Pages

Kamis, 26 Oktober 2006

Laporan Kegiatan Pengantar Bisnis Business Visit : Semen Gresik

PROFIL PERUSAHAAN

PT Semen Gresik (Persero) Tbk, merupakan perusahaan yang bergerak di bidang industri semen. Diresmikan di Gresik pada tanggal 7 Agustus 1957 oleh Presiden RI pertama dengan kapasitas terpasang 250.000 ton semen per tahun. Pada tanggal 8 Juli 1991 Semen Gresik tercatat di Bursa Efek Jakarta dan Bursa Efek Surabaya serta BUMN pertama yang go public dengan menjual 40 juta lembar saham kepada masyarakat. Komposisi pemegang sahamnya adalah Pemerintah RI 73% dan masyarakat 27%.

Pada bulan September 1995, Semen Gresik melakukan Penawaran Umum Terbatas I (Right Issue I), yang mengubah komposisi kepemilikan saham menjadi Pemerintah RI 65% dan masyarakat 35%. Tanggal 15 September 1995 Semen Gresik berkonsolidasi dengan PT Semen Padang dan PT Semen Tonasa, yang kemudian dikenal dengan nama Semen Gresik Group (SGG). Total kapasitas terpasang SGG sebesar 8,5 juta ton semen per tahun.

Pada tanggal 17 September 1998, Pemerintah melepas kepemilikan sahamnya di SGG sebesar 14% melalui penawaran terbuka yang dimenangkan oleh Cemex S.A. de C.V., perusahaan semen global yang berpusat di Meksiko. Komposisi kepemilikan saham berubah menjadi Pemerintah RI 51%, masyarakat 35%, dan Cemex 14%.

Sejak 30 September 1999 hingga buku ini diterbitkan, komposisi kepemilikan saham berubah menjadi Pemerintah RI 51%, masyarakat 23,5% dan Cemex 25,5%.

Sementara itu sejak Oktober 1998, SGG mempunyai kapasitas terpasang sebesar
17,2 juta ton semen per tahun dan menguasai
+ 45% pangsa pasar semen dalam negeri.
AKTIVITAS PEMASARAN

Perusahaan ini melakukan aktivitasnya produksinya di daerah Tuban , dikarenakan mulai pada tahun 2002 , bahan baku yang ada di kota Gresik berangsur-angsur habis , hal ini yang dimaksud adalah , gunung – gunung kapur yang digunkan sebagai bahan baku sudah mulai habis terpakai dan juga di kota Gresik yang notebene kota industri mulai digalangkan program Langi Biru yaitu program pengurangan polusi udara akibat asap pabrik .

Perusahaan ini membidik  pangsa pasar dalam negeri ,khususnya di daerah Jawa Timur karena lokasinya yang strategis dan dekat dengan daerah produksinya .
Perusahaan ini juga memasarkan produknya ke luar negeri( ekspor )  , tetapi aktivitas tersebut bukan menjadi prioritas utama perusahaan dikarenakan nantinya produk yang dijual sesampainya di Negara tersebut harganya akan membengkak yang diakibatkan oleh mahalnya biaya transportasi , pajak dan sebagainya .

Mengenai penentuan harganya , ditentukan oleh rapat umum direksi . Harga jualnya cenderung berganti – ganti tiap periodenya, hal ini dikarenakan mulai banyaknya para  pesaing di dunia persemenan , serta perhitungan lain yang menyangkut musim  serta aktivitas – aktivitas  pasar yang lainnya . Faktor lainya ditentukan oleh biaya transportasi dan harga pokok produksi serta daya beli masyarakat .

Dalam strategi pemasarannya , perusahaan ini perusahaan ini bermain di harga , jika permintaan pasar ramai ,maka mereka mulai menaikkan harga jualnya , tetapi jika pasar mulai sepi , mereka menurunkan harganya tetapi tidak diikuti dengan penurunan kualitas produknya.
Mereka juga tidak mau kalah dengan para pesaingnya . Perusahaan PT.Semen Gresik ini juga menayangkan sejumlah iklan , baik di media cetak maupun elektronik. Menjadi sponsorship di beberapa event .

