Pages

Kamis, 05 April 2007

Tugas Pengantar Manajemen Richard L. Daft Kasus 2 Perilaku Organisasi : Sakit Perut yang Mengganggu

Ringkasan Kasus 

Sandy Celeste adalah seorang ibu dari 2 anak berusia 40 tahun yang baru saja bercerai. Selama ini, setelah menikah dia tidak pernah bekerja full – time. Namun sekarang dia harus mencari pekerjaan untuk membiayai anak – anaknya. Berkat kedewasaan, pengalaman serta pendidikannya dahulu, Sandy berhasil diterima menjadi supervisor di Devon’s Department Store dan membawahi 3 departemen pakaian.
Pada hari pertama pekerjaannya, Sandy mempelajari bahwa karena besarnya ukuran Devon’s Department Store, ada 6 departemen pakaian dilokasikan pada area yang sama. Sebagai tambahan, ada 2 supervisor lain dari departemen lainnya. 3 Supervisor ini membawahi 28 karyawan. Sebagai akibat ada banyaknya departemen yang langsung disatukan, semua karyawan diharapkan mengetahui barang dari tiap departemen. Filosofi dari persediaan barang Devon’s adalah tidak akan menyelesaikan satu departemen atau seluruh toko tanpa memulai yang lain. Baik pegawai maupun supervisor, bekerja pada standar komisi dan gaji, sibuk menandai persediaan sebagai penjualan tanpa henti. Untuk memperburuk keadaan, Devon’s mengharapkan karyawannya menandai setiap barang saat malam hari setelah penjualan. Tekanannya besar, dan para pelanggan sering diabaikan serta merasa jengkel. Bagaimanapun juga, semua karyawan menyadari bahwa ketika pelanggan menderita, komisi karyawan pun menderita.
Sebagai supervisor, Sandy diharapkan menegakkan kebijakan perusahaan secara tegas. Namun setelah Sandy mulai bekerja menjadi supervisor, Ia mulai merasakan sakit kepala serta sakit perut yang amat mengganggu. Dia ingin berhenti dari pekerjaan ini, namun dia sadar dia tidak bisa karena bayarannya bagus dan Ia butuh uang itu untuk membiayai anak – anaknya,

STRES DAN MANAJEMEN STRES

Pengertian dari stres adalah respon psikologis dan respon emosional individu pada stimulan yang menimbulkan kebutuhan fisik dan psikologis pada individu. Dan menciptakan ketidakpastian dan gagalnya kendali diri ketika hasil penting dipertaruhkan.
Pada dasarnya stres tidak akan timbul jika tidak ada faktor pendukungnya. Contoh-contoh penyebab stres kerja :
1.         Tuntutan Tugas adalah stresor yang muncul dari tugas yang dituntut oleh seseorang yang memegang pekerjaan tertentu.
Misalnya : stres yang dialami oleh seseorang pemilik perusahaan akan lebih tinggi dibandingkan stres yang dialami oleh seorang kayawan biasa, padahal keduanya sama-sama bekerja, ini dipengaruhi tuntutan tugas serta tanggung jawab yang berbeda.  

2.         Tuntutan Fisik adalah stresor yang dikaitkan dengan keadaan dimana individu bekerja.
Misalnya : Lokasi perusahaan yang jauh dari tempat tinggal, dimana ini sangat menguras tenaga dibandingkan dengan karyawan lain yang lokasi tempat tinggalnya dekat dekat dengan perusahaan. Ini membuktikan bahwa tuntutan fisik juga bekerja didalamnya.

3.         Tuntutan peran adalah tantangan yang dikaitkan dengan peran merupakan serangkaian perilaku yang diharapkan dari seseorang karena posisi orang tersebut dalam kelompok.
Misalnya : ada seorang manajer yang memiliki karakter kepemimpinan yang demokratis, tetapi karena kebijakan perusahaan mengharuskannya memakai model kepemimpinan yang terpusat, maka manajer tersebut tetap harus mengikuti aturan yang telah ditetapkan oleh organisasi. Pada gambaran diatas dapat kita lihat tuntutan peran sangat berhubungan dengan kemampuan interpersonal.


