PROFIL
PERUSAHAAN
PT Semen Gresik
(Persero) Tbk, merupakan perusahaan yang bergerak di bidang industri semen.
Diresmikan di Gresik pada tanggal 7 Agustus 1957 oleh Presiden RI
pertama dengan kapasitas terpasang 250.000 ton semen per tahun. Pada tanggal 8
Juli 1991 Semen Gresik tercatat di Bursa Efek Jakarta dan Bursa Efek Surabaya
serta BUMN pertama yang go public dengan menjual 40 juta lembar saham kepada
masyarakat. Komposisi pemegang sahamnya adalah Pemerintah RI
73% dan masyarakat 27%.
Pada bulan
September 1995, Semen Gresik melakukan Penawaran Umum Terbatas I (Right Issue
I), yang mengubah komposisi kepemilikan saham menjadi Pemerintah RI
65% dan masyarakat 35%. Tanggal 15 September 1995 Semen Gresik berkonsolidasi
dengan PT Semen Padang dan PT Semen Tonasa, yang kemudian dikenal dengan nama
Semen Gresik Group (SGG). Total kapasitas terpasang SGG sebesar 8,5 juta ton
semen per tahun.
Pada tanggal 17
September 1998, Pemerintah melepas kepemilikan sahamnya di SGG sebesar 14%
melalui penawaran terbuka yang dimenangkan oleh Cemex S.A. de C.V., perusahaan
semen global yang berpusat di Meksiko. Komposisi kepemilikan saham berubah
menjadi Pemerintah RI 51%, masyarakat 35%, dan Cemex 14%.
Sejak 30 September
1999 hingga buku ini diterbitkan, komposisi kepemilikan saham berubah menjadi
Pemerintah RI 51%, masyarakat 23,5% dan Cemex 25,5%.
Sementara itu
sejak Oktober 1998, SGG mempunyai kapasitas terpasang sebesar
17,2 juta ton
semen per tahun dan menguasai
+ 45% pangsa pasar
semen dalam negeri.
AKTIVITAS PEMASARAN
Perusahaan ini
melakukan aktivitasnya produksinya di daerah Tuban , dikarenakan mulai pada
tahun 2002 , bahan baku yang ada di kota Gresik berangsur-angsur habis , hal
ini yang dimaksud adalah , gunung – gunung kapur yang digunkan sebagai bahan
baku sudah mulai habis terpakai dan juga di kota Gresik yang notebene kota
industri mulai digalangkan program Langi Biru yaitu program pengurangan polusi
udara akibat asap pabrik .
Perusahaan ini
membidik pangsa pasar dalam negeri
,khususnya di daerah Jawa Timur karena lokasinya yang strategis dan dekat
dengan daerah produksinya .
Perusahaan ini
juga memasarkan produknya ke luar negeri( ekspor ) , tetapi aktivitas tersebut bukan menjadi
prioritas utama perusahaan dikarenakan nantinya produk yang dijual sesampainya
di Negara tersebut harganya akan membengkak yang diakibatkan oleh mahalnya
biaya transportasi , pajak dan sebagainya .
Mengenai penentuan
harganya , ditentukan oleh rapat umum direksi . Harga jualnya cenderung
berganti – ganti tiap periodenya, hal ini dikarenakan mulai banyaknya para pesaing di dunia persemenan , serta
perhitungan lain yang menyangkut musim
serta aktivitas – aktivitas pasar
yang lainnya . Faktor lainya ditentukan oleh biaya transportasi dan harga pokok
produksi serta daya beli masyarakat .
Dalam strategi
pemasarannya , perusahaan ini perusahaan ini bermain di harga , jika permintaan
pasar ramai ,maka mereka mulai menaikkan harga jualnya , tetapi jika pasar
mulai sepi , mereka menurunkan harganya tetapi tidak diikuti dengan penurunan
kualitas produknya.
Mereka juga tidak
mau kalah dengan para pesaingnya . Perusahaan PT.Semen Gresik ini juga
menayangkan sejumlah iklan , baik di media cetak maupun elektronik. Menjadi
sponsorship di beberapa event .
MANAJEMEN
PRODUKSI
Dalam Proses
produksinya , perusahaan ini dipimpin dan diawasi oleh seorang manajer produksi
. Pabrik – pabrik yang berada di kota
Gresik , mulai tahun 2000
Sudah tidak difungsikan
lagi dikarenakan bahan baku yang tersedia di kota Gresik sudah habis .
Sekarang yang tersisa di pabrik yang berada di Gresik hanya ada pabrik untuk
proses finishing dan pengemasan saja . Pabrik di kota Gresik ini semula akan ditutup total dan
akan di jual ke investor , tetapi oleh pemerintah setempat tidak diizinkan karena pabrik ini akan dijadikan museum
industri .
Mulai tahun 2000
seluruh aktifitas produksi dialihkan ke Tuban. Karena mereka mulai menggunakan
bahan baku yang ada di sana . Mulai dari proses peleburan batu kapur
, pencampuran dengan pasir silica hingga proses pembakaran menjadi barang
setengah jadi . Dalam menjaga kualitas produksinya , PT.Semen Gresik telah
mendapatkan penghargaan ISO 9002 dan Sertifikat Sistem Manajemen Lingkungan ISO
14001 terhadap pengelolaan lingkungan yang dilakukan oleh Perseroan juga telah
mendapatkan pengakuan baik secara nasional maupun internasional. Serta
penghargaan dalam keselamatan kerja .
Pabrik ini mampu
mengahasilkan 20 sampai 40 ribu ton perhari .
Dalam manajemen
distribusi barangnya , perusahaan ini menggunakan system First In First Out (
FIFO ).
PENGELOLAAN
DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA .
Dalam perekrutan
karyawan , pada awal berdirinya , para manajernya menawarkan lowongan pekerjaan
kepada penduduk di sekitar pabriknya, Hal ini dimaksudkan agar biaya untuk
tenaga kerja lebih murah. Tetapi seiring berkembangnya zaman , dan seiring
berkembangnya kebutuhan manusia , banyak orang – orang yang ingin bekerja di
perusahaan ini , akhirnya mereka melakukan tes selesksi dalam rekrutmen
karyawannya . Karyawan perusahaan ini
terdiri dari lulusan SLTP hingga S2 dari
semua jurusan .
Jumlah seluruh karyawannya
hingga saat ini berjumlah 2135 orang .
Dalam menumbuhkan
motivasi kerja para karyawannya , perusahaan ini menawarkan jenjang karir yang lebih tinggi bagi mereka
yang kualified di bidangnya . Dan juga tiap semesternya mereka mengadakan
pelatihan-pelatihan serta seminar-seminar dalam rangka meningkatkan kualitas
SDMnya. Ada yang dilakukan di dalam kota maupun luar kota
.
Dalam memperbaiki
hubungannya dengan masyarakat , perusahaan ini sering melakukan event-event
yang mengundang masyarakat , seperti mengadakan lomba menggambar dan melukis
pada perayaan hari ulang tahun Semen Gresik , mengadakan pagelaran wayang dan
pasar malam , serta pameran kebudayaan-kebudayaan lainnya .
STRUKTUR
ORGANISASI PERUSAHAAN
Struktur Pmegang Saham
0 komentar:
Posting Komentar