Pages

Senin, 09 April 2007

Resume Pengantar Manajemen Richard L. Daft : Chapter 1 Mengelola Lingkungan Kerja Baru


Empat Fungsi Manajemen :
Æ      Perencanaan
Berkaitan dengan menentukan tujuan untuk kinerja organisasi di masa depan, memutuskan tugas, dan penggunaan sumber daya yang diperlukan untuk mencapai tujuan tersebut.
Æ      Pengorganiosasian
Berkaitan dengan penentuan dan pengelompokan tugas ke dalam departemene, serta alokasi sumber daya ke dalam departemen.
Æ      Kepemimpinan
Menggunakan pengaruh untuk memberikan motivasi kepada karyawan sehingga mencapai tujuan organisasi.
Æ      Pengendalian
Berkaitan dengan pengawasan aktivitas karyawan, pertahanan organisasi pada jalur pemenuhan tujuan, dan pengoreksian bila diperlukan.

Kinerja Organisasi
Organisasi adalah antitas sosial dua orang atau lebih yang diarahkan dengan tujuan dan dibentuk dengan penuh pertimbangan.
1.      Diarahkan dengan tujuan
Dirancang untuk mencapai hasil tertentu, seperti memperoleh laba.
2.      Dibentuk dengan penuh pertimbangan
Tugas dibagi dan tanggung jawab untuk memenuhi kinerja diserahkan pada anggota organisasi.
Kinerja adalah kemampuan organisasi untuk mempertahankan tujuannya dengan menggunakan sumber daya secara efektif dan efisien.
Efektivitas
Efisien
Sejauh mana organisasi mencapai tujuan yang telh ditentukan.
Pemakaian sumber daya seminimal mungkin untuk meraih output dalam jumlah tertentu.

Keahlian Manajemen
Æ  Keahlian Konseptual
Kemampuan kognitif untuk melihat organisasi secara keseluruhan dan keterikatan antara bagian-bagiannya.
Æ  Keahlian Manusia
Kemampuan untuk bekerja dengan dan melalui orang lain, serta secara efektif sebagai anggota kelompok.
Æ  Keahlian Teknis
Pemahaman dan kemahiran dalam melaksanakan tugas-tugas tertentu.


Jenis Manajemen
w  Perbedaan Vertikal
ê  Manajer Puncak
Seorang manajer berada pada puncak hierarki dan bertanggung jawab atas keseluruhan organisasi.
ê  Manajer Menengah
Manajer yang berkerja pada tinngkat menengah organisasi dan bertanggung jawab atas unit usaha dan depertemen utama.
ê  Manajer Proyek
Manajer yang bertanggung jawab untuk proyek pekerjaan sementara yang melibatkan partisipasi orang yang datang dari berbagai fungsi dan tingkatan organisasi.
ê  Manajer Lini Pertama
Manajer yang berada pada tingkata pertama atau kedua manajemen dan secara langsung bertanggung jawab atas produksi barang dan jasa.
w  Perbedaaan Horizontal
ê  Manajer Fungsional
Manajer yang bertanggung jawab atas depertemen ayng menjalankan tugas fungsional tunggal dan memiliki karyawan dengan pelatihan dan keahlian serupa.
ê  Manajer Umum
Manajer yang bertanggung jawab terhadap beberapa departemen yang menjalankan fungsi berbeda.

Peran Manajer
            Sekumpulan harapan atas perilaku manajer.
š  Peran Informasi
Menjelaskan kegiatan yang digunakan untuk mempertahankan dan mengembangkan jaringan informasi.
š  Peran Antarpribadi
Berkaitan dengan hubungan dengan orang lain dan dengan keahlian manusia.
š  Peran Pengambil Keputusan
Berhubungan dengan peristiwa dimana manajer harus menentukan pilihan dan mengambil tindakan.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blog Archive

Blogroll

Ini adalah aneka tugas kuliah yang saya kerjakan dan saya dapatkan saat kuliah Manajemen tahun 2006 hingga lulus. Hampir sepuluh tahun yang lalu. Koreksilah dahulu, cocokkan dulu dengan bahasannya dan jangan asal kopi-paste, karena bisa saja edisi bukunya berbeda sehingga soal-soalnya berbeda dan akhirnya jawabannya juga berbeda. Adanya gini, jangan minta lebih. Kalau mau perfect ya kerjakan sendiri. Tugas-tugas saya ini hanya sebagai penunjang yang fungsinya supporting, bukan sebagai tulang punggungnya. Gunakan dengan bijak, semoga bermanfaat.

About