Pages

Senin, 17 September 2007

Tugas Evolusi Perkembangan Manajemen : Evolusi Perkembangan Manajerial Penerapan Teori Motivasi di SAMSUNG Group

Kun-Hee Lee sebagai CEO dari samsung group memberikan suatu gambaran dimana sekarang ini kita berada di tengah-tengah sebuah revolusi digital yang dicirikan dengan inovasi dan kreativitas yang tiada henti-hentinya. Lee juga berpendapat bahwa perusahaan yang dipimpinnya, yaitu Samsung, tidak boleh berhenti berusaha walaupun telah meraih prestasi gemilang, melainkan harus tetap berusaha agar dapat tetap bertahan di lingkungan yang cepat sekali berubah. Hal ini karena pada abad ke 20, lingkungan ini telah digerakan oleh kemajuan dalam produktivitas dimana yang menjadi kunci penggerak adalah kreativitas dan inovasi tiada henti.

Dengan semakin majunya teknologi, Lee berpendapat bahwa salah satu cara terbaik untuk tetap bisa bersaing dengan perusahaan lain adalah dengan menanamkan semangat kreatifitas yang tinggi pada setiap karyawan, dimana setiap karyawan diberikan kebebasan untuk berkreasi sesuai dengan kata hati mereka masing-masing dan mendorong karyawan untuk tidak takut akan aral rintangan. Lee berani menanamkan semangat kreativitas ini karena beliau mengakui bahwa  inspirasi bisa datang dari tempat-tempat yang tidak mungkin.

Lee juga berpesan bahwa untuk bisa bertahan di dunia digital yang semakin berkembang ini, Samsung perlu memperkuat hubungan dengan konsumen dengan mitra bisnis. Adanya hubungan yang kuat dengan mitra bisnis diharapkan dapat menimbulkan suatu kolaborasi yang baru dan inovatif yang dapat mendukung kemampuan perusahaan untuk tetap bertahan di dunia digital yang semakin inovatif. Selain itu, Samsung juga diharapkan dapat melanjutkan komitmen mereka yaitu memberikan sumbangsihnya bagi kesejahteraan masyarakat di sekitar perusahaan untuk mencapai masyarakat yang lebih baik dengan cara terus melanjutkan berbagai macam usaha sosial.


PENERAPAN TEORI MOTIVASI PADA SAMSUNG GROUP

Dari artike diatas, terdapat hubungan antara teori motivasi  seperti yang kita pelajari pada Evolusi Perkembangan Manajerial dengan aplikasinya di SAMSUNG group, yaitu :

Teori ERG oleh Clayton Aldefer
  1. Kebutuhan Kehidupan
Merupakan kebutuhan-kebutuhan akan kesejateraan fisik.
  1. Kebutuhan keterhubungan
Menyinggung pemenuhan hubungan dengan orang lain
  1. Kebutuhan Pertumbuhan
Berfokus pada perkembangan potensi manusia dan keinginan akan pertumbuhan pribadi serta kompetensi yang meningkat.


Teori ini diterapkan oleh CEO dari samsung group dalam hal memberikan kebebasan kepada para karyawannya untuk berani mengeluarkan kreativitas dan mendorong karyawan untuk meningkatkan potensi mereka. Selain itu, juga menanamkan rasa sosial terhadap lingkungan sekitar dan kesejahteraan masyarakat yang ada di sekeliling perusahaan.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blog Archive

Blogroll

Ini adalah aneka tugas kuliah yang saya kerjakan dan saya dapatkan saat kuliah Manajemen tahun 2006 hingga lulus. Hampir sepuluh tahun yang lalu. Koreksilah dahulu, cocokkan dulu dengan bahasannya dan jangan asal kopi-paste, karena bisa saja edisi bukunya berbeda sehingga soal-soalnya berbeda dan akhirnya jawabannya juga berbeda. Adanya gini, jangan minta lebih. Kalau mau perfect ya kerjakan sendiri. Tugas-tugas saya ini hanya sebagai penunjang yang fungsinya supporting, bukan sebagai tulang punggungnya. Gunakan dengan bijak, semoga bermanfaat.

About