Pages

Jumat, 06 Oktober 2006

Tugas Resume MIKROEKONOMI RANGKUMAN CHAPTER 8 : Samuelson

A . Perilaku Penawaran Dari Perusahaan Yang Kompetitif

Perilaku Suatu perusahaan yang kompetitif
Persaingan Sempurna
Ø      Dalam persaingan sempurna, ada banyak perusahaan kecil, yang masing-masing memproduksi sebuah produk yang identik dan masing-masing perusahaan terlalu kecil untuk mempengaruhi harga pasar.
Ø      Pesaing sempurna menghadapi sebuah kurva permintaan  yang benar-benar horisontal
Ø      Pendapatan tambahan yang diperoleh dari tiap-tiap unit tambahan output yang dijual dengan demikian akan sama dengan harga pasar.

Penawaran Kompetitif  Dimana Biaya Marginal sama dengan Harga
Kaidah untuk penawaran dari sebuah perusahaan dalam persaaingan sempurna adalah :
Sebuah perusahaan akan memaksimalkan keuntungan apabila ia memproduksi pada tingkat  dimana biaya marginal sama dengan harga.
MC     =  P
Biaya Marginal = Harga       
Titik Keuntungan Nol adalah tingkat produksi dimana perusahaan memperoleh keuntungan ekonomis nol. Pada titik ini, harga sama dengan biaya rata-rata, sehingga pendapatan hanya cukup menutupi biaya-biaya.
Sebuah perusahaan yang memaksimumkan keuntungan akan menetapkan outputnya pada tingkat dimana biaya mazrginal sama dengan harga. Secara diagaramatis, ini berarti bahwa kurva biaya marginal sama dengan pengeluarannya.

Biaya Total dan Kondisi Penutupan Usaha
Titik Penutupan Usaha adalah harga pasar yang sangat rendah yang menghasilkan pendapatan yang sama persis dengan biaya variabel, atau yang sepadan dengan itu, diama kerugian persis sama dengan biaya tetap.


Kaidah Penutupan
Titik Penutupan muncul apabila pendapatan hanya menutupi biaya-biaya variabel atau jikalau kerugian sama dengan biaya-biaya tetap. Apabila harga jatuh di bawah biaya variabel rata-rata, perusahaan akan memaksimalkan keuntungan dan meminimumkan kerugian dengan menutup usahanya.


B . Perilaku Penawaran Dalam Industri Yang Kompetitif
Menjumlahkan seluruh kurva penawaran dari perusahaan-perusahaan untuk mendapatkan penawaran pasar.
Kurva penawaran pasar untuk sebuah barang diperoleh dengan menjumlahkan secara horisonal kurva-kurva penawaran dari semua produsen individual dari barang tersebut.

Ekuilibrium Jangka Pendek dan Jangka Panjang
Alfred Marshall menemukan bahwa dalam jangka pendek, pergeseran-pergeseran permintaan mengahsilkan perubahan-perubahan harga yang lebih besar dan perubahan-perubahan kuantitas yang lebih kecil dibanding yang terh\jadi dalam jangka panjang.
Periode waktu ekuilibrium pasar :
  1. Ekuilibrium Jangka Pendek
Jika Perubahan apapun dalam output harus dihasilkan dari penggunaan sejumlah input modal dalam jumlah tetap.
  1. Ekuilibrium Jangka Panjang
Jika modal dan semua input yang lain berubah-ubah dan ada kebebasan bagi perusahaan-perusahaan untuk keluar dari dan masuk ke industri yang bersangkutan.
Perpotongan kurva penawaran jangka panjang dengan kurva permintaan baru menghasilkan ekuilibrium jnagka panjang yang dicapai apabila semua kondisi ekonomi telah menyesuaikan diri dengan tingkat permintaan baru itu.
            Dalam jangka panjang, harga dalam sebuah industri yang kompetitif akan cenderung mangarah pada titik kritis dimana perusahaan-perusahaan yang identik hanya menutupi biaya-biaya yang benar-benar kompetitif.
            Di bawah jangka panjang yang kritis ini perusahaan akan meninggalkan industri hingga harga kembali ke biaya rata-rata jangka panjang. Di atas harga jangka panjang ini, perusahaan-perusahaan baru kana memasuki industri, dengan demikian mekasa harga pasar kembali turun ke harga ekuilibrium jangka panjang dimana seluruh biaya kompetitif benar-benar ditutup.

Ekuilibrium jangka panjang keuntungan Nol :
Dalam sebuah industri kompetitif yabng dipadati oleh perusahan-perusahaan identikyang bebas keluar masuk, kondisi ekuilibrium jangka panjang ialah bahwa harga sama dengan biaya marginal sama dengan biaya rata-rata jangka oanjang minimum untuk sebuah perusahaan yang indentik :
P = MC = AC jangka panjang minimum = harga keuntungan nol
Inilah kondisi ekonomis keuntungan nol
Oleh karena itu, ekuilibrium jangka panjang dalam sebuah industri yang benar-benar kompetitif adalah ekuilibrium tanpa keuntungan ekonomis.


