Strategi Promosi
Upaya promosi dapat meningkatkan penjualan atau setidaknya mencegah
penurunan penjualan karena merek tertentu tetap berada dibenak konsumen.
Konsumen diinformasikan tentang keunggulan produk dan anggapan terhadap
kredibilitas produk akan naik.
Bentuk media utama dalam periklanan adalah surat
kabar, majalah, radio, televisi, internet, surat , telemarketing, iklan outdoor, iklan
transportasi, dan iklan khusus
Langkah penting yang terkait dengan penjualan personal adalah
·
mengidentifikasi target pasar
·
menghubungi pelanggan potensial
·
melakukan presentas penjualan
·
menjawab pertanyaan pertanyaan
·
menutup penjualan
·
melakukan tindak lanjut
Metode promosi
yang paling umum termasuk
·
rabat, dimana perusahaan
memeberi pengembalian dana setelah produk dibeli
·
kupon, yang dapat memungkinkan
produk untuk dijual kepada konsumen tertentu dengan memberikan diskon harga
·
sampling
·
display
·
premium, dimana pemberiaan atau
hadiah diberikan gratis kepada konsumen yang memiliki produk tertentu
Perusahaan dapat menggunakan hubungan masyarakat untuk meningkatkan
produk atau kesan perusahaan. Jenis strategi hubungan masyrakat yang paling
umum, adalah
·
acara khusus, dimana perusahaan
mensponsori sebuah acara untuk mempromosikan produknya
·
Rilis berita, yang merupakan
pengumuman singkat tertulis tentang perusahaan yang diberikan kepada media
·
Konfrensi pers, yang merupakan
pengumuman lisan tentang perusahaan kepada media
Ketika
perusahaan memilih gabungan promosi yang optimal, yang digunakan untuk
mempromosikan suatu produk, mereka akan mempertimbangkan
·
Target pasar
·
Anggaran promosi
Analisis Akuntansi dan Keuangan
Perusahaan menggunakan akuntansi untuk melaporkan kondisi keuangan,
mendukung pengambilan keputusan, dan mengawasi operasi usaha mereka.
Salah atu tugas akuntansi adalah melaporkan data keuanagan yang
akurat. Tata buku adalah mencatat transaksi keuangan perusahaan perusahaan.
Kondisi keuangan sebuah perusahaan sangat penting bagi seorang
manajer keuangan, juga bagi para kreditor dan pemegang saham perusahaan
perusahaan. Manajer keuangan akan mengevaluasi perusahaan untuk mendeteksi kelemahannya agar dapat
dikoreksi dan kekuatannya dapat dimanfaatkan. Kreditor mengevaluasi perusahaan
dengan sebuah pendapat untuk persetujuan kredit, dan pemegang saham
mengevaluasi kinerja perusahaan untuk menentukan apakah mereka sebaiknya
membeli atau menjual saham perusahaan.
Laporan keuangan utama yang diperlukan untuk melakukan evaluasi
secara keseluruhan adalah laporan laba rugi dan neraca. Laporan laba rugi
melaporkan biaya, pendapatan, dan keuntungan selama periode tertentu. Neraca
melaporkan nilai buku dari aktiva, kewajiban dan ekuitas pemilik dalam waktu
tertentu.
Hampir seluruh rasio keunagan membantu mengevaluasi satu dari empat
karakteristik, yakni likuiditas, efisiensi, leverage keuangan, dan
profitabilitas. Rasio likuiditas mengukur kemampuan perusahaan untuk memenuhi
kewajiban jangka pendeknya. Rasio efisiensi mengukur seberapa efisien sebuah
perusahaan memanfaatkan aktiva aktivanya. Rasio leverage keuangan mengukur atas
pendanaan utang terhadap pendanaan ekuitas dan menunjukkan kemampuan perusahaan
untuk membayar kembali utangnya. Rasio profitibilitas mengukur relativitas
pendapatan bersih perusahaan terhadap berbagai tingkat ukuran perusahaan akan
sangat berguna untuk membandingkan dengan angka angka dalam norma industri
sejenis. Pendekatan ini akan sangat membantu setiap kekurangan yang terjadi
sehingga dapat dilakukan tindakan perbaikan. Terlebih hasil perbandingan tersebut
akan memberikan masukan yang sangat berguna untuk mengimplementasikan kebijakan
kebijakan baru
0 komentar:
Posting Komentar