Pages

Jumat, 29 September 2006

Jawaban Mikroekonomi Samuelson chapter 2 : Question for discussion.


Answer
1.                 -Transportasi, sebagai kedaulatan konsumen. Karena transportasi merupakan keperluan public yaitu seuatu yang bersifat milik umum, oleh karena itu konsumen dapat memilih berbagai macam alat transportasi tanpa ada yang dapat melarang. Contoh: konsumen dapat memilih dengan  kendaraan mobil pribadi  atau  pesawat terbang untuk dapat berpergian dari Surabaya menuju Jakarta. Jadi tidak perlu untuk dirubah pengalokasiannya.
-Pendidikan, sebagai kedaulatan konsumen. Karena dalam masalah pendidikan seseorang  atau individu mempunyai hak dalam memilih jenjang pendidikan nya, tanpa ada aturan yang melarangnya. Contoh: seseorang dapat memilih sampai mana jenjang pendidikan yang diinginkan seperti, dapat memilih jenjang pendidikan SD, SLTP, SLTA, Perguruan Tinggi, Magister, Doktor tanpa ada hukum yang melarang, jadi tidak perlu untuk merubah pengalokasiannya.
-Polisi, sebagai keputusan politik. Karena di dalam kepolisian masyarakat tidak dapat ikut campur dalam penentuan penentuan keamanan, karena didalam kepolisian telah diatur program program dari pemerintah untuk melindungi masyarakat, jadi masyarakat tidak perlu kawatir dalam perlindungan keamanan. Jadi tidak perlu untuk merubah pengalokasiannya.
-Efisinsi energi peralatan mesin, sebagai kedaulatan konsumen, karena didalam penggunaan energi peralatan mesin konsumen sebagai pengguna yang sifatnya bebas dalam penggunaannya, sedangkan tugas pemerintah hanya dapat memberikan himbauan agar dapat menghemat. Jadi tidak perlu untuk merubah pengalokasiannya.
-Asuransi perawatan kesehatan, sebagai kedaulatan konsumen, karena setiap bentuk asuransi itu berbentuk umum, yang berarti adalah milik public, apalagi kesehatan yang setiap orang dambakan, jadi tidak ada suatu undang-undang yang dapat melarang si A untuk tidak dapat mengurus asuransi perawatan kesehatan. Jadi tidak perlu untuk merubah pengalokasiannnya.   
-iklan televisi, mempunyai sifat yang campuran, yaitu gabungan antara kedaulatan konsumen dan keputusan politik, karena dalam aplikasinya, konsumen dapat bebas untuk memasang iklan pada televise, tetapi bagimanapun juga, pemerintah juga ikut serta dalam memberikan kebebasan pemasangan iklan, karena dalam pemasangan iklan juga harus dilihat tingkat kelayakannya.



2.                 maksud dalam pelelangan atau yang sering disebut dengan penjatahan adalah agar tetap terjadinya keseimbangan, agar dalam kelangsungan mekanisme pasar tersebut tetap tersedia barang-barang dan jasa-jasa yang langka. Dalam mekanisme pasar menjatah ini tentu ada nilai positif dan negative nya, nilai positifnya adalah tetap tersedianya barang-barang dan jasa yang langka, dan segi negative nya adalah sistim yang dating awal dilayani pertama, sehingga mengakibatkan tumpukan layanan yang tak dapat dilakukan secara selektif.


3.     apabila tangan yang tak kelihatan itu tidak berjalan dengan baik, sudah tentu kondisi ekonomi pun ikut menjadi tidak baik yang juga dapat membuat kegagalan pasar, oleh karena itu pemerintah terus berupaya agar dapat menuntun atau mengendalikan kegagalan kegagalan pasar yang lebih buruk dari semula. Adapun sebenarnya peran pemerintah adalah mengajak untuk masuknya masyarakat namun yang terjadi adalah sebuah kegagalan pasar.
Contoh pemerintah dalam kegagalannya mengendalikan pasar adalah:
-         Polusi yang terjadi diakibatkan eksternalitas negative
-         Tingkat inflasi yang tak kembali normal
-          Kegagalan dalam mengembalikan nilai mata uang













4.     polusi, merupakan suatu bentuk kegagalan pasar. Karena seharusnya dalam penerapan kerja nya, telah diberikan peraturan dalam pemerintah dalam hal penyaringan sebelum pembuangan polusinya, tetapi karena lemahnya hokum dalam pemerintahan menjadikan pabrik-pabrik tidak dapat memetuhi peraturan pemerintah secara penuh.
Tunjangan pendapatan untuk fakir miskin, merupakan suatu bentuk kegagalan pasar, karena dalam mekanisme pendistrusiannya tunjangan-tunjangan tersebut masih sering terjadi kontrovesi, yang dapat memberikan peluang pada pemerintah dalam melakukan korupsi yang juga mempengaruhi dalam menjadinya kegagalan- kegagalan pasar
Regulasi harga dari sebuah monopoli telpon,  merupakan suatu bentuk kegagalan pasar, karena dalam mekanismenya hanya terdapat satu perusahaan telpon, pemerintah hanya melakukan monopoli pasar, sehingga berusaha untuk mendapatkan keuntungan sebesar besarnya,  



  


5.
                                                              Money  Market
                          The fed                                                                         $                                     

          demand   $                                                                                                 supply


                                                      What?
                                                      How?
                                                      For whom?



                                                Factor market
      supply             labor                                                                      labor               demand
       capital goods                                                                    capital goods

dari gambar figure diatas dapat kita lihat jika, peran uang adalah sebagai perantara, karena tanpa adanya uang dalam arus melingkar dolar maka akan terhambat dan juga bias mengakibatkan putus nya arus.


