Pages

Kamis, 28 September 2006

Jawaban Mikroekonomi Samuelson Questions for Duscussions : Chapter 3 Microeconomics

Questions For Discussion Chapter 3


1.a)   Skedul atau kurva permintaan adalah suatu hubungan yang pasti antara harga pasar dari suatu barang dengan kuantitas yang diminta dari bari barang tersebut asalkan hal-hal lain tidak berubah.
         Hukum permintaan yang berlereng menurun:
         “Apabila harga suatu komoditi naik (dan hal-hal lain tetap), pembeli cenderung membeli lebih sedikit komoditi itu. Demikian pula apabila harga turun,hal-hal lain tetap, kuantitas yang diminta meningkat.”
        
Harga Tahu/Buah (Rupiah)
Permintaan Terhadap Tahu
100
25
200
20
300
15
400
10
500
5

Harga Gula/kg (rupiah)
Kuantitas Gula (kg)
15000
2
13000
4
11000
6
9000
8
7000
10

b)      Skedul atau kurva penawaran memperlihatkan hubungan antara harga pasarnya dengan kuantitas dari suatu komoditi yang ingin diproduksi dan dijual oleh produsen sementara hal-hal lain tetap.
                
       Suatu peningkatan dalam penawaran berarti harga suatu barang turun, sedangkan jumlah barang yang ditawarkan naik. Sehingga kurva bergeser ke arah kanan dan ke arah bawah.

         Suatu peningkatan dalam permintaan berarti harga suatu barang naik serta jumlah barang yang diminta juga naik. Sehingga kurva bergeser ke arah kanan dan ke arah atas.

2.   @  Yang mungkin akan meningkatkan permintaan hamburger :
a.       Masyarakat menginginkan makanan cepat saji dan praktis.
b.      Ditemukan variasi baru dalam menyajikan hamburger sehingga masyarakat lebih tertarik untuk mengkonsumsinya.
c.       Pendapatan masyarakat menurun sehingga mereka memilih hamburger yang harganya lebih murah untuk dimakan.
@     Yang meningkatkan penawaran hamburger :
a.       Biaya produksi berkurang sehingga produsen berani meningkatkan penawaran.
@     Pizza beku harganya lebih murah daripada hamburger sehingga masyarakat beralih mengkonsumsi pizza beku. Hal ini mempengaruhi ekuilibrium pasar untuk hamburger karena permintaan akan hamburger menurun. Selain itu juga mempengaruhi upah remaja yang bekerja di McDonald’s karena pendapatan McDonald’s yang menurun akibat berkurangnya pembelian terhadap hamburger. Karena penurunan pendapatan tersebut, mengakibatkan juga pengurangan terhadap besarnya upah para remaja yang bekerja di McDonald’s.

3.   a.   Harga dalam pasar persaingan menjadi tenang pada ekuilibrium perpotongan penawaran dan permintaan karena pada ekuilibrium perpotongan penawaran dan permintaan, terdapat keseimbangan antara jumlah penawaran dan jumlah permintaan  sehingga harga tidak naik ataupun turun selama hal-hal lain tidak berubah.
b.      Jika harga pasar terlalu tinggi, maka jumlah permintaan oleh konsumen menurun dan jumlah penawaran yang dilakukan produsen akan bertambah. Akibatnya akan terjadi kelebihan jumlah produksi sehingga banyak barang yang menganggur di pasar. Sebaliknya, jika harga pasar terlalu rendah maka jumlah permintaan oleh konsumen akan meningkat dan jumlah penawaran oleh produsen akan turun. Akibatnya akan terjadi kekurangan jumlah produksi, sehingga banyak konsumen yang tidak bisa mendapatkan barang tersebut (kelangkaan barang produksi).
           
