Pages

Sabtu, 01 September 2007

Tugas Evolusi Perkembangan Manajemen : PENERAPAN TEORI MOTIVASI PADA KARYAWAN DI GENERAL ELECTRIC Co.

LATAR BELAKANG PERUSAHAAN

1.      Our Company

At GE, it isn’t enough to think big. Imagination must be practiced within boundaries of ethics, compliance and integrity. Far from limiting creativity, GE’s high standards have instead drawn a unique workforce of people dedicated to building a better company — and a better world — each and every day.

2.      Products & Services

The reach of GE’s businesses is reflected in our expansive line of products and services that span many industries and customers worldwide. GE businesses all share one important trait in common: each harnesses the power of imagination to make life better for our customers and consumers all around the world.
·         Appliances
GE is one of the largest manufacturers of major appliances in the world, producing Monogram®, GE Profile™ and many more brands. Discover how GE appliances deliver their remarkable efficiency.
·         Aviation
GE is the world's leading provider of aviation services and the leading producer of jet engines. We supply the world with engines for commercial, corporate, military and marine industries.
·         Consumer Electronics
Built with reliability and usability in mind, GE products use the best of technology making life easier every room of the house.
·         Electrical Distribution
GE provides a wide assortment of integrated equipment and systems to ensure safe and reliable power delivery. Electrical distribution and control solutions manage power in a variety of residential, commercial and industrial applications.
·         Energy
GE electrifies the world by providing energy products and services to more than 120 countries. With our coal, oil, natural gas, nuclear energy, water and wind technologies we can deliver solid productivity returns and significant environmental benefits.
·         Finance – Business
GE Commercial Finance serves clients in over 35 countries by providing loans, operating leases, financing programs, commercial insurance and equipment leasing to help global business grow.
·         Finance – Consumer
GE Money is a leading provider of credit services, offering credit, loans, mortgages and more. We serve consumers, retailers, auto dealers and mortgage lenders worldwide.
·         Healthcare
GE provides medical technologies and services that are shaping a new age of patient care. From medical imaging and information technologies to diagnostics and drug discovery, we help clinicians around the world re-imagine new ways to help their patients live longer fuller lives.
·         Lighting
Since the day Thomas Edison discovered a better filament for the incandescent lamp, GE has been lighting up the world. 128 years later, we still provide a range of innovative products for consumer, commercial and industrial markets.
·         Media & Entertainment
NBC Universal is a leading media and entertainment company in the development, production and marketing of entertainment, news and information worldwide.
·         Oil & Gas
GE provides global technology-based products, services and complete solutions to the oil and gas industry.
·         Rail
GE is the leading supplier to the world's railroads, pioneering locomotive and railroad management technologies that are economically advantageous and ecologically sound.
·         Security
With operations in more than 30 countries, GE is focused on security, safety and lifestyle enhancements, helping our customers protect people, assets and communities.
·         Water
For over 100 years, GE has been a leading global supplier of water treatment, wastewater treatment and efficient process systems solutions.


MEMOTIVASI KARYAWAN DI GE OLEH JACK WELCH
                                                                                       
Sebagai Chief Executive General Electric Co, selama hamper dua decade; Jack Welch telah membentuk kembali perusahaannya melalui lebih dari enam ratus akuisisi dan mencapai rekor pendapatan satu demi satu. Meski begitu, dia mengatakan pekerjaannya yang paling penting adalah memotivasi dan memberi penilaian karyawan GE, pekerjaan ini membuatnya menghabiskan lebih banyak waktu .    

“Anda harus selalu membawa sekaleng pupuk disatu tangan dan air di tangan yang lain dan terus menerus menuangkan keduanya pada bunga-bunga itu, “ katanya. “Jika mereka tumbuh , Anda akan mempunyai kebun yang sangat indah. Jika mereka tidak tumbuh, Anda harus memotongnya. Itulah yang dimaksud dengan manajemen.”

Welch menghabiskan kurang lebih lima puluh persen dari waktu yang dia miliki untuk mengatasi persoalan personalia. Ia akan melakukan penilain kinerja, mengelola Crotonville (Pusat Pelatihan Manajemen GE di Crotonville), mengirim pesan pribadi kepada para manajer. Bagi Welch tugasnya bukanlah mengetahui segala sesuatu mengenai bisnis. Tugasnya adalah memilih orang yang akan menjalankan bisnis dan memutuskan berapa banyak uang yang akan didapatkan dari bisnis A lawan Bisnis B atau C- serta memutuskan bagaimana mentransfer orang, uang dan gagasan di antara bisnis-bisnis itu.

