Pages

Rabu, 18 Oktober 2006

Jawaban Mikroekonomi Samuelson Chapter 5

  1. Utilitas adalah suatu gagasan ilmiah yang digunakan para ekonom untuk memahami bagaimana konsumen yang rasional membagi sumber daya-sumber dayanya yang terbatas di antara komoditas-komoditas yang memberikan mereka kepuasan
·         Utilitas TOTAL adalah Utilitas yang bertambah seiring dengan jumlah konsumsi tiap komoditinya , tetapi pada saat puncaknya tingkat kepuasan tersebut menurun karena jumlah komoditas yang dikonsumsi terlalu berlebihan .
·         Utilitas MARJINAL adalah Utilitas yang semakin berkurang ketika seseorang semakin banyak mengkonsumsi suatu komoditas tertentu.
Contoh utilitas marjinal :
Semakin sering kita mengkonsumsi nasi rawon setiap hari , maka nantinya tingkat kejenuhan kita akat meningkat , dan menurunkan tingkat kepuasan kita ketika mengkonsumsi lagi makanan tersebut .

  1. Ia lebih memilih apa yang membuat ia merasa lebih memuaskan , ia membeli pizza dengan jumlah lebih banyak karena pizza lebih bisa memuaskan dia dari pada burger . dan untuk minumnya ia  membeli kola sebagai pelengkapnya . ia tidak membeli hotdog mungkin ia berpikir harga per bijinya saja mahal apalagi kalau nantinya ia membel dalam jumlah banyak.

  1.  
Komplementer
Subtitusi
Brg. independen
·         Daging (sapi , domba dan babi ) dengan saus .
·     Daging sapi , daging domba dan daging babi .
·     Perjalanan dengan pesawat terbang , perjalanan dengan bis , taksi .
·     Radio dan televisi.
·     Rokok dan permen karet.

·        Buku bersampul tipis

Bila suatu harga barang naik maka harga barang yang lain ikut naik juga.
Pengaruh pendapatan terhadap kurva permintaan pada perjalanan menggunakan pesawat dan bis tentunya akan memepengaruhi jumlah kuantitas barang yang diminta. Karena bila pendapatan tetap dan harga dari tiket masing-masing jenis kendaraan naik , maka konsumen akan memilih mana yang sesuai dengan kebutuhan dan pendapatan yang mereka peroleh.



  1. Pernyataan yang benar ialah , ” Utilitas akan maksimum ketika utilitas marjinal dari semua barang dismakan dengan seluruh kegunaanya ” . pernyataan ini maksudnya apabila kita dapat menggunakan suatu sumber daya dengan maksimal , kita akan memeperoleh utilitas yang maksimal pula .

  1. Biaya untuk menonton bioskop per tahun :
Rp.25.000,- x 4kali perbulan x 12 bln = Rp.1.200.000,-

6.  

  1. - Bila harga dinaikkan untuk tiap komoditas dan jumlah yang diminta tetap maka akan  merubah harga elastisitasnya , tapi meskipun begitu ting elastisitas harganya tetap lebih tinggi untuk tiap komoditas yang memiliki hubungan erat , seperti toamat dan kacang polong.
- Bila harga dinaikkan juga akan mempengaruhi kenaikan elastisitas pendapatan.

  1. Benar karena elastistisitas permintaan pasar  dipengaruhi oleh elastisitas permintaaan individual.sehingga nantinya mrubah kurva permintaan kea rah yang lebih datar
9.   A)Jika pemerintah mengurangi persediaan obat di dalam negeri secara   otomatis membuat persediaan  komoditas itu  yang lebih langka. Jika kita mengadakan permintaan  dan tetap dan persediaan berkurang, maka akan membuat harga pasar dari  peningkatan obat. Di dalam kondisi ini  produsen mendapatkan surplus produsen

B) Jika pemerintah mengeluarkan  pajak alkohol dengan berat maka akan secara otomatis meningkatkn harganya . Dan ini adalah akan merupakan suatu yang hilang untuk produsen . Bahwa sebab jika peningkatan biaya, akan meningkatkan harganya juga. Jika harga terlalu tinggi pelanggan akan mengurangi permintaan mereka untuk alkohol. Jika itu terjadi pendapatan untuk produsen akan berkurang juga.

C) " A"  pengujian dari persediaan mendekati dan efek dengan kwantitas dan harga dari  sistem pasar. berbeda Dari " b"  mulai dari permintaan mendekati dan memberikan efek.

10.


11. a)

                   CS = 900.000 x ( 20 – 2 )
                         = 900.000 x 18
                         = 16.200.000,00
b)  -
c)  -



0 komentar:

Posting Komentar

 

Blog Archive

Blogroll

Ini adalah aneka tugas kuliah yang saya kerjakan dan saya dapatkan saat kuliah Manajemen tahun 2006 hingga lulus. Hampir sepuluh tahun yang lalu. Koreksilah dahulu, cocokkan dulu dengan bahasannya dan jangan asal kopi-paste, karena bisa saja edisi bukunya berbeda sehingga soal-soalnya berbeda dan akhirnya jawabannya juga berbeda. Adanya gini, jangan minta lebih. Kalau mau perfect ya kerjakan sendiri. Tugas-tugas saya ini hanya sebagai penunjang yang fungsinya supporting, bukan sebagai tulang punggungnya. Gunakan dengan bijak, semoga bermanfaat.

About