Pages

Minggu, 02 September 2007

Tugas Manajemen Keuangan 1 : Jenis Pasar Modal yang Dianut Indonesia


Indonesia termasuk dalam pasar modal golongan apa?
Jawaban : Dulu Weak Form Efficient, sekarang merangkak menuju Semistrong Form Efficient.

Indonesia, negara dengan mata uang Rupiah, yang pernah babak belur perekonomiannya akibat Krisis Ekonomi, Moneter dan sejenisnya yang disebut Krisis Multidimensi tahun 1998 akibat perekonomian yang anjlok dan suhu politik yang panas. Akibat perekonomian yang selalu ditopang asing dan penggunaan dana IMF, perekonomian Indonesia tidak mandiri dan cenderung disetir pihak asing.
Setelah sepuluh tahun berlalu, kondisi Indonesia berangsur-angsur membaik dan berhasil keluar dari krisis. Perekonomian maju pesat, inflasi dapat dijaga (mski ada kenaikan harga BBM babak kedua), pertumbuhan ekonomi dan peningkatan kualitas SDM pun mengiringi.

Meski pernah diterpa tragedi Bom Bali 2002 yang sempat membuat nilai investasi Indonesia anjlok drastis, saat ini, pasar modal negara kita tercinta ini telah berkembang menjadi pasar modal kedua terbesar dan paling diminati di Asia setelah China. Nilai investasi meingkat seiring dengan tren positif negara-negara tetangga dan Asia yang ingin menanamkan modalnya di Indonesia. Perlu dicatat, bahwa Indonesia sebagai salah satu negara dengan penduduk keempat terbanyak di dunia, menjadi pangsa pasar potensial yang dibidik oleh pihak mancanegara. Sehingga kondisi ini sangat mendukung Indonesia menjadi salah satu kekuatan ekonomi baru terbaik di Asia dan berkembang menjadi negara dengan pasar modal semistrong form efficient.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blog Archive

Blogroll

Ini adalah aneka tugas kuliah yang saya kerjakan dan saya dapatkan saat kuliah Manajemen tahun 2006 hingga lulus. Hampir sepuluh tahun yang lalu. Koreksilah dahulu, cocokkan dulu dengan bahasannya dan jangan asal kopi-paste, karena bisa saja edisi bukunya berbeda sehingga soal-soalnya berbeda dan akhirnya jawabannya juga berbeda. Adanya gini, jangan minta lebih. Kalau mau perfect ya kerjakan sendiri. Tugas-tugas saya ini hanya sebagai penunjang yang fungsinya supporting, bukan sebagai tulang punggungnya. Gunakan dengan bijak, semoga bermanfaat.

About