D . Efisiensi dan Keadilan Dari Pasar Kompetitif
Menilai Mekanisme Pasar
Suatu perekonomian adalah efisien apabila ia menyediakan bagi para konsumennya sekumpulan barang dan jasa yang paling diinginkan, dengan sumber daya-sumber daya dan teknologi tertentu dari perekonomian.

Efisiensi alokatif atau Efisiensi terjadi apabila tidak ada kemungkinan reorganisasi produksi yang dapat membuat seseorang dalam keadaan lebih baik tanpa membuat seseorang yang lain dalam keadaan lebih buruk.
Dalam kondisi-kondisi efisiensi alokatif, kepuasan dan utilitas satu orang dapat ditingkatkan hanya dengan menurunkan utilitas seseorang yan lain.
Efisiensi dan Ekuilibrium Pasar Persaingan
Alokasi sumber daya-sumber daya oleh pasar-pasar persaingan sempurna adalah efisien. Semua pasar adalah persaingan sempurna dan bahwa tidak ada eksternalitas-eksternalitas seperti polusi atau nformasi yang tidak sempurna.
Surplus ekonomi yang merupakan bidang diantara kurva penawaraan dan permintaan pada ekuilibrium. Surplus ekonomi adalah kesejahteraan atau utilitas bersih yang dihasilkan dari produksi dan konsumsi suatu barang yang sama dengan surplus konsumen ditambah dengan surplus produsen.
Untuk melihat efisiensi ekuilibrium adalah dengan membandingkan efek ekonomis dari suatu perubahan kecil dari ekuilibrium.

Ekuilibrium dengan Banyak Konsumen dan Pasar
Ekonomi persaingan sempurna efisien apabila biaya pribadi marginal dan apabila keduanya sama dengan utilitas marginal.
Pasar Persaingan sempurna adalah suatu alat untuk menyatukan :
  • Kemauan para konsumen yang memiliki rupiah untuk membayar barang-barang
  • Biaya-biaya marginal dari barang tersebut sebagaimana digambarkan oleh penawaran perusahaan.

Peran Sentral penetapan Harga sama dengan Biay Marginal
Peran Penting dari Biaya Marginal dalam sebuah ekonomi pasar adalah Hanya apabila harga-harga sama dengan biaya-biaya marginal, ekonomi dapat memeras output dan kepuasan maksimum dari sumberdaya-sumberdaya yang langka ; lahan, tanaga kerja dan modal.

Kualifikasi – Kualifikasi
Ekonomi campuran adalah ekonomi yang memdaukan pasar-pasar swasta dengan unsur-unsur campur tangan pemerintah.
Mengapa Negara-negara yang berorientasi Pasar masih mengandalkan campur tangan pemerintah ?
v     Kesulitan melakukan efisiensi dalam situasi dimana terjadi polusi atau ekternalitas-eksternalitas lainnya.
v     Distribusi pendapatan dalam pasar persaingan yang kompetitif.

Kegagalan – Kegagalan Pasar
«     Persaingan Tidak Sempurna
Apabila sebuah perusahaan memiliki kekuatan pasar dalam sebuah pasar tertentu.
«     Eksternalitas-Eksternalitas
Terjadi apabila bebrapa efek samping dari produksi atau konsumsi tidak dimasukkan dalam harga pasar.
«     Informasi Yang tidak Lengkap

Pasar Disambut Gembira Namun Bukan Segalanya
Kapitalismen Laissez-faire tidak selalu menghasilkan kebahagiaan terbesar karen amasyarakat tidak hidup dengan efisiensi saja. Ilmu Ekonomi dapat memberikan beberpaa wawasan mengenai efisiensi dari berbagai kebijaka-kebijakan yang mempengaruhi distribusi pendapatan dan konsumsi

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blog Archive

Blogroll

Ini adalah aneka tugas kuliah yang saya kerjakan dan saya dapatkan saat kuliah Manajemen tahun 2006 hingga lulus. Hampir sepuluh tahun yang lalu. Koreksilah dahulu, cocokkan dulu dengan bahasannya dan jangan asal kopi-paste, karena bisa saja edisi bukunya berbeda sehingga soal-soalnya berbeda dan akhirnya jawabannya juga berbeda. Adanya gini, jangan minta lebih. Kalau mau perfect ya kerjakan sendiri. Tugas-tugas saya ini hanya sebagai penunjang yang fungsinya supporting, bukan sebagai tulang punggungnya. Gunakan dengan bijak, semoga bermanfaat.

About