Pages

Selasa, 26 September 2006

Resume Pengantar Bisnis Jeff Madura : Bab 7 Lingkungan Ekonomi


Manajemen adalah pemanfaatan manusia dan sumber-sumber lain dengan cara yang terbaik untuk mecapai tujuan perusahaan.
Empat komponen utama bagi Manajer diantaranya :
¨      Memahami karakteristik penting manajer untuk keefektifan
¨      Menentukan tanggung jawab pekerjaan
¨      Mengatur proses dimana produk akan diproduksi
¨      Mengawasi dan memperbaiki kualitas produk yang diproduksi.
¨      Menyediakan latar belakang karakteristik pemting manajer untuk mencapai keefektifan
¨      Menjelaskan bagaimana tanggung jawab pekerjaan ditentukan

Tingkat-Tingkat Manajemen :
Ø      Manajemen Puncak (Tingkat Tinggi)
Mencakup posisi-posisi seperti presiden, direktur utama (yang umumnya bertidak sebagai presiden), direktur keuangan, dan wakil presiden. Para majaer yang membuat keputusan – keputusan jangka panjang hingga tiga atau lima tahun kedepan.
Ø      Manajemen Menengah
Sering kali bertanggung jawab atas keputusan perusahaaan jangka pemdek, karena pasar manajer ini lebih terlibat dalam proses produksi. Para manajer ini mengatasi persoalan-persoalan dan merencanakan metode-metode baru untuk meningkatkan kerja.
Misal : Manajer Pabrik
Ø      Manajemen Pengawasan
Para manajer yang sangat terlibat dengan karyawan-karyawan yang melaksanakan proses produksi sehari-hari.

Perbandingan Tanggung Jawab antara Para Manajer
Manajemen Puncak
Manajemen Menengah dan Puncak
Manajemen Pengawasan
1.      Menyusun rencana baru untuk perluasan produksi dan meningkatkan penjualan.
2.      Mengkomunikasikan rencana-rencana itu pada semua manajer
1.      Menentukan jumlah karyawan baru yang harus direkrut
2.      Menetapkan harga yang lebih rendah untuk meningkatkan penjualan
3.      Menentukan peningkatan periklanan untuk meningkatkan penjualan
4.      Menentukan cara memeproleh dana untuk membiayai ekspansi
1.      Mempersiapkan tugas pekerjaan bagi para karyawan baru yang telah direkrut
2.      Mempersiapkan jadwal waktu bagi para karyawan yang telh direkrut

Tingkatan Manajemen dan Ketrampilan yang dibutuhkan menurut Stoner :
Manajemen Puncak
Konseptual


Manajemen Menengah

Manusiawi

Manajemen Lini Pertama


Teknis

     Ketrampilan Teknis (Technical Skill)
Kemampuan menggunakan prosedur, teknik, dan pengetahuan di bidang khusus.
     Ketrampilan Manusia (Human Skill)
Kemampuan untuk bekerja sama, memahami, dan memotivasi orang lain sebagai individu dalam kelompok.
     Ketrampilan Konseptual (Conceptual Skill)
Kemampuan untuk mengkordinasikan dan mengintegrasikan semua kepentingan dan aktivitas organisasi.

Adapun menurut Jeff Madura, Untuk dapat melaksanakan tugas dengan baik, para manajer mengandalkan 4 tipe keahlian :
v     Keahlian Konseptual
v     Keahlian antar manusia
v     Keahlian Teknikal
v     Keahlian Pengambilan Keputusan
Fungsi Manajemen ada 4, yaitu :
  1. Perencanaan
  2. Pengorganisasian
  3. Kepemimpinan
  4. Pengawasan

