Pages

Kamis, 13 September 2007

Tugas Evolusi Perkembangan Manajemen : PRAKTIK MANAJEMEN DALAM ORGANISASI APPLE COMPUTER

Dalam hal ini, Steve Jobs membuat sebuah langkah revolusioner dengan membuat spesialisasi pekerjaan dan mengangkat beberapa orang pengganti untuk menempati posisi yang berbeda, seperti :
1.      Presiden,
2.      Staf keuangan
3.      Hubungan masyarakat
4.      Pemasaran.
Seperti yang dikemukakan oleh Dupin yang berusahan menyeimbangkan beban kerja menjadi beberapa bagian kerja. Spesialisasi ini dilakukan demi pembagian kerja yang merata dan adil untuk meningkatkan kinerja manajemen dan produktivitas perusahaan, yang juga telah dikemukakan dalam 14 Prinsip Manajemen menurut Henry Fayol, yang ada pada butir pertama, yaitu Pembagian Kerja. Hal ini sangat perlu dilakukan supaya pekerjaan cepat selesai namun mendapatkan hasil dengan kuantitas yang lebih banyak. Dan sebagai teknisi komputer yang mengerti benar tentang komponen komputer dsan kinerjanya, Steve Jobs sudah tepat melaksanakan langkahnya.

Idealnya, seorang manajer harus mampu mengetahui teknis dan konsep produksi dan memahami kebutuhan karyawan sekaligus. Namun sayangnya, keterampilan teknis dan konseptual yang dimiliki oleh Steve Jobs tidak dilengkapi dengan keterampilan manusianya sehingga memberikan atmosfer yang tidak terlalu bagus dalam perusahaan. Tetapi dengan inisiatif pembagian kerja yang dia lakukan diatas, paling tidak dia telah berusaha memberikan cara-cara menejemen yang terbaik bagi perusahaannya.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blog Archive

Blogroll

Ini adalah aneka tugas kuliah yang saya kerjakan dan saya dapatkan saat kuliah Manajemen tahun 2006 hingga lulus. Hampir sepuluh tahun yang lalu. Koreksilah dahulu, cocokkan dulu dengan bahasannya dan jangan asal kopi-paste, karena bisa saja edisi bukunya berbeda sehingga soal-soalnya berbeda dan akhirnya jawabannya juga berbeda. Adanya gini, jangan minta lebih. Kalau mau perfect ya kerjakan sendiri. Tugas-tugas saya ini hanya sebagai penunjang yang fungsinya supporting, bukan sebagai tulang punggungnya. Gunakan dengan bijak, semoga bermanfaat.

About