MANAJEMEN PRODUKSI

Dalam Proses produksinya , perusahaan ini dipimpin dan diawasi oleh seorang manajer produksi . Pabrik – pabrik yang berada di kota Gresik , mulai tahun 2000
Sudah tidak difungsikan lagi dikarenakan bahan baku yang tersedia di kota Gresik sudah habis . Sekarang yang tersisa di pabrik yang berada di Gresik hanya ada pabrik untuk proses finishing dan pengemasan saja . Pabrik di kota Gresik ini semula akan ditutup total dan akan di jual ke investor , tetapi oleh pemerintah setempat tidak diizinkan  karena pabrik ini akan dijadikan museum industri  .

Mulai tahun 2000 seluruh aktifitas produksi dialihkan ke Tuban. Karena mereka mulai menggunakan bahan baku yang ada di sana . Mulai dari proses peleburan batu kapur , pencampuran dengan pasir silica hingga proses pembakaran menjadi barang setengah jadi . Dalam menjaga kualitas produksinya , PT.Semen Gresik telah mendapatkan penghargaan ISO 9002 dan  Sertifikat Sistem Manajemen Lingkungan ISO 14001 terhadap pengelolaan lingkungan yang dilakukan oleh Perseroan juga telah mendapatkan pengakuan baik secara nasional maupun internasional. Serta penghargaan dalam keselamatan kerja .

Pabrik ini mampu mengahasilkan 20 sampai 40 ribu ton perhari .
Dalam manajemen distribusi barangnya , perusahaan ini menggunakan system First In First Out ( FIFO ).

PENGELOLAAN DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA .

Dalam perekrutan karyawan , pada awal berdirinya , para manajernya menawarkan lowongan pekerjaan kepada penduduk di sekitar pabriknya, Hal ini dimaksudkan agar biaya untuk tenaga kerja lebih murah. Tetapi seiring berkembangnya zaman , dan seiring berkembangnya kebutuhan manusia , banyak orang – orang yang ingin bekerja di perusahaan ini , akhirnya mereka melakukan tes selesksi dalam rekrutmen karyawannya  . Karyawan perusahaan ini terdiri  dari lulusan SLTP hingga S2 dari semua jurusan  .
Jumlah seluruh karyawannya hingga saat ini berjumlah 2135 orang .

Dalam menumbuhkan motivasi kerja para karyawannya , perusahaan ini menawarkan  jenjang karir yang lebih tinggi bagi mereka yang kualified di bidangnya . Dan juga  tiap semesternya mereka mengadakan pelatihan-pelatihan serta seminar-seminar dalam rangka meningkatkan kualitas SDMnya. Ada yang dilakukan di dalam kota maupun luar kota .

Dalam memperbaiki hubungannya dengan masyarakat , perusahaan ini sering melakukan event-event yang mengundang masyarakat , seperti mengadakan lomba menggambar dan melukis pada perayaan hari ulang tahun Semen Gresik , mengadakan pagelaran wayang dan pasar malam , serta pameran kebudayaan-kebudayaan lainnya .

STRUKTUR ORGANISASI PERUSAHAAN

Struktur Pmegang Saham

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blog Archive

Blogroll

Ini adalah aneka tugas kuliah yang saya kerjakan dan saya dapatkan saat kuliah Manajemen tahun 2006 hingga lulus. Hampir sepuluh tahun yang lalu. Koreksilah dahulu, cocokkan dulu dengan bahasannya dan jangan asal kopi-paste, karena bisa saja edisi bukunya berbeda sehingga soal-soalnya berbeda dan akhirnya jawabannya juga berbeda. Adanya gini, jangan minta lebih. Kalau mau perfect ya kerjakan sendiri. Tugas-tugas saya ini hanya sebagai penunjang yang fungsinya supporting, bukan sebagai tulang punggungnya. Gunakan dengan bijak, semoga bermanfaat.

About