4.   a.   Udara yang sangat dingin di wilayah penghasil kopi di Brazil akan menurunkan harga kopi. Pernyataan ini tidak benar karena tanaman kopi hidup di daerah yang berudara sedang. Jika kopi ditanam di daerah yang berudara sangat dingin maka kemungkinan hasil panennya tidak maksimal, baik dalam kuantitas maupun kualitas. Karena kuantitas hasil panen kopi tidak maksimal maka kopi menjadi langka di wilayah tersebut. Kelangkaan itu menyebabkan harga kopi menjadi mahal/naik.
b.      Perlindungan yang diberikan terhadap produsen tekstil Amerika terhadap impor pakaian jadi Cina akan menurunkan harga pakaian jadi di Amerika Serikat. Hal tersebut tidak benar karena pembatasan impor pakaian jadi Cina justru akan meningkatkan jumlah penawaran pakaian jadi di Amerika Serikat sehingga membuat harga pakaian jadi di Amerika Serikat juga meningkat.
c.       Peningkatan yang pesat dalam biaya perkuliahan akan menurunkan permintaan jasa pendidikan tinggi. Hal ini tidak benar karena kenaikan biaya perkuliahan tidak mempengaruhi permintaan jasa pendidikan tinggi sebab sampai kapanpun pendidikan akan sangat dibutuhkan oleh manusia meskipun biayanya mahal. Tidak ada tingkat pendidikan lain (yang setara) yang dapat menggantikan perkuliahan.
d.      Perang melawan narkotika, dengan peningkatan larangan terhadap impor kokain, akan menurunkan harga mariyuana yang diproduksi di dalam negeri. Ini tidak benar, jumlah produksi mariyuana justru akan meningkat karena menggantikan kokain dan mariyuana juga sangat dibutuhkan oleh para pecandu narkoba, yang biasanya mengonsumsi kokain. Karena banyak yang membutuhkan mariyuana, maka harga mariyuana meningkat.
5.   a.   Peningkatan dalam permintaan secara umum akan meningkatkan harga dan meningkatkan kuantitas yang diminta.
            FIGUR PENAWARAN dan PERMINTAAN ?????????
  1. Penurunan dalam permintaan secara umum akan menurunkan harga dan menurunkan kuantitas yang diminta.
FIGUR PENAWARAN dan PERMINTAAN ?????????
c.       Peningkatan dalam penawaran secara umum akan menurunkan harga dan meningkatkan kuantitas yang diminta.
      FIGUR PENAWARAN dan PERMINTAAN ?????????
d.      Penurunan dalam penawaran secara umum akan meningkatkan harga dan menurunkan kuantitas yang diminta.
      FIGUR PENAWARAN dan PERMINTAAN ?????????

6.   a.   Sebagai akibat dari penurunan belanja militer, harga sepatu lars tentara turun disebabkan karena pergeseran permintaan. Akibat dari turunnya belanja militer, maka permintaan akan sepatu lars tentara juga turun sehingga mengakibatkan harga sepatu lars tentara turun.
            FIGUR UTK MENJELASKAN JAWABAN ?????????
  1. Harga ikan turun setelah Paus mengizinkan orang Katolik makan daging pada hari Jumat disebabkan karena pergeseran permintaan. Karena Paus mengizinkan orang Katolik makan daging pada hari Jumat maka permintaan terhadap ikan menurun sehingga produsen menurunkan jumlah penawarannya yang mengakibatkan harga ikan turun.
FIGUR UTK MENJELASKAN JAWABAN ?????????
c.       Peningkatan pajak bahan bakar minyak menurunkan konsumsi bahan bakar disebabkan karena perubahan harga. Adanya peningkatan pajak membuat harga bahan bakar minyak menjadi lebih tinggi sehingga permintaan masyarakat akan bahan bakar tersebut akan turun.
      FIGUR UTK MENJELASKAN JAWABAN ?????????
d.   Setelah Black Death (wabah penyakit pes) melanda Eropa pada abad ke-14, upah meningkat disebabkan oleh pergeseran harga. Black Death mengakibatkan banyak warga Eropa meninggal dunia sehingga mengurangi jumlah buruh/pekerja. Berkurangnya buruh/pekerja ini membuat upah yang diperoleh meningkat.
      FIGUR UTK MENJELASKAN JAWABAN ?????????