MANAJEMEN STRES

            Pengertian dari manajemen stres itu sendiri adalah bagaimana seseorang yang sedang mengalami stres ingin dapat mengatur tingkat stres yang dialami oleh orang tersebut. manajemen stres ini sangat penting dalam kehidupan sehari-hari khususnya dalam dunia kerja. Karena jika stres yang dialami oleh seseorang tidak dibendung maka akan dapat menghasilkan dampak negatif.
            Langkah awal untuk mengatur tingkat stres mereka dengan cara melakukan identifikasi pada sumber stres yang utama, termasuk tuntutan tugas, fisik, peran dan tuntutan interpersonal dari pekerjaan serta organisasi. Oleh karena itu sesorang harus mencari cara untuk mereduksi stresor dan meningkatkan keterampilan. Bukan hanya dari sendiri tetapi organisasi juga dapat memberikan pelatihan atau pengarahan lebih jelas hingga karyawan merasa mampu untuk menangani tanggung jawab mereka serta mereka juga dapat membuat lingkungan kerja yang lebih aman dan nyaman. Misalnya perusahaan mengadakan liburan bersama agar karyawan merasa lebih bahagia.
            Ada beberapa teknik yang dapat membantu individu mengatasi tingkat stres tersebut, antara lain dengan strategi dasar : olahraga yang teratur, istirahat yang cukup, serta memakan makan yang bergizi serta mengkonsumsi beberapa beberapa vitamin. Karena dengan tubuh yang sehat maka itu dapat mengurangi tingkat stres seseorang.
Misalnya : Pada seorang manajer pada suatu perusahaan besar pasti memiliki banyak hambatan serta masalah yang perlu diselesaikan hal ini akan mengakibatkan tingkat stres bertambah. Maka dari itu cara manajemen stres dari diri sendiri selain selalu menjaga kesehatan serta kestabilan emosional, juga harus ada bantuan dari luar yaitu dengan berlibur ataupun hal-hal lain yang dapat membuat kita bahagia. Ini semua dilakukan agar menurunkan tingkat stres seseorang agar nantinya tidak berdampak negatif bagi diri sendiri maupun lingkungannya. 







JAWABAN PERTANYAAN

1.      Menurut kelompok kami, stres yang dialami oleh Sandy Celeste disebabkan oleh dua faktor yaitu faktor di dalam organisasi tersebut dan faktor individual.
·         Faktor organisasi meliputi
a.       Sistem menandai barang dari perusahaan tersebut yang dilakukan pada malam hari setelah karyawan seharian melakukan pekerjaan yang melelahkan sehingga intensitas stres yang tinggi terjadi di sini.
b.      Sistem penggajian yang menggunakan sistem komisi penjualan yaitu pendapatan gaji didasarkan pada seberapa banyak barang yang dijual karyawan kepada pelanggan. Hal ini membuat karyawan seakan dikejar target untuk mendapatkan gaji yang layak dan sesuai dengan kebutuhan mereka.
c.       Banyaknya pelanggan yang kecewa dengan pelayanan dari perusahaan tempat Sandy Celeste bekerja, padahal pendapatan karyawan dihitung berdasarkan barang yang berhasil dijual kepada pelanggan. Apabila penjualan mengalami penurunan maka gaji yang diterima juga semakin sedikit