6.     sebuah ekonomi yang maju di cirikan oleh sebuah perdagangan yang rumit , antar individu, antar Negara yang tergantung pada tingkat spesialisasi yang tinggi dan pembagian kerja yang rumit, adapun contoh dari spesialisi dan pembagian kerja yaitu:
spesialisi:
-         dengan kondisi tanah nya Negara perancis cocok untuk menspesialisikan tanahnya untuk dijadikan perkebunan anggur.
-         Karena sumber daya manusia nya yang sangat luar biasa, jepang  cocok untuk menspesialisasikan  memaksimalkan sumberdaya manusia nya dalam bidang tehnolgi.
-         Karena tanahnya yang sangat subur, Indonesia sangat cocok untuk spesialisai agraria.
Pembagian kerja:
-         seorang lulusan tehnik kimia akan menjadi ahli kimia dalam perusahaan
-         seorang lulusan sastra akan menjadi sastrawan
-         seorang lulusan arsitek akan menjadi seorang arsitektur
sesuai dengan kondisi geografis Indonesia, maka saya dan sahabat saya akan memaksimalkan spesialisi agraris, karena kesuburan tanah Negara ini untuk pertanian. Bahaya akan mungkin timbul adalah terjadinya persaingan spesialisasi diantara Negara Negara yang mengakibatkan terlalu banyaknya output, tanpa keseimbangan dengan input.



7.     apa yang telah dilakukan oleh bapak Lincoln dalam pembebasan para budak adalah tindakan yang sangat beradab, tetapi dalam ilmu ekonomi, hal tersebut tentu akan membuat masalah yang sangat besar. Karena akan tentu merubah diagaram PPF, diagram yang tadinya PPF normal, menjadi bergeser kesisi kiri yang berarti menimbulkan krisis, ketidak efisiensian dan juga salah satunya kegagalan pasar.








8.     didalam table tersebut tertuliskan jaminan social merupakan belanja terbesar dalam kategori pengeluaran utama pemerintah federal, karena pasar tidak selalu menghasilkan suatu distribusi pendapatan yang adil, sehingga membuat pemerintah amerika serikat menggunakan pajak untuk meninggkatkan penghasilan guna membiayai program-program pemberian tunjangan berupa jaminan social, perawatan kesehatan dan perawatan medis, pertahanan nasional, jaminan pendapatan, bunga atas hutang public, sumber daya- sumber daya alam dan lingkungan, serta urusan international sesuai dengan jumlah belanja federal amerika serikat dalam milyar US$ 

9.  Tidak ada pajak tanpa kenyataan hasil’ lebih merujuk pada kepentingan publik daripada pribadi atau individu. Walaupun pembayar pajak adalah indvidu.
Pajak yang dibayar oleh tiap individu merupakan perwujudan daripada kesadaran akan fungsi pajak itu sendiri. Pajak berfungsi membiayai pengeluaran negara. Tanpa adanya pajak mustahil suatu negara itu ada. Tetapi pada kenyataannya pajak yang dibayarkan tidak banyak dirasakan hasilnya. Hanya terbatas pada hal hal yang berkaitan dengan kepentingan umum. Hal ini dikarenakan tujuan dari pemerintah adalah mensejahterakan  rakyat khalayak ramai bukan individu perseorangan. Sehingga kepentingan kepentingan individu terpaksa harus tersisihkan.

a)                                                Pajak dirasa terlalu berlebihan untuk membayar perlindungan atau dapat diasumsikan asuransi. Hal ini sah sah saja karena dari harga yang dibayar dengan hasil yang diperoleh tidak sebanding. Semisal kita membayar pajak jalan. Tetapi 60% dari harga yang dibayar dinyatakan sebagai biay asuransi keselamatan di jalan. Akan tetapi jika kita tidak mengalami apapun uang tidak kembali. Sedangkan jika mengalami kecelakaan hanya kemdapat sedikit bantuan denagn alas an seseuai dengan perjanjian. Padahal yang melakukan perjanjian bukanlah sang pembayar sendiri.
b)                                                Bea yang dibayar dirasa terlalu berlebihan untuk membayar masuk jembatan. Dikatakan demikian karena jembatan yang dibangun berasal dari pajak yang telah dibayar masyarakat. Seharusnya pemeliharaannya tidak dengan menarik bea masuk seperti demikian. Tetapi dianggarkan dari pajak yang masuk ke negara atau daerah. Karena jika bisa membangun jembatan denngan pajak yang diterima sudah sewajarnya memiliki kemampuan untuk pemeliharaannya. Disamping itu harga yang dibayarkan tidak sebanding dengan kondisi jembatan yang dipakai.
Harga tiket penerbangan dari New York ke Miami dirasa terlalu mahal karena menurut pandangan pelanggan jarak antara kedua tempat tersebut tidak terlampau jauh dan mobilitas masyarakat kedua lokasi juga cukup tinggi. Dengan demikian harusnya biaya yang dikeluarkan untuk mendapatkan tiket penerbangan tidak seharusnya semahal itu. Apalagi penerbangan ke daerah yang lain juga sudah sesuai standar

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blog Archive

Blogroll

Ini adalah aneka tugas kuliah yang saya kerjakan dan saya dapatkan saat kuliah Manajemen tahun 2006 hingga lulus. Hampir sepuluh tahun yang lalu. Koreksilah dahulu, cocokkan dulu dengan bahasannya dan jangan asal kopi-paste, karena bisa saja edisi bukunya berbeda sehingga soal-soalnya berbeda dan akhirnya jawabannya juga berbeda. Adanya gini, jangan minta lebih. Kalau mau perfect ya kerjakan sendiri. Tugas-tugas saya ini hanya sebagai penunjang yang fungsinya supporting, bukan sebagai tulang punggungnya. Gunakan dengan bijak, semoga bermanfaat.

About