1.      Perencanaan
Perencanaan adalah persiapan suatu perusahaan untuk kondisi bisnid di masa yang akan datang. Pernyataan misi adalah suatu penjelasan mengenai tujuan utama perusahaan.
Macam-macam perencanaan :
§         Rencana Strategis
Menggambarkan fokus bisnis utama perusahaan untuk jangak panjang (3-5 tahun). Rencana Strategis lebih terperinci daripada pernyataan misi dan menjelaskan secara umum bagaimana misi perusahaan dapat dicapai.
§         Perencanaan Taktis
Merupakan rencana-rencana berskala lebih kecil (untuk jangka waktu satu atau dua tahun) yang konsisten dengan rencana strategis (jangka panjang) perusahaan.
§         Perencanaan Operasional
Penyusunan metode-metode yang akan segera digunakan (misalnya tahun depan) untuk mencapai rencana-rencana taktis. Jika perusahaan melaksanakan perencanaan operasional, mereka harus mengikuti Kebijakan, yaitu pedoman pelaksaan tugas.
Sebagian besar kebijakan melibatkan prosedur yaitu langkah-langkah yang diperlukan untuk melaksanakan kebijakan itu.
§         Perencanaan Darurat
Rencana-rencana alternatif dikembangkan untuk menghadapi berbagai kondisi bisnis yang mungkin terjadi.
2.      Pengorganisasian
Pengorganisasian adalah pengaturan karyawan dan sumber-sumber lain dengan cara konsisten dengan sasaran perusahaan.
Pengorganisasian juga merupakan proses mengatur dan mengalokasikan pekerjaan, wewenang dan sumber daya diantara anggota organisasi, sehingga mereka dapat mencapai sasaran organisasi.
Aspek dasar pengorganisasian :
§         Departementalisasi
Merupakan pengelompokan kegiatan-kegiatan kerja suatu organisasi agar kegiatan-kegiatan yang sejenis dan saling berhubungan dapat dikerjakan bersama.
§         Pembagian Kerja
Pemerincian tugas pekerjaan agar setiap individu dalam organisasi bertanggung jawab untuk dan melaksanakan kegiatan yang terbatas.
3.      Kepemimpinan
Kepemimpinan adalah proses untuk mempengaruhi kebiasaan-kebiasaan orang lain demi mencapai sasaran bersama.
Kepemimpinan merupakan proses mengarahkan dan mempengaruhi aktivitas yang berkaitan dengan pekerjaan dari anggota kelompok atau seluruh organisasi. Agar para manajer dapat menjadi pemimpin yang efektif mereka memerlukan inisiatif, yaitu kemauan untuk bertindak.
            Gaya Kepemimpinan ada 3, yaitu :
§         Otokratis
Gaya kepemimpinan dimana pemimpin memiliki kekuasaan penuh untuk mengambil keputusan.
§         Bebas
Gaya kepemimpinan dimana pemimpin mendelegasikan sejumlah wewenang kepada karyawan
§         Partisipatif
Gaya kepemimpinan diaman para pemimpin memperoleh beberapa masukan dari karyawan, tetapi pada umumnya menggunakan wewenangnya untuk mengambil keputusan.
4.      Pengawasan / Pengendalian
Jeff Madura : Pengawasan adalah memonitor dan mengevaluasi tugas-tugas.
Stoner       : Proses untuk memastikan bahwa aktivitas sebenarnya sesuai dengan aktivitas yang direncanakan.
Fungsi pengendalian Manajemen melibatkan beberapa elemen diantaranya :
1.      Menetapkan standar dan prestasi kerja
2.      Mengukur prestasi saat ini
3.      Membandingkan prestasi ini dengan standar yang telah ditetapkan.

4.      Mengambil tindakan korektif apabila ada deviasi yang dideteksi.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blog Archive

Blogroll

Ini adalah aneka tugas kuliah yang saya kerjakan dan saya dapatkan saat kuliah Manajemen tahun 2006 hingga lulus. Hampir sepuluh tahun yang lalu. Koreksilah dahulu, cocokkan dulu dengan bahasannya dan jangan asal kopi-paste, karena bisa saja edisi bukunya berbeda sehingga soal-soalnya berbeda dan akhirnya jawabannya juga berbeda. Adanya gini, jangan minta lebih. Kalau mau perfect ya kerjakan sendiri. Tugas-tugas saya ini hanya sebagai penunjang yang fungsinya supporting, bukan sebagai tulang punggungnya. Gunakan dengan bijak, semoga bermanfaat.

About