·         Faktor yang kedua adalah faktor individual dalam diri Sandy Celeste sendiri yaitu:
a.      Sandy mempunyai tanggung jawab untuk memenuhi kebutuhan kedua anaknya yang masih kecil. Hal ini membuat Sandy harus bekerja sekeras mungkin untuk dapat memenuhi kebutuhan kedua anaknya. Belum lagi perasaan sehabis bercerai sehingga harus menjadi ”single parent” baik dalam merawat anak serta menyediakan nafkah.
b.      Latar belakang Sandy yang belum pernah bekerja sebelumnya. Hal ini membuat Sandy merasa ”kaget” situasi yang ada dalam dunia pekerjaan. Kaget akan suasananya, tekanan stres yang ada, lamanya waktu bekerja ditambah dengan merindukan suasana di rumah serta anak – anaknya.
c.       Kewajiban menghitung barang pada malam hari yang menyebabkan waktu bertemu Sandy dengan anak – anaknya menjadi sangat berkurang.
Kedua faktor dari dalam maupun luar inilah yang membuat Sandy menjadi tertekan secara psikis. Sebenarnya ini mngkin dirasakan Sandy hanya karena belum terbiasa dengan perubahan pekerjaan yang biasa dilakukannya. Memang sukar untuk merubah pola hidup apalagi pola pikir seseorang. Dulunya Sandy ibu rumah tangga namun sekarang Ia menjadi wanita karier. Perubahan inilah yang menjadi stressor utamanya.

2.      Solusi yang dilakukan untuk mereduksi tingkat stress yang dialami oleh karyawan dapat dilakukan oleh organisasi maupun melalui manajemen stress oleh masing – masing individual.
·         Solusi yang dapat dilakukan melalui organisasi adalah :
a.       Diadakannya kegiatan rekreasi yang dilakukan bersama seluruh karyawan untuk meredakan tingkat stress di lingkungan pekerjaan dan juga untuk mempererat hubungan antar karyawan baik atasan terhadap bawahan maupun sebaliknya
b.      Mengganti sistem penggajian berdasarkan komisi penjualan diganti dengan sistem penggajian yang membagi gaji dengan komisi sehingga para karyawan dapat memperoleh gaji yang disebut gaji pokok dan komisi yang didasarkan pada tingkat penjualan barang tersebut kepada pelanggan sehingga para karyawan tidak terlalu terbebani.
c.       Penggantian sistem ”stock opname” secara manual yang dilakukan setiap malam dengan sistem komputerisasi menggunakan ”barcode” sehingga stock yang ada bisa dipantau secara langsung dapat dilakukan ketika barang dibeli oleh pelanggan sehingga dengan adanya sistem ini sehingga para karyawan dapat memiliki waktu yang lebih banyak untuk beristirahat.

·         Strategi individual yang dapat Sandra Celeste terapkan :
a.      Dengan memanfaatkan waktu luang yang ada semaksimal mungkin untuk bersama anaknya. Bisa berekreasi atau pergi bersama.
b.      Dia bisa berkoordinasi dengan 2 supervisor lainnya di toko itu untuk membagi pekerjaaan sehingga lebih efektif.
c.       Sandra juga bisa mendekati para karyawan supaya mereka lebih semangat dalam melaksanakan tugasnya dan membantu Sandra. Tidak hanya mengawasi mereka, Sandra juga bisa memotivasi serta membantu mereka dalam pekerjaannya sehingga hasil kerja keseluruhan akan meningkat.

Apabila hal ini dilakukan diharapkan dapat meningkatkan motivasi karyawan yang pada akhirnya meningkatkan penjualan dan peningkatan service pada pelanggan yang akan meningkatkan kepuasan pelanggan atas pelayanan yang diberikan. Lalu strategi individual Sandra tidak hanya meningkatkan kepuasan Sandra namun juga para bawahan dan rekan kerjanya secara keseluruhan.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blog Archive

Blogroll

Ini adalah aneka tugas kuliah yang saya kerjakan dan saya dapatkan saat kuliah Manajemen tahun 2006 hingga lulus. Hampir sepuluh tahun yang lalu. Koreksilah dahulu, cocokkan dulu dengan bahasannya dan jangan asal kopi-paste, karena bisa saja edisi bukunya berbeda sehingga soal-soalnya berbeda dan akhirnya jawabannya juga berbeda. Adanya gini, jangan minta lebih. Kalau mau perfect ya kerjakan sendiri. Tugas-tugas saya ini hanya sebagai penunjang yang fungsinya supporting, bukan sebagai tulang punggungnya. Gunakan dengan bijak, semoga bermanfaat.

About