7.   a.   Perbaikan-perbaikan transportasi mengakibatkan biaya pengangkutan menjadi lebih rendah. Jika biaya pengangkutan rendah maka harga minyak juga ikut turun. Jika harga minyak turun, maka kuantitas minyak yang diminta masyarakat akan naik.
            FIGUR ?!?!?!?!?!
  1. Karena produsen minyak memotong produksi minyak secara tajam, maka jumlah minyak yang ditawarkan produsen menurun sehingga harga minyak juga akan turun.
FIGUR ?!?!?!?!?!
c.       Mobil mobil yang kecil dapat menempuh jarak yang lebih jauh menyebabkan permintaan atas bahan bakarnya menurun. Sehingga penawarannya akan ikut turun. Disamping itu permintaan terhadap mobil tersebut mengalami peningkatan.
d.      Musim dingin membuat masyarakat membutuhkan minyak pemanas untuk menghangatkan badan mereka. Peningkatan jumlah permintaan terhadap minyak pemanas membuat produsen memperbanyak jumlah produksinya sekaligus menaikkan harganya untuk mendapatkan keuntungan yang lebih.
e.       Pemulihan ekonomi global membuat kebutuhan masyarakat akan minyak meningkat sehingga produsen minyak memperbanyak jumlah produsi minyak mereka dan menaikkan harganya.

8.   @  Hubungan harga-kuantitas terlihat lebih menyerupai kurva penawaran.
@     Kekuatan-kekuatan yang mungkin telah menyebabkan pergeseren dalam kurva penawaran :
    1. Teknologi. Karena kemajuan teknologi, digunakan sistem komputerisasi yang dapat menurunkan biaya-biaya produksi dan meningkatkan penawaran.
    2. Harga-harga input. Pengurangan upah yang dibayarkan kepada pekerja dapat menurunkan biaya produksi dan meningkatkan penawaran.
    3. Harga barang-barang yang terkait. Jika harga barang yang mendukung turun, maka penawaran pun akan meningkat.
    4. Kebijakan pemerintah. Menghilangkan kuota dan tarif atas barang impor akan meningkatkan penawaran barang produksi dalam negeri.

9.
Yang terjadi jika harga menjadi tiga kali lipat dari harga semula maka  jumlah permintaan pizza akan turun.

Kalau harga pizza pada awalnya ditentukan $ 4, maka jumlah permintaan piza yang di minta masyarakat akan semakin meningkat.

Questions For Discussion Chapter 4


1.       
Berdasarkan grafik diatas panenan atas padi yang berkualitas bagus akan berharga mahal sehingga permintaan masyarakat akan beras menjadi menurun. Begitu juga dengan jumlah beras yang diminta masyarakat menjadi lebih sedikit daripada yang ditawarkan petani. Karena permintaan dari masyarakat dan penawaran dari produsen sedikit maka pendapatan petani menurun.

2.       
a)    Parfum lebih elastis daripada garam. Dikatakan demikian karena parfum merupakan suatu barang yang jika harganya naik maka permintaan dari masyarakat akan turun. Karena parfum tidak semua masyarakat menggunakannya. Sebaliknya garam bersifat lebih inelastis daripada parfum karena semua masyarakat manggunakannya untuk memasak.
b)   Es krim lebih elastis daripada penisilin karena  saat sakit dan membutuhkan obat penisilin maka orang yang sakit meskipun harganya naik penisilin akan tetap dibeli. Sedangkan es krim, tidak semua orang menyukainya sehingga orang akan berpikir – pikir lebih dahulu untuk membelinya jikalau harganya naik.
c)    Mobil lebih elastis daripada ban mobil sebab mobil tidak dapat berjalan tanpa ban mobil. Oleh karena itu berapapun harganya orang akan membeli ban mobil.
d)   Es krim lebih elastis daripada krim coklat karena pada saat musim dingin dan orang sakit flu, maka orang cenderung tidak mengkonsumsinya. Sedangkan krim coklat akan tetap dikonsumsi dalam keadaan cuaca apapun.

