kedaulatan konsumen dan keputusan politik . Pemerintah mengalokasikan dananya untuk program wajib belajar 9 tahun , teapi untuk biaya-biaya operasional sekolah-sekolah sudah dierlakukan Otonomi daerah yang menyebabkan Otonomi Sekolah sehingga sekolah-sekolah bisa mengelola pemerintahannya sendiri .
c)      Polisi , alokasinya ditentukan oleh keputusan politik  , karena polisi adalah salah satu perangkat kemanan Negara , jadi dananya diatur oleh Negara . Tetapi tidak menutup kemungkinan polisi juga dimanfaatkan oleh perorangan untuk kepentingan pribadi untuk menjaga keamanan , tetapi meskipun begitu tugasnya tetap untuk menjaga keamanan RI .
d)     Efisiensi energi peralatan mesin , alokasinya ditentukan oleh kedaulatan konsumen dan keputusan politik . Meskipun perusahaan-perusahan industri yang menentukan kebutuhan energi mereka , tetapi mereka harus menaati keputusan bersama tentang efisiensi energi dengan pemerintah
e)      Iklan Televisi , alokasinya ditentukan oleh kedaulatan konsumen . karena semua harga ditentukan oleh pemilik stasiun televisi,
f)       Asuransi perawatan kesehatan , alokasinya ditentukan oleh kedaulatan konsumen dan keputusan plitik , karena kepemilikan asuransi ada yang milik swasta dan milik Negara ( askes ) .
-          Saya tidak akan mengubah metode alokasi karena itu sudah menjadi kepusan bersama yang harus ditaati bersama .
     2.

Jenis Penjatahan
Kekuatan
Kelemahan
a. Pelelangan
Barang-barang yang langka akan mendapatkan harga yang setinggi-tingginya
Tidak semua lapisan masyarakat bisa memiliki barang tersbut karena dipengaruhi oleh daya beli masyarakat yang berbeda .
b. Kupon Ransum
Pembagian mungkin sedikit merata untuk semua lapisan masyarakat
Masyarakat tmenjadi tidak mandiri , karena mengandalkan kupon tersebut
c. Sistem yang dating paling awal dilayani pertama .
Melatih disiplin waktu pada masyarakat 
Tidak banyak masyarakat yang dapat memperolehnya , karena semua tergantung oleh waktu .


3.      Contoh kegagalan pemerintah , adalah di bidang pendidikan , Keinginan pemerintah untuk membentuk SDM yang bermutu tidak ditunjang akan alokasi dana yang maksimal untuk bidang ini . Hal ini nampak dari semakin mahalnya biaya pendidikan dari masa ke masa , yang menyebabkan tidak semua lapisan masyarakat bisa mendapatkan pendidikan yang maksimal dan yang paling mengerikan semakin meningkatnya angka pengangguran oleh usia produkiif . Sampai kapan hal ini akan berakhir , apakah sampai pendidikan itu menjadi barang yang benar-benar langka seperti fosil manusia purba ?

      4.
Peraturan membatasi polusi udara…
a). Kegagalan pasar yaitu terbatasnya dana untuk menanggulangi polusi tersebut dan kurangnya tenaga ahli .
b).     Campur tangan pemerintah dengan memberikan sarana bagi para pemakai kendaraan , mengadakan tes kelayakan jalan bagi semua penggna kendaraan bermotor.
c).     Kegagalan pemerintah dalam mencegah ketidakterbatasan pengeluaran polusi baik udara dan semakin meningkatnya angka polusi udara .

Tunjangan pendapatan fakir miskin…
a).     Kegagalan pasar karena terlalu membludaknya rakyat fakir miskin, maka banyak sekali mereka terlantar.Dan dana penunjang juga tidak mencukupi masing-masing dari mereka yang dikarena kurangnya lapangan pekerjaan .
b).     Campur tangan pemerintah dengan memberikan dana tunjangan pada setiap rakyatnya tetapi tidak membiasakan mereka untuk meminta tetapi dengan memberikan solusi/cara untuk mendapatkan pekerjaan yang layak.
c).     Kegagalan pemerintah memberikan tunjangan nya tersendat dan bahkan tidak merata bahkan ada yang masuk dalam “kantong” mereka .