Dalam memotivasi karyawan Welch berpendapat menghujani orang dengan penghargaan atas keunggulannya merupakan bagian penting dari proses manajemen. Tidak ada yang lebih dia suka ketimbang memberikan kenaikan gaji yang besar. Ia juga menyatakan bahwa kita harus diberi penghargaan secara moral dan financial. Piagam penghargaan itu perlu tapi uang juga perlu.

Empat pelajaran yang bisa diambil dari Jack Welch mengenai memotivasi karyawan :

1.   Terus menerus menyaring pekerja dengan cara mempromosikan pekerja terbaik dan  menyingkirkan pekerja terburuk
2. Berikan penilaian pada karyawan, jika anda memiliki sepuluh karyawan satu akan jadi bintang, satu terpaksa akan anda buang.
3. Daripada memaparkan tujuan-tujuan pekerjaan yang spesifik, tantanglah mereka untuk memberikan setiap gagasan yang tumbuh yang mereka dapatkan.
4. Anda tidak dapat memberikan penghargaan hanya dengan piagam. Beri mereka penghargaan dalam bentuk uang juga.


PENERAPAN TEORI MOTIVASI DI GE
Kaitannya dengan teori motivasi yang kita pelajari dalam EPM. Di dalam GE, terdapat penerapan teori motivasi, yaitu:
1) Teori Kebutuhan berprestasi Mc.Clelland
Teori ini menyatakan bahwa motivasi berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan seseorang akan prestasi. Menurut Mc Clelland karakteristik orang yang berprestasi tinggi memiliki tiga ciri umum :
a.   Sebuah preferensi untuk mengerjakan tugas-tugas dengan derajat kesulitan moderat
b.  Menyukai situasi-situasi dimana kinerja mereka timbul karena upaya-upaya mereka sendiri dan bukan factor-faktor lain seperti kemujuran
c. Menginginkan upan balik tentang keberhasilan, dibandingkan dengan mereka yang berprestasi rendah
Teori ini di terapkan oleh CEO Jeck Welch di GE ( General Electric ) berupa penyaringan pekerja secara terus-menerus dengan cara mempromosikan perkerja terbaik dan menyingkirkan pekerja terburuk. Welch juga berpendapat jika anda memiliki sepuluh karyawan, satu akan menjadi bintang dan satu terpaksa akan anda buang.
2) Teori Penguatan dan Modifikasi Perilaku
Teori ini mengatakan dari berbagai factor di luar diri seseorang turut berperan sebagai penentu dan mengubah perilaku. Dalam hal ini berlakulah apa yang di kenal dengan “hukum pengaruh” yang menyatakan bahwa manusia cenderung untuk mengulangi perilaku yang mempunyai konsekuensi yang menguntungkan dirinya dan menolak perilaku yang mengakibatkan timbulnya konsekuensi yang merugikan.
Teori ini sesuai dengan yang di terapkan oleh CEO Jeck Welch di GE ( General Electric ) karena Welch berpendapat menghujani orang dengan penghargaan atas keunggulannya merupakan bagian penting dari proses manajemen.

REFERENSI
            1.  “ www.vibiznews.com
            2.  “Perilaku Organisasi” jilid 10 pengarang
            3.  www.generalelectric.com


0 komentar:

Posting Komentar

 

Blog Archive

Blogroll

Ini adalah aneka tugas kuliah yang saya kerjakan dan saya dapatkan saat kuliah Manajemen tahun 2006 hingga lulus. Hampir sepuluh tahun yang lalu. Koreksilah dahulu, cocokkan dulu dengan bahasannya dan jangan asal kopi-paste, karena bisa saja edisi bukunya berbeda sehingga soal-soalnya berbeda dan akhirnya jawabannya juga berbeda. Adanya gini, jangan minta lebih. Kalau mau perfect ya kerjakan sendiri. Tugas-tugas saya ini hanya sebagai penunjang yang fungsinya supporting, bukan sebagai tulang punggungnya. Gunakan dengan bijak, semoga bermanfaat.

About