3.     

2%
1%
½%
1%
 

Δ
Δ
Δ
Δ
 
P1 = 0                    Q1 = 0

2

1
2
 
P2 = 1 %                Q2 = 2%             =                   =                      maka Ed1 > 1


jika Q2 = ½ , maka                           =                   =                      maka Ed2 < 1


·        Perubahan yang pertama adalah elastisitas pertama berbeda dengan elastisitas kedua. Elastisitas pertama kurang dari satu sedangkan elastisitas kedua lebih dari satu.
·        Perubahaan yang kedua adalah elastisitas pertama adalah elastis sedangkan elastisitas kedua adalah inelastis

4.       
a)    Jika pendapatan konsumen meningkat maka konsumen lebih cenderung memakai pendapatannya untuk membeli apartemen dan produsen akan lebih banyak memberikan penawaran apartemen dan menaikkan harga. Akibatnya equilibrium harga dan output akan mengalami pergeseran.
b)   Penetapan pajak sebesar 10 % per bulan mungkin saja mengakibatkan daya beli masyarakat terhadap apartemen menurun. Jika seperti itu akan terjadi pergeseran equilibrium harga dan output tetapi mungkin juga konsumsi masyarakat terhadap apartemen akan tetap.
c)    Karena dekrit pemerintah yang mengatakan tidak boleh menarik sewa lebih dari $ 200 perbulan maka harga apartemen menjadi turun atau tetap. Hal ini mengakibatkan penawaran menjadi turun atau tetap dan permintaan konsumen naik atau tetap. Equilibrium output dan harga naik.
d)   Suatu tehnik konstruksi baru yang memungkinkan apartemen dibangun dengan separuh biaya mengakibatkan penawaran produsen meningkat dan permintaan konsumen cenderung naik karena harganya lebih murah. Output equilibrium  meningkat tetapi harga equilibrium tetap.
e)    Upah buruh bangunan meningkat 20% menyebabkan biaya produksi bertambah mahal sehingga harga jualnya naik. Hal ini menyebabkan permintaan konsumen menurun dan penawaran produsen tetap. Equilibrium harga dan output mengalami penurunan.

5.      Meningkatkan upah minimum sebesar 10% berdampak menurunnya kesempatan kerja tetapi penghasilan para buruh meningkat (terutama para buruh yang tidak terlatih).
6.      Asumsi daripada kutipan tersebut adalah pemerintah melakukan kontrol – kontrol harga dan upah sektor per sektor cenderung menciptakan distorsi - distorsi ekonomi. Kebanyakan sistem ekonomi terganggu oleh inefisiensi yang berasal dari campur tangan yang maksudnya baik namun tidak cakap terhadap mekanisme permintaan dan penawaran. Menetapkan harga maksimum atau minimum dalam sebuah pasar cenderung menghasilkan efek - efek ekonomi yang mencengangkan dan kadang – kadang jahat.
Contohnya : peningkatan upah minimum berdampak menurunnya kesempatan kerja sehingga pengangguran meningkat dan pengurangan lapangan kerja bagi buruh yang ketrampilannya rendah. Meskipun demikian pendapatan buruh yang berpenghasilan rendah meningkat.

7.       

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blog Archive

Blogroll

Ini adalah aneka tugas kuliah yang saya kerjakan dan saya dapatkan saat kuliah Manajemen tahun 2006 hingga lulus. Hampir sepuluh tahun yang lalu. Koreksilah dahulu, cocokkan dulu dengan bahasannya dan jangan asal kopi-paste, karena bisa saja edisi bukunya berbeda sehingga soal-soalnya berbeda dan akhirnya jawabannya juga berbeda. Adanya gini, jangan minta lebih. Kalau mau perfect ya kerjakan sendiri. Tugas-tugas saya ini hanya sebagai penunjang yang fungsinya supporting, bukan sebagai tulang punggungnya. Gunakan dengan bijak, semoga bermanfaat.

About