Pages

Senin, 04 September 2006

PENUTUP

Kepuasan konsumen memang tidak dapat dipisahkan dari kualitas produk. Dengan adanya mutu yang berkualitas tinggi, akan membuat berbagai dampak baik positif maupun negatif tergantung dari produk itu sendiri.
Apabila produk itu baik, bermutu dan berkualitas tinggi, maka dapat dipastikan masyarakat akan mengakui keunggulan produk tersebut dibandingkan dengan produk lain yang sejenis. Dengan kepastian itu, otomatis akan terbangun image produk dan perusahaan yang berkembang di kalangan masyarakat. Image tersebut dapat digunakan untukekspansi produklain ataupun hal-hal yang berhubungandengan pemasaran produk maupun perusahaan, sehingga perusahaan dapat menjadi lebih tangguh dan kompetitif. Image tersebut membuat kepercayaan masyarakat semakin tinggi, sehingga dapat membuat penilaian yang baik terhadap perusahaan, produk itu sendiri, dan tidak menutup kemungkinan produk lain yang juga diproduksi juga oleh perusahaan.
Image yang baik, kepercayaan yang tinggi dari masyarakat memberikankontribusi yang tidaksedikit terhadapperilakukonsumen. Konsumen,cenderung membeliterus-menerus produk yang dihasilkan apa bila sudah merasa cocok dengan sebuah barang. Terutama bila produk tersebut memberikan hasil yang melebihi apa yang diharapkan oleh konsumen. Mereka bahkan tidak segan-segan membeli lebih dari satu unit barang sekali beli atau bahkan mengajak konsumen lain untuk turut menggunakan barang tersebut. Loyalitas konsumen pun tidak perlu diragukan lagi.
Semakin baik kuailtas yang dimilikioleh produk,maka akan memicukompetityor untuk berinovasi meningkatkan kualitas yang lebih tinggi lagi untuk menaklukkan produk yang paling digemari masyarakat.Produk tersebut akan diteliti dan dicari kelemahannya. Setelah ditemukan kelemahannya, akan dihasilkan sesuatu yang menutup kelemahanproduk tersebut dan dipasang sebagai keunggulan produk kompetitor.Persaingan tersebut akhirnya menguntungkan konsumen karena semakin banyak persaingan, maka produsen cenderung berinovasi menghasilkan produk yang berkualitas dengan harga yang semakin murah sehingga konsumen dapat mendapatkan barang yang bermutu tinggi namun terjangkau secara harga.
Mengenai adanya peningkatan permintaan dan penjualan terhadap peroduk itu, tergantung pada setinggi apa kualitas barang tersebut dan sesuai tidaknya dengan harga yang dipatok di pasar. Walau bagaimana pun,permintaan masyarakat terhadap produk yang bersangkutan tetap tergantung pada harga barang tersebut (Terutama di Indonesia,  yang notabene masyarakatnya lebih mementingkan jumlah kuantitas dan harga).
Namun, apabila kualitas produk tersebut dianggap buruk oleh masyarakat, secara otomati akan terjadi hal-hal yang berkebalikan dengan apa yang ada pada perusahaan dengan mutu tinggi. Dapat dimungkinkan terjadi penurunan image atau kehancuran perusahaan. Penurunan image membuat nama perusahaan tidak terhitung dalam persaingan pasar. Sekali terjadi kesan buruk, maka akan sulit untuk pembersihan nama perusahaaan. Pengembaliannama baikperusahaan hanya dapat dilakukan oleh perusahaan-perusahaan tertentu yang benar-benar kompeten atau beruntung. Sulit sekali menghapus paradigma maupun pandangan yang buruk dari masyarakat daripada menghapus kesan baik dari benak masyarakat. Kepercayaan konsumen turun dan akhirnya berimbas pada penurunan volume penjualan.
Tidak hanya terjadi penurunan penjualan. Kualitas buruk yang dimiliki produk dapat membuat perusahaan kebanjiran kritik terutama bagi perusahaan besar yang telah memiliki kepercayaan konsumen sebelumnya. Lambat laun, apabila perusahaan tidak segera memperbaiki kualitas produk atau pun mengganti barang dengan kualitas yang lebih bermutu, konsumen tidak akan puas akan berpindah ke produk pesaing yang berarti kepailitan bagi perusahaan.


0 komentar:

Posting Komentar

 

Blog Archive

Blogroll

Ini adalah aneka tugas kuliah yang saya kerjakan dan saya dapatkan saat kuliah Manajemen tahun 2006 hingga lulus. Hampir sepuluh tahun yang lalu. Koreksilah dahulu, cocokkan dulu dengan bahasannya dan jangan asal kopi-paste, karena bisa saja edisi bukunya berbeda sehingga soal-soalnya berbeda dan akhirnya jawabannya juga berbeda. Adanya gini, jangan minta lebih. Kalau mau perfect ya kerjakan sendiri. Tugas-tugas saya ini hanya sebagai penunjang yang fungsinya supporting, bukan sebagai tulang punggungnya. Gunakan dengan bijak, semoga bermanfaat.

About