Pages

Kamis, 19 Oktober 2006

Jawaban Mikroekonomi Samuelson Chapter 3

1.      a.   Skedul permintaan adalah suatu hubungan yang pasti antara harga pasar dari suatu barang dengan kuantitas yang diminta dari barang tersebut , asalkan hal-hal lain tidak berubah. (Hubungan antara harga dengan kuantitas yang dibeli).
Hukum permintaan yangberlereng menurun terjadi apabila harga suatu komoditi naik (dan hal-hal lain tidak berubah), pembeli cenderung membeli lebih sedikit komoditi itu. Demikian pula apabila harga turun, hal-hal lain tetap, kuantitas yang diminta meningkat. Contoh :
- Apabila harga kopi naik, masyarakat lebih memilih untuk membeli teh.
- Apabila harga beras menurun, masyarakat akan membeli beras dengan jumlah yang lebih banyak.
b.   Skedul penawaran untuk sebuah komoditi memperlihatkan hubungan antara harga pasarnya dengan kuantitas dari komoditi tersebut yang diinginkan diproduksi dan dijual oleh produsen sementara hal-hal lain dianggap konstan.
KESIMPULAN DARI PERGESERAN  KURVA-KURVA TERSEBUT  ADALAH :

·         Bila yang bergeser adalah KURVA PERMINTAAN ke kanan atas berarti jumlah kuantitas meningkat diiringi dengan kenaikan harga pula pada titik Ekuilibriumnya. .
·          Bila yang bergeser adalah KURVA PENAWARAN  ke kanan bawah  berarti jumlah kuantitas meningkat tetapi diiringi dengan penurunan  harga pada titik Ekuilibriumnya .


2.      Permintaan hamburger meningkat bila harganya menurun. Yang dapat meningkatkan penawarannya adalah bila jumlah konsumennya berkurang dan muncul saingan produk baru pengganti burger. Bila harga pizza lebih murah daripada harga hamburger, maka konsumen akan lebih     cenderung membeli pizza. Bila hal itu terjadi maka akan terjadi efisiensi pekerja remaja yang bekerja di McDonald’s dengan tujuan untuk menekan biaya produksi.

3.      Ekuilibrium pasar terjadi pada harga dimana kuantitas yang diminta sama dengan kuantitas yang ditawarkan. Pada ekuilibium juga disebut harga pengosongan pasar. Ini menunjukkan bahwa seluruh penawaran dan pesanan permintaan terpenuhi, buku “kosong” pesanan, dan peminta serta yang menawarkan puas. Jika harga pasar mulai  terlalu tinggi, maka jumlah permintaan akan barang tersebut akan menurun. Jika harga pasar terlalu rendah, permintaan pasar akan meningkat .

4.      a. Tidak benar bila udara yang sangat dingin di wilayah penghasil kopi di Brazil akan menurunkan harga kopi. Karena di musim dingin tanaman kopi tidak bisa tumbuh dengan baik di daerah yang sangat dingin , jadi akan menyebabkan kelangkaan pada produksi kopi.
b. Tidak benar bila perlindungan yang diberikan terhadap produsen textile Amerika terhadap impor pakaian jadi China akan menurunkan harga pakaian jadi di Amerika Serikat. Karena hal itu dipengaruhi olesh selera pasar , jadi disna masih tetap ada persaingan harga untuk  memenuhi selera pasar tersebut.
c.   Tidak benar bila peningkatan yang pesat dalam biaya perkuliahan akan menurunkan pemintaan jasa pendidikan tinggi. Karena kebutuhan akan pendidikan masih tergolong kebutuhan yang penting bagi masyarakat , bagaimanapun juga masyarakat akan tetap menuruti kenaikan harga yang terjadi .
d.   Tidak benar bahwa perang melawan narotika, dengan peningkatan larangan terhadap impor koain, akan menurunkan harga mariyuana yang diproduksi dalam negeri. Justru semakin sedikitnya impor kokain yang masuk ke dalam suatu Negara, maka pasokan akan obat akan sangat sedikit sekali (langka). Jadi mariyuana lokal akan sangat dibutuhkan sebagai ganti kokain. Sehingga harga kokain akan meningkat.

