Pages

Senin, 03 September 2007

Pertanyaan Diskusi Kasus IsBD

Pertanyaan untuk kelompok 4 :
Perkembangan teknologi yang begitu maju pesat lebih cepat dibandingkan perkembangan ekonomi yang cenderung mengalami resesi akibat kenaikan BBM dan politik dunia yang makin semrawut menunjukkan bahwa zaman modern semakin kokoh dan tidak terpengaruh dengan elemen-elemen yang mengiringinya. Tidak terkecuali dengan perkembangan permainan dan industri hiburan, seperti Game.
Game, pada awalnya hanya sebagai hiburan atau alat pengisi waktu yang bisa dijadikan pengalih kebosanan. Namun, saat ini banyak terjadi penyimpangan-penyimpangan penggunaan game di kalangan masyarakat. Hal ini menimbulkan keraguan bagi para pengamat untuk menilainya sebagai hiburan semata.
Dengan melihat kondisi saat ini, mungkinkah fungsi game telah bergeser? Lalu apakah fungsi game tersebut masih layak disebut sebagai hiburan yang dapat mengalihkan kebosanan di saat senggang? Jika YA, adakah fungsi lainnya yang dianggap bermanfaat bagi para penggunanya selain sebagai hiburan semata?

Pertanyaan untuk Kelompok 6 :
Paham kapitalis memang sudah menjadi leader yang telah membawa modernisasi dan perkembangan global dunia saat ini. Agak sulit memang bila memisahkan paham ini dengan prinsip liberalisme yang juga banyak dianut oleh negara-negara barat utamanya. Namun, paham ini memiliki banyak kelemahan dengan tidak memperhatikan sektor riil yang kecil dan perlu mendapat peninjauan lebih lanjut.
Paham ini mengakibatkan pergerakan uang yang stagnan melulu hanya ‘di atas’ dan kurang bermanuver ‘di bawah’. Sehingga dapat diidentikkan dengan hukum rimba, “Yang kuatlah yang akan menang”. Namun, dengan adanya paham ini, para pelaku ekonomi dituntut untuk selalu berusaha dan melakukan inovasi tiada henti sepaya tidak tergerus oleh arus persaingan yang makin kejam.
Apabila ditinjau dari segi pemahaman pancasila, adakah keuntungan paham ini? Jika YA, apakah itu? Jika TIDAK, mengapa Indonesia saat ini masih saja membiarkan paham ini berkembang? Lalu apa solusi dari permasalahan ini?

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blog Archive

Blogroll

Ini adalah aneka tugas kuliah yang saya kerjakan dan saya dapatkan saat kuliah Manajemen tahun 2006 hingga lulus. Hampir sepuluh tahun yang lalu. Koreksilah dahulu, cocokkan dulu dengan bahasannya dan jangan asal kopi-paste, karena bisa saja edisi bukunya berbeda sehingga soal-soalnya berbeda dan akhirnya jawabannya juga berbeda. Adanya gini, jangan minta lebih. Kalau mau perfect ya kerjakan sendiri. Tugas-tugas saya ini hanya sebagai penunjang yang fungsinya supporting, bukan sebagai tulang punggungnya. Gunakan dengan bijak, semoga bermanfaat.

About