Regulasi harga dari sebuah monopoli telepon…
a).     Kegagalan pasar hanya terpaku pada satu perusahaan saja . Sehingga tidak ada perusahaan peaingnya .Hal ini menyebabkan tidak ada kompetisi harga , yang berakibat monopoli harga tariff telpon .
b).     Campur tangan pemerintah perusahaannya masih berada di bawah naungan pemerintahan.
c).     Kegagalan pemerintah kurangnya alternatife dalam penggunaan telepon sebagai alat komunikasi yang vital .


Penawaran
 

Permintaan
 

Harga Dolar terhadap mata uang asing
 
  5.  

-      Daya Beli konsumen
-      Devisa Negara
 

-      Biaya produksi
-      Kondisi ekonomi
-      Keamanan Negara
 

Penawaran
 

Permintaan
 

Harga Pada Faktor Mata Uang lokal
 
 
















   6.

Saya dan sahabat saya ingin berspesialisasi dalam bidang Fotografi . dalam hal ini saya akan membuka gerai photo box di mall .
Untuk pembagian tugasnya :
-          Saya sebagai Steering Comite , yaitu sebagai pemilik modal dan perencana bisnis .
-          Sahabat saya sebagai Operational Comite  , yaitu sebagai pelaksana usaha dari bisnis yang sudah saya rancang .
-          Sahabat saya yang lain , sebagai pengawas Keuangan , yang tugasnya melaporkan setiap laporan keuangan kepada saya .
Bahaya untuk spesialisasi yang berlebihan menyebabkan kurangnya kreatifitas untuk mengexplorasikan pikiran . Dan apabila ada salah satu yang tidak bekerja dengan sungguh –sungguh dan maksimal , akan menyebabkan perusahaan tesebut berantakan , karena ditinggal oleh spsialis masing-masing .
 
     7.
Menurut saya hal yang dilakuakan Lincoln ada benarnya karena ia lebih menghargai HUMAN RIGHT . tetapi di satu sisi ia juga merugikan dirinya sendiri , maksudnya ia tidak menghargai hasil kerjanya sendiri yang bertahun-tahun mengumpulkan modal tersebut , dengan suatu keputusan yang pada akhirnya memberatkan kerjanya sendiri .

          





             8.
a). Jaminan Sosial dalam hal ini peran pemerintah sangatlah penting,karena untuk mengatur pendistribusian agar merata dan sampai ke tangan yang tepat.
b).  Perawatan Kesehatan dan Perawatan Medis dalam hal ini peran pemerintah adalah memberikan jaminan kesehatan berupa ASKES kepada rakyat yang kurang mampu perekonomiannya.
c).     Pertahanan Sosial dalam hal ini peran pemerintah sangat berperan penting dalam menyumbangkan senjata-senjatanya untuk Negara dalam pembelaan bangsa.
d).     Jaminan Pendapatan dalam hal ini peran pemerintah erat kaitannya dengan peran ekonomi pemerintahan.Dengan begitu maka akan terciptanya perekonomian yang stabil.
e).     Bunga atas hutang publik dalam hal ini peran pemerintah adalah untuk membangkitkan pertumbuhan sektor perekonomian untuk merangsang perkembangan keuangan Negara.
f).     Sumber daya-sumber daya alam dan Lingkungan dalam hal ini pemerintah sangat berperan penting dalam proses pengolahan sumber daya di Negara.Tanpa adanya peran pemerintah akan di pergunakan sia-sia sumber daya tersebut.

g).     Urusan Internasional dalam hal ini peran pemerintah sangat di butuhkan untuk menjalin kerja sama antar bangsa dan pihak-pihak luar negeri.          

1 komentar:

 

Blog Archive

Blogroll

Ini adalah aneka tugas kuliah yang saya kerjakan dan saya dapatkan saat kuliah Manajemen tahun 2006 hingga lulus. Hampir sepuluh tahun yang lalu. Koreksilah dahulu, cocokkan dulu dengan bahasannya dan jangan asal kopi-paste, karena bisa saja edisi bukunya berbeda sehingga soal-soalnya berbeda dan akhirnya jawabannya juga berbeda. Adanya gini, jangan minta lebih. Kalau mau perfect ya kerjakan sendiri. Tugas-tugas saya ini hanya sebagai penunjang yang fungsinya supporting, bukan sebagai tulang punggungnya. Gunakan dengan bijak, semoga bermanfaat.

About