5.      a.   Peningkatan dalam permintaan secara umum akan meningkatkan harga dan meningkatkan kuantitas yang diminta.
b.   Penurunan dalam permintaan secara umum akan menurunkan harga dan menurunkan kuantitas yang diminta.
c.   Peningkatan dalam penawaran secara umum akan menurunkan harga dan meningkatkan kuantitas yang diminta.
d.   Penurunan dalam penawaran secara umum akan meningkatkan harga dan menurunkan kuantitas yang diminta.

6.      a.   Karena sepatu lars hanya digunakan oleh tentara saja , dan tidak digunakan oleh kebanyakan masyarakat Amerika , maka dianggap persediaannya masih banyak .
b.   Hal ini ini mengakibatkan  harga daging meningkat dan jumlahnya pun semakin banyak. Sedangkan harga ikan berangsur menurun dan banyak pedagang ikan yang kini beralih menjual daging.
c.   Peningkatan pajak bahan bakar minyak menurunkan konsumsi bahan bakar. Masyarakat cenderung akan lebih memilih untuk menggunakan transportasi umum daripada menggunakan kendaraan pribadi, selain lebih murah juga efisien. Oleh sebab itu jumlah bahan bakar yang akan disiapkan pemerintah akan menurun, mengingat harganya yang melambung tinggi.
d.   Setelah Black Death (wabah penyakit pes) melanda Eropa pada abad ke-14, upah meningkat. Karena jumlah pekerja yang tersedia menyusut (langka), sedangkan industri-industri sangat membutuhkan para buruh untuk melakukan proses produksi.
7.      a. Perbaikan-perbaikan transportasi menurunkan biaya impor minyak ke Amerika Serikat pada tahun 1960an. Karena pada tahun-tahun sebelumnya impor minyak didistribusikan secara tradisional, dan baru pada 1960an minyak dapat didistribusikan dengan kendaraan transportasi modern.
b.   Sesudah perang 1973, para produsen minyak memotong produksi minyak secara tajam. Hal ini disebabkan pengurangan penawaran pada tahun itu menghasilkan dua “goncangan minyak” yang damatis. Yang menimbulkan pergolakan sosial dan memerlukan peningkatan regulasi.
c.   Setelah tahun 1980, mobil-mobil yang lebih kecil dapat menempuh jarak yang lebih jauh per gallon. Hal ini menyebabkan penurunan harga dalam kurun waktu yang lama setelah 1980.
d.   Sebuah musim dingin memecahan rekor pada tahun 1955-1956 yang secara tak terduga meningkatkan permintaan akan minyak pemanas. Sehingga mengakibatkan harga bahan bakar minyak meningkat, serta jumlah yang ada di pasaran pun ikut meningkat.
e.   Pemulihan ekonomi global pada tahun 1999-2000 menyebabkan kenaikan tajam dalam harga minyak. Perubahan paling mutakhir ini terjadi ketika pengurangan produksi oleh kertel minyak dan ledakan permintaan telah menyebabkan suatu lonjakan tajam harga minyak, sehingga memicu kemarahan para pengendara truk dan para pengendara mobil serta memberikan tekanan yang semakin besar pada inflasi.

8.      Banyak hal yang dapat menyebabkan pergeseran dalam kurva penawaran, seperti :
    • Karena semakin ketatnya persaingan, khususnya di bidang komputer. Maka produsen berlomba-lomba untuk memproduksi suatu barang dengan kualitas yang baik dan harga yang lebih murah dari pesaingnya.
    • Karena produsen memproduksi komputer terlalu banyak, sehingga mengakibatkan computer bukanlah komoditi yang langka lagi , jadi harganya semakin turun .

9.     



















Jika permintaan naik menjadi 3x lipat, warung pizza tersebut akan mengalami kenaikan omset yang tinggi. Jika harga pada awalnya ditentukan pada $4 per pizza, maka tidak akan ada perubahan dalam kurva.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blog Archive

Blogroll

Ini adalah aneka tugas kuliah yang saya kerjakan dan saya dapatkan saat kuliah Manajemen tahun 2006 hingga lulus. Hampir sepuluh tahun yang lalu. Koreksilah dahulu, cocokkan dulu dengan bahasannya dan jangan asal kopi-paste, karena bisa saja edisi bukunya berbeda sehingga soal-soalnya berbeda dan akhirnya jawabannya juga berbeda. Adanya gini, jangan minta lebih. Kalau mau perfect ya kerjakan sendiri. Tugas-tugas saya ini hanya sebagai penunjang yang fungsinya supporting, bukan sebagai tulang punggungnya. Gunakan dengan bijak, semoga bermanfaat.

About